Air

tentang air

Tentang Air, air merupakan benda cair ( cairan ) dengan rumus molekul H2O. Adalah salah satu benda yang sangat penting dalam menunjung kehidupan. Air mungkin juga merupakan benda paling banyak dibumi, namun tidak semua air dapat dimanfaatkan.

Air yang berguna adalah air yang sesuai untuk kebutuhan atau tujuaan penggunaan. Air yang sesuai dengan baku mutu tujuan penggunaan, disebut manfaat atau faedah Air.

Dikarenakan Kebutuhan Air yang semakin terbatas maka diperlukan pengeloaan air ( water management ) dan Pemeliharaan air ( Water Treatment )

Sumber Air

Sumber air, secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi :

  • Air Permukaan ( mata air, sungai, danau, laut, dan lainnya )
  • Air Tanah ( sumur – sumur dalam – artesis )
  • Air Hujan ( Air Tadah hujan )
  • Sumber Alternatif ( contoh : penangkapan uap air / penangkapan embun )

Penggunaan Air

Penggunaan air sangat luas hampir menyentuh segala lini kehidupan,

  • Perorangan ( Individu )
  • Domestik ( rumah tangga )
  • Industri Umum
  • Industri AMDK ( Air Minum Dalam Kemasan )
  • Agroindustri ( pertanian, perternakan, perikanan, dan lain – lain )

Air Limbah

Mulai dari sumber air hingga siklus pengguna akhir ( end user ) semua menghasilkan limbah yang disebut sebagai Air Limbah. Hal ini akan mengganggu lingkungan hidup terutama air di alam secara keseluruhan. Oleh Karenanya diperlukan Pengolahan Air Limbah sebagai pengelolaan lingkungan hidup. Pengolahan air limbah sering disebut dengan istilah IPAL ( Instalasi Pengolahan Air Limbah ), SPAL ( Sistem Pengolahan Air Limbah ), WTP ( Water Treatment Plants ), WWTP ( Waste Water Treatment Plants ), STP ( sewage Treatment Plants ), dan beberapa nama dan istilah lain.

Terkait tentang Air Limbah, bisa dilihat pada laman Pengolahan Air & Air Limbah

Kulitas Air – Baku Mutu Air

Berbicara tentang air, tidak akan terlepas dari masalah Kualitas Air terkait dengan baku mutu air. Baku buku air tercermin pada parameter – parameter air, seperti pada artikel berikut.

Pengertian Kualitas & Baku Mutu Air

Pengertian Kualitas & Baku Mutu Air, seperti dijabarkan sebagai berikut,

Baku Mutu Air

air

kualitas air atau mutu air adalah kondisi kualitas air yang diukur dan atau diuji berdasarkan parameter-parameter tertentu dan metoda tertentu. Hal ini umumnya disebut sebagai BAKU MUTU AIR. Metode pengukuran Sangat berpengaruh disini. Standarisasi mutu air tergantung pada pedoman standarisasi apa dan dimana.

Apa ? Setiap bidang mempunyai standarisasi yang berbeda. Dimana ? setiap negara mempunyai standarisasi yang berbeda di setiap bidangnya, walaupun beberapa negara menetapkan standarisasi yang sama.

Sebagai orang awam lebih bijak menentukan standar / BAKU MUTU AIR sendiri, sesuai
dengan keperluan dan Strategi penggunaan sendiri dengan batasan TIDAK MELANGGAR UNDANG – UNDANG YANG BERLAKU.

Mengapa ini lebih bijak ? Berdasarkan pengalaman penulis, terlalu banyak yang di tanyakan secara sangat detail dan sangat tehnis oleh pelanggan awam,mengenai baku mutu air, dan tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk memahami secara tehnis mendalam.

Sebagai contoh standarisasi kualitas baku air untuk perikanan. Baku atau standarisasi mana yang ditanyakan ?

Menurut undang – undang negara kita ?

misalkan katakanlah standartnya ” x ” apakah benar atau dijadikan pedoman kualitas air perikanan ? Ya, tapi perikanan secara umum, tapi tidak untuk perikanan sistem intensifikasi (misalkan, katalah untuk intensifikasi memerlukan “X2” )

Apakah untuk sistem intensifikasi memerlukan standart ” x2 ” ? Belum Tentu. Setiap jenis ikan memerlukan titik minimal tertentu untuk optimal dalam intensifikasi. Contoh untuk intensifikasi ikan lele akan beda dengan ikan hias. ( katakanlah untuk ikan hias memerlukan “x3” )

Apakah baku / standart “X3″ bisa dijadikan standart intensifikasi ikan hias ? belum tentu standarisasi minimal ikan koki berbeda dengan ikan koi ( katakanlah untuk ikan koi memerlukan minimal ” x 4 ” ).

Apakah standart ” X 4 ” bisa dijadikan minimal standart intensifikasi ikan koi ? belum tentu, untuk ikan koi kelas pasaran mungkin tapi untuk ikan koi kelas atas / kontes berbeda. Dan begitu seterusnya.

Hanya degan bertanya apalagi via telpon apalagi hanya via chatting, 1-2 jam anda berharap mengusai kualitas baku mutu air ? Jika yang melakukan itu orang sekelas albert einsteins penemu teori realatifitas ( yang konon manusia dengan IQ tertinggi ) belum tentu dapat menguasai. Bertindak bijakkah anda ?

Kelas Standarisasi Umum

Secara Umum standarisasi air dapat dikelaskan berdasarkan kasta / tingkatan penggunaan. Dimulai dari yang tertinggi, adalah sebagai berikut :

  1. Penggunaan farmatikal ( air murni-aquades )
  2. Air Minum
  3. Sarana Rekreasi, misalkan kolam renang dan sejenis
  4. Perikanan
  5. Pertanian
  6. Penggunaan Umum Lain
  7. Hasil Olahan IPAL

Parameter Kualitas Air

Sedangkan untuk parameter kualitas air secara umum, yang dijadikan pedoman adalah sebagai berikut : ( untuk parameter air untuk keperluan tertentu, perlu menambahkan paramter khusus, contoh kolam renang, memerlukan parameter kandungan klorin )

  1. Suhu – Temperatur
    Pengukuran menggunakan thermometer, umumnya menggunakan celcius (sebagai satuan internasional), atau satuan farenheict yang banyak di pergunakan pada peralatan yang dijual di pasaran.
  2. pH – derajat keasaman
    derajat keasaman air, menunjukkan kondisiasam atau basa. Netral memiliki nilai pH 7, pH <7 asam , pH > 7 basa
  3. DO (Dissolved Oxygen / DO) – Oksigen Terlarut
    kadar oksigen terlarut dalam air, pengukuran menggunakan do meter
  4. Salinity – Salinitas / kadar Garam
    kandungan kadar garam dalam air ( tingkat kandungan garam ), pengukuran menggunakan salinity meter, mengunakan salinity refraktometer
    atau ada juga dengan metode diode ( digital )
  5. TDS ( total disolved Solid )
    kadar zat padat terlarut dalam air, pengukuran mengunakan TDS meter
  6. Hardness – Kesadahan ( kekerasan )
    umunnya menggunakan satuan unit dGH (degrees of German total Hardness)
  7. Alkalinitas
    Konsentrasi total dari unsur basa-basa yang terkandung dalam air,
    Umumnya menggunakan satuan mg/L atau ppm. Pengukuran dapat dilakukan dengan metode titrasi
  8. Viscosity – Viskositas
  9. Clarity – Kecerahan( kejernihan )
    kemampuan cahaya menembus air, biasanya menggunakan satuan %.
    Pengukuran dapat menngunakan Seccchi dish. Untuk keperluan tertentu,
    dengan metode tertentu, dapat menggunakan lux meter.
  10. kandungan Organik / Biologis / mikroarganisme
    banyaknya kandungan unsur organik
  11. kandungan anorganik
    banyaknya kandungan unsur anorganik, seperti unsur logam , dll
  12. Dan lain – lain

Topik Artikel

Alat Ukur & Pengukuran

Alat Ukur Parameter Air

Alat Ukur Air Lainnya

Peralatan Perlengkapan Air

Perangkat Air – Water Device

Perangkat Air ( Water Device ), yang dimaksud perangkat ini adalah perangkat yang dapat berdiri sendiri secara independen tampa perlu digabungkan dengan alat lain. Pada umunya perangkat ini untuk pemakaian skala domestik. Bahkan ada sebagai dari perangkat ini yang mengelompokkan perangkat ini kedalam perangkat elektronik atau alat elektronik, mungkin karena banyak di jual di toko elektronik.

Diantaranya seperti berikut di bawah ini, :

Chiller

Chiller, perangkat yang berfungsi sebagai pendingin

water-dispencer

Water Dispencer, atau Dispencer Air. Sesuai pengertian umum Dispencer atau Dispenser, dapat juga diartikan perangkat elektronik. Perangkat ini digunakan untuk pengelolaan air Minum, umumnya pada skala domestik.

Water dispencer ini berfungsi sebagai pengolah air minum, untuk menghasilkan salah satu atau beberapa fungsi dibawah ini,

  • Penghasil Air Panas ( Fungsi sebagai Heater )
  • Air Hangat ( Fungsi sebagai Heater )
  • Air Minum dingin atau orang sering menyebut air es ( Fungsi sebagai Chiller atau pendingin air )
  • Air Minum Normal ( suhu ruang )

Sumber Air dari perangkat ini umumnya ada dua macam yang banyak tersedia dipasaran.

chiller akuarium
Aquarium Water Chiller

Water Chiller Akuarium, adalah water chiller ( pendingin air ) yang khusus dirancang untuk penggunaan pada akuarium. Untuk kelompok penggunaan untuk hobby. Untuk jenis chiller penggunaan lainnya dapat dilihat pada dalam water Chiller.

Sering kali untuk pemakaian dalam bidang perikanan ini, sering kali digunakan untuk akuarium air laut.

Ada beberapa sistem juga dalam penggunaan ini,

chiller akuarium
chiller akuarium sistem Head Exchage
chiller

Chiller Domestik, yang dimaksud disini adalah water chiller untuk range pemakaian domestik ( rumah tangga ). Untuk penggunaan dalam skala rumah tangga sangat umum digunakan.

Yang Paling banyak digunakan adalah kulkas. Sebenarnya pada dasarnya kulkas adalah perangkat yang termasuk chiller. Hanya saja pada perkembangan terjadi perkembangan perubahan maksud yang terjadi di masyarakat umum. Yang dimaksud chiller adalah pendingin seperti yang terlihat pada gambar. Jadi pada masyarakat umum yang dimaksud seperti gambar di atas terutama dari sisi bentuk untuk chiller domestic.

kulkas - domestic water chiller
Kulkas
water-dispencer-dispenser-air
water Dispencer

Selain dua produk tersebut diatas yang populer juga adalah Water Dispencer atau Dispenser Air. Hanya saja untuk Water Dispencer atau Dispenser Air sebenarnya merupakan perangkat yang sebernya adalah gabungan Heater Dan Chiller. Jadi Dispencer berfungsi hanya sebagai pemanas dan pendingin. walaupun ada juga dispencer yang berfungsi tunggal sebagai pemanas air atau pendingin air.

Sedangkan untuk skala lebih besar sering juga menggunakan chiller industrial

Heater

Heater, Perangkat yang berfungsi sebagai pemanas

heater kolam renang - heater / pemanas air untuk kolam renang

Seperti telah dijelaskan pada bagian pengertian heater dan jenis heater berdasarkan sumber energinya, sama juga dengan heater kolam renang sebagai perangkat untuk pemanas air kolam renang terdapat pembagian jenis heater yang digunakan untuk kolam renang berdasarkan sistem kerja heater kolam renang.

Jenis Heater Kolam Renang

Jenis heater air kolam renang berdasarkan sumber tenaga yang digunakan sama dengan heater lain yang sudah dijelaskan sebelumnya ( heater – pemanas ). Namun untuk pemanas air kolam renang yang umunya memiliki volume air yang cukup besar dibandingkan dengan heater lainnya. memerlukan design khusus dengan tujuan penghematan sumber energi dari segi biaya hanya saja tetap memperhatikan unsur keselamatan.

Untuk men Design Kolam Renang, terutama untuk sistem pemanas air, perlu mempertimbangkan faktor biaya dan efisiensi. Banyak pilihan yang tersedia dipasaran hanya saja untuk mencapai tingkat efisiensi perlu langkah cerdas tidak hanya sekedar pasang produk. Jika hanya sekedar pasang produk berarti bukan designer kolam renang

Heater Kolam Renang Tenaga Listrik

heater kolam renang
Heater Kolam Tenaga Listrik

Jenis pemanas air kolam renang ini murni menggunakan tenaga listrik yang dikonversikan menjadi energi panas melalui elemen pemanas untuk menciptakan kondisi panas pada air kolam renang.

Heater Kolam Renang Tenaga Matahari

Heater kolam Jenis ini menggunakan energi matahari yang ditangkap oleh panel surya ( solar cell ) yang kemudian di konversikan menjadi tenaga listrik untuk memfungsikan elemen heater / elemen pemanas. Prinsip Kerja Sama dengan tenaga listrik biasa hanya saja sumber listrik dari domain yang berbeda.

Heater Kolam Renang Tenaga Gas Bakar ( Sistem Pembakaran )

Heater kolam ini menggunakan tenaga gas, umumnya LPG, untuk memanaskan air dalam tabung pemanasan, dengan cara pemasan menggunakan api, dengan bantuan sedikit tenaga listrik untuk pengaturan dan keamanan sistem.

Heat Pump Water Heater

Heater kolam ini menggukan gas freon sebagai agen yang diaktifkan dengan sistem tekanan udara ( sistem kompresi ) yang digerakkan tenaga listrik untuk menghasilkan energi panas. Sistem ini Sebernarnya Sama dengan Sistem Pendinginan yang dibalik. Sebagai contoh pendingin udara yang sering disebut AC ( Air Conditioning ) yang dibalik sistem kerjanya.

Efiensi Heater Kolam

heater spa poll

Pemilihan kapasitas pemanas air cukup menentukan dalam hal efisiensi. Misalkan untuk keperluan kecil menggunakan kapasitas yang sesuai dan tepat guna. Misalkan hanya untuk sekedar kolam spa bisa menggunkan kapasitas secukupnya dan sesuai kebutuhan.

Untuk mencapai efisiensi akan lebih mudah jika sebuah properti telah didesign dari awal secara global bagaimana sistem management air yang dibutuhkan dan dikehendaki. Misalkan dengan mengintegrasikan sistem pemanas air kolam maupun kebutuhan air panas lain dengan sistem secara keseluruhan atau secara total, maupun pengaturan management sumber energi, dan pemanfaatan energi buangan.

Sebagai gambaran energi matahari bisa digunakan pada siang hari, jika tidak memadai bisa dibantu energi yang lain, listrik, gas dan lain. Dan yang banyak dilupakan adalah pemanfaatan energi buangan dari perangkat lain. Misalkan energi buangan dari Air Conditioning ( AC ), yang umum hampir setiap proprti menggunakannya. Untuk menghasilkan suhu rendah ac, menimbulkan suhu panas.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk efisiensi dengan mengintegrasikan sistem. Begitu juga dengan energi buangan yang lain ( refrigerator, dll ) maupun sumber energi alternatif, dengan memanfaatkan thermo control, timer, elektrical control, Flow control, sistem otomatisasi, dan lain nya sehingga tercapai efisiensi yang optimal.

Heater AkuariumKolam Ikan. Pemanas untuk akuarium dan heater kolam ikan, memiliki persamaan. Tapi yang dimaksud kolam ikan disini adalah kolam ikan mini atau kolam ikan kecil. Untuk Kolam ikan dibawah 2.000 liter. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ini sehubungan dengan pengobatan penyakit ikan, ada hal – hal yang harus dihindari dalam pengobatan ikan.

Heater Akuarium

heater akuarium - kolam ikan

Heater akuarium pada umumnya miliki kisaran daya sekitar 50 watt sampai dengan 300 watt yang tersedia dipasaran. Jadi misalkan kita menggunkan heater jenis ini untuk keperluan kolam ikan, tidaklah sesuai. Penggunaan Heater jenis ini hanya untuk menjaga tidak terjadinya pembekuan air di daerah 4 musim.

Untuk keperluan heater kolam ikan dipasaran indonesia tidak tersedia, untuk keperluan hal itu bisa menggunakan heater kolam renang yang banyak tersedia dipasaran dengan berbagai sistem heater kolam renang. Untuk heater jenis lain bisa di lihat pada laman Heater – Pemanas

Heater Air Rumah Tangga, untuk aplikasi heater – pemanas air runah tangga, banyak sekali pemakaian yang sering kali digunakan. Kebanyakan untuk keperluan rumah tangga ( domestik ). Peralatan ini banyak macamnya, mulai dari yang sederhana hingga ke tingkat yang lebih rumit. Sesuai dengan pengertian heater secara umum, yang pada intinya pemanas komponen utamanya adalah elemen heater.

Berikut di bawah ini beberapa contoh yang cukup poluler.

Pemanas Air – Pemasak Air

Seperti terlihat pada gambar diatas sebenarnya, sebenarnya inti dari peralatan diatas adalah elemen heater . Misalkan seperti gambar di atas teko hanyalah untuk mempermudah penggunaan & penambah estetika.

Heater Air Mandi – Pemanas Air Mandi

heater air rumah tangga - air mandi

Ada banyak jenis heater untuk air mandi mulai dari jenis pemanas sumber listrik, gas, tenaga matahari, freon dan lain – lain.

Dispenser Air

dispenser, dispencer air, peralatan heater rumah tangga

Dispenser air , banyak macam dan ragam dispencer air. Bahkan ada juga jenis dispencer yang bisa untuk air panas dan juga air dingin. Heater air rumah tangga jenis ini banyak digunakan.

Oven

elemen Oven – Heater Oven

Sesuai dengan yang telah dijelaskan bahwa inti dari heater adalah elemen pemanas. Seperti Perlatan Rumah Tangga Oven, intinya adalah elemen heater.

Dispencer

Dispencer / dispenser, Perangkat yang adakalanya mempunyai multifungsi sebagai pemanas – pendingin, namun ada jenis / istilah lain yang mempunyai arti & fungsi yang sangat berbeda yaitu Chemical dispencer

water-dispencer

Water Dispencer, atau Dispencer Air. Sesuai pengertian umum Dispencer atau Dispenser, dapat juga diartikan perangkat elektronik. Perangkat ini digunakan untuk pengelolaan air Minum, umumnya pada skala domestik.

Water dispencer ini berfungsi sebagai pengolah air minum, untuk menghasilkan salah satu atau beberapa fungsi dibawah ini,

  • Penghasil Air Panas ( Fungsi sebagai Heater )
  • Air Hangat ( Fungsi sebagai Heater )
  • Air Minum dingin atau orang sering menyebut air es ( Fungsi sebagai Chiller atau pendingin air )
  • Air Minum Normal ( suhu ruang )

Sumber Air dari perangkat ini umumnya ada dua macam yang banyak tersedia dipasaran.

chemical dispencer - aksessories kolam renang

Chemical Dispencer, adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penyebar bahan kimia. Yang sering kali digunakan untuk menyampurkan atau mengumpakan bahan kimia untuk kolam renang. Proses ini merupakan sebuah proses penjernihan air pada kolam renang yang menggunakan filter kolam renang konvensional. Tindakan ini perlu dilakukan untuk memenuhi sistem operasional filter dasar filter air yang menggunakan sistem kimia. Hal ini agak berbeda dengan pengertian Dispenser atau dispencer secara umum.

Alat ini sebenarnya untuk proses chemical feeding berfungsi sebagai Chemical Feeder. Untuk menggunakan alat ini biasa bahan kimia diisikan pada perangkat ini dari bagaian atas. Kemudian diapungkan ke kolam renang dan ditarik ke seluruh permukaan kolam. Alat ini biasa disambungkan menggunakan tali untuk mempermudah proses pengerjaannya.

Peralatan Pengolahan Air

Chemical Feeder

Chemical Feeder adalah perangkat yang berfungsi sebagai perangkat untuk membantu prosess chemical Feeding. dianatara seberti berikut di bawah ini sebagai sebagaian contoh.

chemical dispencer - aksessories kolam renang

Chemical Dispencer, adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penyebar bahan kimia. Yang sering kali digunakan untuk menyampurkan atau mengumpakan bahan kimia untuk kolam renang. Proses ini merupakan sebuah proses penjernihan air pada kolam renang yang menggunakan filter kolam renang konvensional. Tindakan ini perlu dilakukan untuk memenuhi sistem operasional filter dasar filter air yang menggunakan sistem kimia. Hal ini agak berbeda dengan pengertian Dispenser atau dispencer secara umum.

Alat ini sebenarnya untuk proses chemical feeding berfungsi sebagai Chemical Feeder. Untuk menggunakan alat ini biasa bahan kimia diisikan pada perangkat ini dari bagaian atas. Kemudian diapungkan ke kolam renang dan ditarik ke seluruh permukaan kolam. Alat ini biasa disambungkan menggunakan tali untuk mempermudah proses pengerjaannya.

Inline Chemical Feeder, adalah chemical feeder yang dalam penggunaannya ditempatkan dalam jalur ( inline ) dan bahan kimia yang digunakan dalam bentuk padat atau granular untuk melakukan Chemical Feeding.

inline chemical feeder
inline fedder
inline chemical feeder
inline feeder

Chemical Feeder ini khusus untuk penggunaan bahan padat atau granular. Untuk bentuk cair liquid ada jenis Chemical Feeder lainnya umumnya disebut liquid Inline Chemical Feeder. Sedangkan untuk jenis bahan kimia gas ada Chemical Feeder untuk Gas – Udara

liquid inline chemical feeder

Liquid Inline Chemical Feeder, adalah chemical feeder yang dalam penggunaannya ditempatkan dalam jalur ( inline ) dan bahan kimia yang digunakan dalam bentuk cair untuk melakukan Chemical Feeding.

Chemical Feeder ini khusus untuk penggunaan bahan kimia cair. Untuk bentuk padat atau granular ada jenis Chemical Feeder lainnya umumnya hanya disebut inline Chemical Feeder. Untuk jenis Gas _ udara bisa menggunakan venturi injektor

Pompa dosing, atau lebih dikenal dengan nama Dosing Pump, adalah sejenis pompa air yang dapat mengukur secara akurat volume yang dihasilkan. Degan akurasi hingga satuan CC ( seperseribu liter ) dalam sutuan waktu tertentu.

Pompa umumnya pompa ini digunakan untuk mempompa larutan bahan kimia tertentu, yang memerlukan akurasi tertentu. sehingga ada kalangan tertentu menamai pompa jenis ini dengan istilah pompa akurasi. Jika hanya sekedar untuk mempompa cairan kimia tertentu tampa memperhatikan output secara akurat dapat menggunakan pompa kimia.

Pompa ini umumnya digunakan sebagai Chemical Feeder pada proses Chemical Feeding dalam pengolahan air maupun pengolahan air limbah atau dikenal dengan istilah water treatment

Venturi Injector, adalah alat untuk melakukan proses injeksi udara atau gas dengan gaya venturi. Alat seperti ini cukup luas penggunaannya. Bisa hanya sebagai alat aerasi atau aerator udara ( oksigen ). Atau untuk injeksi sebagai Chemical feeder untuk proses chemical feeding dengan bahan kimia dalam bentuk gas.

Ada Juga untuk jenis lain. Chemical Feeder bahan kimia cair atau Chemical Feeder bahan kimia padat atau cara yang lebih sederhana dengan cara manual.

Berikut dibawah contoh untuk jenis ini

Filter Air

Filter Air, sebagai perangkat yang berfungsi sebagai perangkat penyaringan air, untuk usaha meningkatkan kualitas air atau mencapai parameter kulitas yang di harapkan. Berikut dibawah ini beberapa contoh penggunaan filter air dan hal terkait dengan Filter Air

filter industri

Filter Industri, filter air yang dimaksud disini adalah filter air untuk keperluan industri atau industrial. Pada umumnya filter air untuk keperluan industri sangat mirip dengan filter air domestik. Yang membedakan umumnya hanya Ukuran ( Volume Filter ) dan kekuatan Tekanan untuk industri pada umumnya.

Dikarenakan dibutuhkan volume & tekanan yang relatif besar pada umumnya menggunakan bahan dari jenis logam, seperti stainless stell. Untuk industri yang bersifat khusus dengan kebutuhan air yang khusus harus memenuhi standart tertentu, diperlukan metode design khusus magement pengelolaan air sehingga diperlukan design Water System Design yang sesuai.

System Operasional Filter Air yang tepat dan sesuai menjadi salah satu penentu utama disamping Water Filtration System, menjadi kunci keberhasilan sistem filtrasi.

Filter Domestik, yang di maksud disini adalah filter air domestik, filter air untuk kebutuhan rumah tangga. Banyak jenis dan penggunaan filter air untuk rumah tangga., karena air merupakan kebutuhan pokok sehari – hari. Berbagai kebutuhan sehari – hari memerlukan air mulai dari mandi, cuci, hingga makanan dan minuman.

Berikut di bawah ini beberapa contoh jenis dan penggunaan filter domestik ( filter rumah tangga ) :

Filter Kran Air

Filter Kran Air, filter ini digunakan untuk menyaring air yang keluar dari krand air. Pada umumnya hanya berisi satu atau beberapa diantara pasir siliki, Carbon Aktif, Butiran Serat Miniral ( semacam karang, batu apung, dan sejenis ), dan lain – lain sebagai media filter.

Filter Housing

housing filter air

Filter ini tersedia banyak ukuran housing ( casing Filter ) maupun ukuran mess penyaringan sesuai kebutuhan. Pada umunya dipakai secara seri ( berjajar ) mulai dari penyaringan kasar hingga halus. Filter yang menggunakan Sistem Operasional dasar filter Air jenis Reverse Osmosis, menggunakan jenis filter ini sebagai Pre Filter ( filter sebelum filter utama )

Filter Tabung – Filter FRP

Tabung Filter Air FRP

Filter Tabung, filter menggunakan tabung FRP ( Fibreglass Reinforced Plastics ) jadi sering disebut filter tabung atau filter FRP.

Pada umunya filter ini hanya menggunakan sistem operasioanl filter air dengan metode fisik dengan menggunakan diantara pasir silika, manganesse sand, Carbon Aktif, dan lain – lain sebagai Media filter.

Filter ini sama halnya dengan Housing filter bisa dipakai secara mandiri, atau dipakai secara seri untuk beberapa kali penyaringan. Filter jenis ini banyak tersedia dipasaran dengan berbagai merk. Pada Umumnya tidak ada perbedaan berarti dari semua merk yang ada.

Tabung Stainless Stell

Ada Juga Tabung Filter sejenis dengan Tabung FRP degan bahan Stainless Stell. Tabung filter ini sering disebut tabung filter stainless stell atau tabung filter air stainless stell. Jadi yang membedakan dengan tabung FRP hanya bahannya saja. Sistem dan lain – lain sama. Hanya ada beberapa merk yang menggunakan sistem sambungan ” Head ” dan sistem sambungan pipa nya berbeda.

Filter ini umumnya menjadi pilihan jika digunakan berupa rangkaian tabung yang cukup banyak sehingga harus mampu menahan tekanan yang lebih besar dari tabung jenis FRP. Atau mengunakan media filter ” halus ” sehingga dibutuhkan kemampuan untuk menahan tekanan air yang relatif lebih besar.

Filter Air Minum Reverse Osmosis

filter air reverse osmosis

Filter air jenis ini pada umunya digunakan sebagai filter air minum. Karena hasil dari filter air ini bisa langsung dikonsumsi tampa harus dimasak. Filter air jenis ini menggunakan Reverse Osmosis, Oleh karena nya sering disebut filter ro atau Filter air RO. Untuk Filter ini menggunakan Reverse Osmosis sebagai filter utama, yang didukung oleh sistem operasional dasar filter lainnya. Untuk pemakaian skala rumah tangga umumnya sudah tersedia dalam bentuk Unit siap pakai seperti terlihat pada gambar.

filter kolam renang

Filter Kolam Renang, filter air ini adalah filter air yang khusus dirancang dan di design khusus untuk pemakaian untuk kolam renang.

Secara umum filter kolam renang konvensional hanya menggunakan sistem operasional filter tertentu saya, yaitu sistem fisik. Jadi sesuai dengan sistem kerjanya tersebut filter kolam konvensional hanya berfungsi untuk menyaring kotoran saja. Sedangkan untuk tujuan fungsi penjernihan air, penyehatan air untuk standarisasi baku mutu air kolam renang tidak dapat dilakukan jenis filter air ini.

Untuk fungsi penjernihan & penyehatan air untuk mencapai standart kualitas air, peran ini digantikan oleh perangkat lain. Perangkat yang lain yang dimaksud diantaranya adalah chemical feeder, ozone prossessor dan lain lain. Atau menggunakan cara manual dengan menaburkan agen pembersih yang berupa bahan kimia, umumnya klorin atau kaporit, bahkan ada yang masih menggunakan soda, bahkan soda api. Inilah yang kadang cukup membingungkan untuk tujuan kesehatan menggunakan bahan kimia yang tidak sehat.

Filter Konvensional

Ada banyak merk / brand tersedia dipasaran untuk filter kolam konvensional , namun secara garis besar dapat kelempokkan sebagai berikut:

Sand Filter

filter kolam renang konvensional - Sand Filter
Sand Filter

Filter jenis ini dikenal dengan nama sand filter karena pada umunya menggunakan media pasir sebagai media filter ( penyaring kotoran ). Sering kali yang digunakan adalah pasir silika. Tingkat penyaringan ditentukan oleh mess ( ukuran ) media filter yang digunakan, Semakin kecil butiran akan semakin bersih hasilnya, namun akan menambah daya lawan kekuatan pompa air.

Catrige Filter

filter kolam renang catrige filter

Catrige Filter, cara kerja filter ini sangat mirip dengan sand filter bahkan boleh dikatakan sama, Yang membedakan adalah media filter yang digunakan. Untuk filter jenis ini menggunakan catrige sebagai media filter ( seperti terlihat pada gambar ).

Sama halnya dengan sand filter, tingkat kinerja ditentukan oleh mess ( ukuran ) catrige yang digunakan. Semakin kecil mess catrige semakin bersih dan semakin besar daya pompa air yang diperlukan.

Filter Kolam Renang System Baru

Ada jenis filter yang menggunakan sistem baru dengan tehnologi ramah lingkungan yang dapat berfungsi tidak hanya sebagai penyaring kotoran tapi juga sekaligus menjernihkan dan menciptakan kondisi kualitas air yang sehat tampa menggunakan bahan kimia sebagai agen pembersih. Sistem filter ini tidak hanya menggunakan sistem fisik yang hanya menyaring kotoran, tapi menggunakan sistem DQFS brand DeepBlue

Video Previu Produk

Contoh Produk

eksternal filter

Filter Kolam ikan, filter air yang dirancang khusus untuk pemakaian pada kolam ikan. Untuk filter jenis ini sama hal nya dengan jenis filter air lain, memiliki dasar dan fungsi kerja yang menyerupai jenis lainnya. Hanya saja sesuai tujuan utama filter ini harus dapat menunjang kehidupan Ikan.

Pada umumnya Filter kolam sudah dibuat menjadi satu kesatuan dengan dengan kolam ikan dalam suatu design kolam ikan. Filter ini harus memenuhi kaidah – kaidah dasar filter kolam , terutama untuk jenis kolam ikan hias tertentu misalkan filter Kolam ikan koi.

Namun ada kalanya dalam sebuah kolam, filter yang telah dibuat kurang dapat memenuhi syarat atau kurang dapat bekerja secara optimal dikarenakan ada kesalahan design kolam atau bahkan tidak adanya sistem filter yang terintrgrasi kedalam kolam, terutama filter kolam koi.

Namun ada kalanya dalam sebuah kolam, filter yang telah dibuat kurang dapat memenuhi syarat atau kurang dapat bekerja secara optimal dikarenakan ada kesalahan design kolam atau bahkan tidak adanya sistem filter yang terintrgrasi kedalam kolam, terutama filter kolam koi. Oleh karena hal tersebut kemudian diperlukan suatu sistem filter tambahan, yang mana filter ini tidak menjadi satu kesatuan dengan kolam ikan. Filter tersebut kemudian dikenal dengan istilah Filter Eksternal.

Ada banyak macam ragam filter kolam yang tersedia dipasaran. Namun dalam menentukan pilihan filter harus memperhatikan hal yang penting, Yaitu Faktor ketepatan Fungsi & Keseuai fungsi yang menjadi tujuan utama yang kita inginkan agar sesuai dengan kebutuhan kolam. Sistem operasional filter cukup berperan disini untuk lebih jauh tentang hal ini bisa dilihat pada laman sistem operasional filter air.

Selain hal itu faktor apa yang akan kita prioritaskan dalam menentukan pilihan filter. Faktor estetika filter atau fungsi filter / manfaat filter

Jenis Filter Kolam Eksternal

Filter Kolam Pressure Filter

filter kolam pressure filter

Filter jenis ini lebih fleksibel dalam penempatan, karena dengaya pressure filter bisa diletakkan pada posisi atas atau bawah permukaan kolam. selain juga karena bentuknya ringkas.

Pada umumnya filter ini kurang sesuai untuk kolam ikan hias berukuran besar seperti ikan koi misalnya. Atau Kolam ikan dengan kepadatan tinggi. Dalam bahasa sederhana filter jenis ini lebih sesuai untuk Kolam Hias daripada untuk Kolam Ikan hias. Berdasarkan pengalaman penulis, banyak kalangan hobby yang masih belum paham bahwa air bersih belum tentu sehat.

Pada umumnya menggunakan sistem operasional multy system dengan mengandalkan lampu UV untuk menjernihkan air.

Filter Kolam Gravity Filter

filter kolam ikan

Filter jenis ini berbeda dengan jenis pressure filter karena posisi penempatannya yang harus berada diatas permukaan kolam . Namun secara umum memiliki kemampuan lebih baik dalam hal menunjang kehidupan ikan, karena volume filter yang lebih besar

Dengan Volume yang cukup memadai artinya filter ini masih memperhatikan dan mengakomodasi sistem biologi. Yang mana merupakan sistem terbaik untuk pemeliharaan ikan.

Selain Filter untuk keperluan penggunaan reguler, untuk keperluan karantina ikan, filter karantina ikan memiliki beberapa persyaratan agar sesuai dan efeltif, DQFS 800 sebagai contoh

Hal – Hal Terkait

Contoh Produk Filter Kolam Ikan

Filter akuarium - filter eksternal - filter canister

Filter akuarium adalah filter air untuk pemakaian khusus untuk akuarium ( filter air untuk aplikasi akuarium ). Seperti filter air pada umumnya, seperti telah disampaikan pada bagian filter air, pada artikel Filter Air Dan Seluk Beluk .

Ada banyak jenis, macam dan ragam filter air akuarium, hal tersebut dapat dibedakan berdasarkan banyak hal. Diantaranya berdasarkan posisi peletankan filter, sistem operasional filter air, dan lain – lain.

Berdasarkan Posisi Penempatan

filter berdasarakan penempatan secara umum sebenarnya hanya ada dua yakni, internal filter dan eksternal filter.

Internal Filter

internal filter akuarium

Internal filter adalah filter yang peletakankan diposisikan dalam akuarium. Pada internal filter umumnya yang tersedia dipasaran ( seperti terlihat pada gambar ) filter jenis ini pada umunya menjadi satu kesatuan dengan Pompa Air.

Eksternal Filter

Eksternal filter atau sering juga dikenal dengan nama filter canister ( sebenarnya ini adalah nama type filter sebuah merek ), adalah filter yang penempatannya diluar akuarium. Untuk jenis ini penempatan bisa dimana saja, bagian atas, bawah atau samping bisa berfungsi dengan baik, sesuai batasan kemampuan type berdasarkan kekuatan daya listrik yang digunakan. Hal ini dikarenakan filter jenis ini menggunakan / berjenis presure filter.

Namun Ada juga jenis filter lain yang sebenarnya masuk dalam kategori eksternal filter, namun dikalangan hobi akaurium dan perdagangan dan perjualan peralatan dan perlengkapan aksessories akuarium disebut dengan istilah berbeda. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Top Filter

Filter ini hampir sama cara kerja dengan filter lain, hanya saja, peletakan filter ini harus diposisiskan diatas akurium. Hal ini karena Top Filter bukan berjenis pressure filter, melainkan gravity filter.

Hang on Filter

hang on filter akuarium

hang on filter adalah filter yang penggunaan atau pemakaiannnya pada akuarium diletakkan di bagian samping luar dengan cara digantunggkan ( hang on ). Untuk jenis ini tidak dapat di pakai pada akuarium yang memiliki ” bibir “

Sistem Operasional Dasar Filter Air

Untuk dapat menentukan Produk yang ideal sesuai dengan kebutuhan, alangkah baiknya jika kita mengetahui sistem kerja dasar filter air ( Sistem Operasional Dasar Filter Air )

Perlengkapan Filter Air
Media Filter

Untuk hal tentang media filter dapat di lihat pada laman Media Filter

Strainer

Nozzle

Hal – hal Terkait Dengan Filter Air

Sebagai tambahan pengetahaun dalam menentukan pilihan produk filter air, berikut beberapa referensi terkait dengan filter air

Tujuan Penggunaan

Berdasarkan tujuan penggunan sangat beda filter kolam renang dan filter kolam ikan, walaupun keduanya adalah Filter Air. Filter kolam renang untuk kolam renang yang ditujukan untuk manusia harus memenuhi unsur estetika, etika, dan kualitas air untuk manusia.

Sedangkan Filter Kolam ikan untuk tujuan pemeliharaan ikan, harus dapat memenuhi unsur lingkungan hidup hayati ikan atau sejenis. Sedangkan unsur estetika dan etika adalah untuk pengguna sekuder kolam ikan yakni manusia.

Sumber Masalah

kolam renang - beda filter kolam renang dan filter kolam ikan

Sebenarnya yang menjadi permasalah adalah beberapa hal yang cukup fundamental. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Pemakian bahan kimia sebagai pembersih pada filter kolam renang konvensional, sehingga mengganggu kelangsungan hidup ikan dan rantai makanan ikan. ( lebih jelas terkait dengan penggunaan bahan kimia sebagai agen pembersih pada filter kolam renang konvensional. Dapat di lihat pada laman Filter Kolam Renang )

Dengan adanya perbedaan tujuan & pengguna sarana maka yang perlu mendapat perhatian adalah pemilihan sistem operasional filter. Dengan pemilihan sistem yang tepat maka akan tercapai tujuan yang dikendaki dengan tingkat ideal.

Pentingnya Sistem Operasioanl Filter Air

Seperti telah disebutkan diatas pemilihan sistem operasional filter memegang peranan penting. Sebagai contoh filter kolam renang konvensional dapat digunakan sebagai Filter kolam ikan hanya saja dengan syarat penggunaan bahan kimia dihilangkan sebagai syarat pertama.

Syarat pertama sudah dapat memenuhi unsur Tidak menggangu kelangsungan hidup ikan. Tetapi tidak memenuhi unsur Kualitas baku mutu air dan Rantai makanan. Jadi kesimpulannya filter Kolam Renang konvensional hanya bisa digunakan sebagai filter tambahan, tidak bisa sebagai filter utama untuk kolam ikan. Dengan kata lain filter kolam konvensional jika digunakan untuk kolam ikan harus ditambahkan sistem filter yang lain.

Bagaimana Jika sebaliknya ? filter kolam ikan digunakan sebagai filter kolam ikan?.

Filter Kolam Ikan dapat lebih memenuhi unsur filter kolam renang. Hanya saja yang dapat menjadi kendala adalah Unsur baku mutu air untuk kesehatan manusia tidak terpenuhi sepenuhnya. Karena sehat untuk ikan belum tentu untuk manusia.

Dan karena pada umunya kolam renang memiliki volume air yang jauh lebih besar dari pada kolam ikan maka unsur etika dan estetika tidak dapat terpenuhi.

Bisakah Kolam Renang digabungkan dengan kolam ikan ?

Jawabanya pasti bisa. tinggal menentukan pilihan sistem operasionalnya saja yang dapat mengakomodasi semua kepentingan.

Sebagai contoh Filter kolam renang Pool Water ConditioningPWC dapat juga difungsikan sebagai Filter Kolam Ikan hanya saja tidak dapat memenuhi unsur rantai makanan. Jadi ikan tetap masih bisa hidup dan kulitas air layak untuk kualitas air kolam renang manusia.

Hal Terhubung Dengan

Topik Artikel

kolam ikan koi

Kolam ikan koi, dalam merencanakan design kolam ikan koi, selain unsur estetika, secara tehnis kolam ikan koi harus memenuhi beberapa prinsip dasar yang harus di perhatikan untuk menciptakan kolam ikan koi sesuai yang di impikan. Terutama dalam sistem filter kolam ikan koi.

Untuk membuat kolam ikan koi sangat mudah, namun untuk membuat kolam ikan koi yang ideal perlu banyak hal – hal mendasar yang harus dipenuhi, agar anda terhindar dari budaya membuat kolam ikan koi 2 kali.

Kolam ikan koi yang ideal, bukan hanya sekedar kolam yang harus ada filternya. Kolam Ikan koi memerlukan lebih dari sekedar ” filter” . Adapun Prinsip – prinsip atau kaidah – kaidah dasar kolam ikan koi adalah sebagai berikut.

Kolam

Dalam merancang kolam yang perlu menjadi pertimbangan :

kedalaman kolam, untuk kedalaman kolam tergantung tujuan kita memelihara ikan koi. Jika tujuan kita memelihara ikan koi untuk tujuan mengikuti kontes ikan koi, kedalaman kolam ideal minimal 1,5 meter, untuk dapat membentuk tubuh ikan koi yang ideal tentu saja harus di imbangi dengan panjang dan lebar kolam yang memadahi.

Jika bukan kontes, terserah anda bagaimana keinginan anda. Pada prinsipnya ikan koi dapat hidup minimal seluruh badan terendam air. Tapi kedalaman air perlu mendapat pertimbangan karena :

  • sifat dasar manusia yang pada umumnya selalu kurang puas dengan yang di miliki, ingin selalu menambah koleksi ikan koi
  • Kolam koi akan terlihat indah jika penghuni kolam banyak
  • pada saat kolam padat, buffer oksigen juga jarus memadai, jadi kedalaman kolam juga penting
  • kedalaman kolam juga penting untuk membuat perbedaan temperatur antara siang dan malam tidak terlalu lebar perbedaan, disamping pertimbangan pada saat musim hujan

Filter Kolam Ikan koi

Sistem filter, sistem filter yang ideal adalah filter kolam yang harus memenuhi kekendak dua pihak. Pihak pertama adalah ikan koi, ikan koi menghendaki kondisi air yang sehat bukan jernih.

Pihak kedua tentu pemilik kolam, pemilik kolam mengharuskan kolam ikan jernih. Jika tidak kolam ikan koi tidak bermanfaat, karena pemilik kolam tidak dapat menikmati keindahan ikan koi yang menjadi tujuan utama memelihara ikan koi.

Kaidah Pertama :

Air bening belum tentu sehat, air kotor belum tentu TIDAK SEHAT

Bagaimana membuat filter kolam ikan koi yang ideal ? Filter kolam ikan koi yang ideal harus sesuai dengan prinsip – prinsip dasar filtrasi air. Untuk tehnis sistem pembuatan filter bisa di lihat pada laman Sistem Operasional Filter air

Untuk Sistem Filter Kolam ikan yang ideal adalah sistem filter yang terintregrasi ke dalam kolam, dengan catatan design filter ideal. Jika merasa kurang bisa merancang filter yang ideal, menggunakan eksternal filter menjadi salah satu pilihan cukup bijaksana.

kaidah ke dua

Dari sisi sistem filter harus ideal terlebih dahulu…

Kapasitas Filter

Kapasitas filter yang dimaksud disini adalah kempuan daya kerja filter, untuk kehidupan koi sendiri umumnya, minimal membutuhkan 30% dari Volume Kolam. Lebih besar lebih ideal. Kecuali anda memiliki kemampuan tingkat expert dalam hal sistem filtrasi

Mengapa harus sekian ?

Yang menjadi pertimbangan adalah bahwa filter kolam bukan hanya untuk ikan koi… yang juga membutuhkan adalah… Pemilik Plus Daya Tahan Kolam terhadap faktor eksternal seperti hujan dll

Distribusi air

Setelah sisi sistem filtrasi selesai, yang perlu diperhatikan adalah sisi distribusi air. Yang dimaksud disini adalah bagai mana air disebarkan atau dialirkan ke dalam kolam agar dapat terdistribusi dengan baik. Distribusi yang baik harus memenuhi beberapa syarat utama,

  • Seluruh Bagian kolam harus selalu mendapat pergantian air secara berkesinambungan dari ruang filter, semakin sedikit bad area semakin baik
  • Volume air yang dapat terdistribusi antara ruang filter dan kolam, harus dapat memenuhi mininal perpuran distribusi yang ideal
  • Ideal volume perputaran distribusi air yang ideal, adalah volume kolam berbanding 1 jam perputaran. Jadi air kolam melalui sistem filter sebanyak kurang lebih 24 jam

kaidah tiga

Yang juga penting adalah distribusi air, distribusi air jelek, sama hal nya dengan sistem filtrasi jelek… meskipun sistem filter ideal akan menjadi percuma

Sistem Aerasi

Sistem aerasi juga harus menjadi hal yang perlu diperhatikan, dengan mempertimbangkan hal – hal sebagai berikut :

  • yang membutuhkan oksigen bukan hanya ikan koi, tapi juga sistem filter, karena kolam koi lebih banyak menitik beratkan pada sistem biologi yang mana lebih mengarah pada sistem aerob. untuk lenih jelas bisa di lihat pada laman BIOLOGI
  • sistem cadangan untuk antisipasi adanya mal fuction, seperti peralatan rusak atau adanya kendala supply tenaga listrik ( listrik Padam )

ESTETIKA

faktor keindahan kolam juga penting, jadi dalam perencanaan kolam, lebih ideal jika membuat design layout terlebih dahulu. setelah puas dengan layout. Baru dilanjutkan breakdown sistem filtrasi dan lainnya.

semoga bermanfaat. Untuk kebutuhan design kolam dapat lihat pada laman terDESIGN

Topik Artikel

Perbedaan Sistim Pengelolaan Air Limbah B3

ipal percetakan - Deep blue

Seperti tertera pada detail SPAL ( Sistim Pengolahan Air Limbah ) B3 pada produk IPAL Percetakan & Bengkel DB-AMP 1.0 dan produk IPAL Percetakan & Limbah B3 ( oil base ) DB-AMP 2.0 Automatic secara mendasar ada pada cara pengoperasian, versi 1.0 sistem manual ( semi manual ) sedangkan pada versi 2.0 adalah versi otomatis tampa memerlukan operator dalam pengolahan air limbah B3

Faktor Operator

Pada IPAL veri 1.0 , faktor operator sangat berpengaruh pada hasil akhir. Hal ini bisa terjadi karena untuk versi ini memerlukan ” kemampuan ” operator untuk membaca Indikator yang ada. Semakin baik kemampuan operator hasil akhir semakin baik.

Selain Faktor ” kemampuan ” faktor Kompleksitas limbah juga sangat berpengaruh. Misalkan pada pengolahan limbah percetakan. Limbah dari usaha percetakan yang hanya untuk mengolah limbah dari mesin cetak biasa akan lebih sederhana dibandingkan usaha percetakan yang mengolah limbah mesin cetak ditambah dengan limbah dari mesin CTP ( computer To Plate ), semakin lebih rumit lagi jika mesin cetak berbeda sistem misalkan sistem offset dan grafur untuk plastik dan lain – lain.

Untuk menanggulangi hal – hal di atas versi otomatis lebih baik, operator hanya mengontrol setiap 2 – 4 hari sekali, dengan sistim visual yang lebih mudah dalam pengelolaan limbah b3

Cara Kerja Sistim Pengolahan Limbah Cair

Secara umum sistim pengelolaan air limbah ( spal ) pada kedua versi dapat dibagi pada dua proses utama yakni prosessing, reaktor dan treatment.

Pra Proses

Pada Versi 1.O ( manual ) pra proses dilakukan dilakukan secara manual bersamaan dengan pemantauan proses awal oleh operator.

Sedangkan Versi 2.0 ( otomatis ) proses dilakukan secara otomatis oleh sistem Pengelolaan air limbah

Prosessing

Menyalakan dan mematikan proses ini secara manual untuk versi 1.0 , bersamaan dengan pra proses.

Sedangkan Untuk versi 2.0 ( otomatis ) prosessing akan berjalan secara mandiri jika limbah tersedia minimal 20 -22 liter, jika dibawah jumlah minimal prosessing tidak berjalan ( Hemat Penggunaan Daya Listrik ). Jika prosessing selesai sistim IPAL ini akan menonaktifkan dirinya sendiri.

Selain fungsi diatas pada versi 2.0, ada sistim proteksi secara otomatis jika sistem dipaksa melebihi kapasitas.

Reaktor

Pada Versi manual 1.0 , proses ini perlu melakukan proses ON – OFF.

Pada Versi 2.0, proses reaktor akan, menyalakan dan mengaktifkan proses secara otomatis jika proses sudah selesai, dan akan mengaktifkan proses secara mandiri jika diperlukan. Termasuk melakukan sistem pemeliharaan secara mandiri pada saat posisi sistem istirahat*

Treatment

Pada versi 1.0 , chemical feed dengan dengan pompa dosing ( tidak termasuk dalam paket penjualan, dalam unit hanya disertakan sistem feed sederhana )

Pada Versi 2.0, chemical feed disertakan 2 ( dua ) pilihan opsi. Dan Pada Proses inipun dapat ON – OFF secara otomatis jika proses selesai atau tidak diperlukan.

Selain hal – hal di atas perbedaan secara fisik dan jumlah tabung – drum proses beda jumlah, serta kebutuhan area proses juga berbeda pada kedua sistim pengolahan air limbah b3.

Catatan :

  • posisi sistem istirahat* , posisi sistem istirahat misalkan perusahaan libur, dll

Topik Artikel

Prosessing Filter atau Filter Konvensional, dalam era sekarang ini kurang memungkinkan dalam kehidupan sehari hari mengandalkan alam dalam pengadaan air maupun pengolahan air buangan atau limbah, sepertinya beban alam dalam memperbaiki dan mempertahankan kelestariannya sudah cukup berat bahkan tidak mampu lagi.

Untuk memperbaiki tingkat kesehatan kita akan kebutuhan air , atau penyelamatan alam akan akibat air buangan yang dapat merusak alam kita memerlukan sarana untuk mempertahannya. Banyak cara dilakukan untuk pengadaan atau supply air seringkali menggunakan filter air dan untuk pengolahan limbah / buangan sering kali di sebut ipal ( instalasi pengolahan limbah ).

Yang banyak kurang di pahami oleh masyarat adalah sistem filter yang akan menjadi pilihan dalam rangka pemenuhan kebutuhan. Dalam hal ini sebenarnya filter dapat di kategorikan menjadi 2 ( dua ) system mendasar yakni filter konvensional dan prosessing filter, dengan mengesampingkan metode filtrasi atau operasional system, entah dengan metode fisika, kimia atau yang lainnya.

Apa berbedaan mendasar dari kedua system tersebut tersebut ?

Filter Konvensional

Pada umumnya yang dipahami atau di kenal oleh masyarakat awan adalah filter konvensional . Yaitu suatu perangkat yang digunakan untuk menyaring “ kotoran “ dalam hal ini yang dimaksud adalah membuang atau memisahkan partikel atau zat yang tidak dikendaki. Jadi dalam hal ini yang tertanam dalam pengertian masyarakat pada umumnya suatu filter harus benar – benar menyaring sebersih – bersih nya, sehingga menghasilkan air yang bersih, bisa juga di artikan menyaring dalam arti kata sebenarnya . Jadi bisa kita rumuskan sebagai berikut :

bahan KOTOR ? melalui FILTER = bahan BERSIH + filter KOTOR

selain hal diatas yang menjadi pemahaman umum yang berkembang di masyakat pada adalah rumusan bahwa berapapun yang kita isi / kita lewatkan pada filter akan menghasilkan hasil yang sama.
Contoh filter jenis ini misalkan filter air kolam renang

Filter Konvensional

filter kolam renang konvensional

Prosessing Filter

pool water conditioning - penjernih kolam renang

Prosessing Filter

Sedangkan prosessing filter adalah sebuah sistem filter yang bisa saja dalam unit filter tersebut menggunakan media atau alat penyaring yang minim, atau bahkan tidak sama sekali. Karena dalam tehnik ini, proses “ penyaringan “ tidak harus melalui media / alat “ penyaring “ . Misalkan saja menggunakan tehnik pengendapan , elektrolisa, dan lainya, ( untuk lebih jelas tentang tentang ini bisa kunjungi laman Operasional Sistem Filter Air ) yang mana dalam sistem tersebut tidak menggunakan media filter sama sekali. Atau saja bisa menggunakan media lain yang fungsi sebenarnya adalah “ bukan penyaring “ misalkan bio ball yang secara kasat mana bisa di lihat bahwa fungsinya bukan sebagai penyaring dalam arti kata sebenarnya.

Dan yang menjadi perbedaan mendasar sistem ini dibanding filter konvensional adalah BATASAN WAKTU atau MEMERLUKAN WAKTU UNTUK MEMPROSES. Misalkan saja 6 jam untuk 1.000 liter, artinya sistem ini bisa optimal kerjanya apabila memproses “ bahan ” selama 6 jam. Bagaimana jika dalam kurun waktu 6 jam digunakan untuk memproses 2.000 liter, mungkin saja bisa namun hasilkan akan kurang baik atau tidak sesuai yang di harapkan.

Jadi pada umumnya system ini berdasarkan kapasititas dan atau waktu proses. Dan proses atau hasil dari system ini berbeda dari dari filter umum / konvensional , yang artinya rumus (bahan KOTOR ? melalui FILTER = bahan BERSIH + filter KOTOR ) bisa saja tidak berlaku dalam sistem ini. Untuk masalah ini akan di bahas lebih lanjut pada artikel lainnya.

Sistem Mana Lebih Baik ?

System mana yang lebih baik ? sangat relatif, sangat tergantung pada pengaplikasiannya dan dari prespektif mana , namun pada umumnya prosesing filter jauh lebih murah dalam biaya perawatan jadi lebih ekonomis, bahkan dalam sistem aplikasi tertentu tampa perlu pergantian media filter, dari segi pemeliharaan minim biaya. Dalam banyak produk juga sering kali suatu system bisa menggunakan gabungan kedua nya dengan maksud dan tujuan tertentu. Dan masing – masing sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

water filtration system

Water Filtration System, Design Sistem Filtrasi, design system filtrasi dalam artian luas, untuk sistem filter air, berbagai keperluan air umum, hingga untuk keperluan air siap minum langsung (air mineral), air murni, maupun system filtrasi barang cair lainnya, termasuk oiled based filter, maupun system filter lain, seperti keperluan hasil ekstraksi dan sebagainya.

Untuk Keperluan design sistem filtrasi anda dapat mempercayakan kepada kami, sehingga anda dapat berkonsentrasi pada hal lainnya.

Water Filtration System

Kondisi Jasa Design Kolam yang dimaksud adalah sebagai berikut

Bentuk / Format

  • Design Dalam bentuk / Format digital tiga dimensi dengan menggunakan soffware google sketup ( disertakan dalam bentuk freeware ) .
  • Ditambah dengan bentuk cetak untuk instruksi dasar untuk Pekerja Kolam ( tukang ) dan Lain – lain

Range Design

  • Design Layout ruang dan atau lahan
  • Design system Filtasi Secara keseluran & Sistem Elektrical ( Kelistrikan ) yang terintegrasi dengan layout
  • Media Filter yang disarankan, disertai jumlah yang diperlukan
  • Peralatan & perlengkapan yang diperlukan disertai saran/contoh produk ( merk – type – dll )
  • Petunjuk Operasional System Kolam
  • Petunjuk Pembuatan Kontrol Panel ( opsional, hanya untuk kolam semi otomatis dan full otomatis )

Adapun lingkup design yang dimaksud seperti antara lain di bawah ini

Heater – Pemanas Air

Terkait dengan heater sebagai peralatan pengolahan air, dalam sebuah sistem pengolahan air, dapat diklasifikasi seperti dibawah ini

heater kolam renang - heater / pemanas air untuk kolam renang

Seperti telah dijelaskan pada bagian pengertian heater dan jenis heater berdasarkan sumber energinya, sama juga dengan heater kolam renang sebagai perangkat untuk pemanas air kolam renang terdapat pembagian jenis heater yang digunakan untuk kolam renang berdasarkan sistem kerja heater kolam renang.

Jenis Heater Kolam Renang

Jenis heater air kolam renang berdasarkan sumber tenaga yang digunakan sama dengan heater lain yang sudah dijelaskan sebelumnya ( heater – pemanas ). Namun untuk pemanas air kolam renang yang umunya memiliki volume air yang cukup besar dibandingkan dengan heater lainnya. memerlukan design khusus dengan tujuan penghematan sumber energi dari segi biaya hanya saja tetap memperhatikan unsur keselamatan.

Untuk men Design Kolam Renang, terutama untuk sistem pemanas air, perlu mempertimbangkan faktor biaya dan efisiensi. Banyak pilihan yang tersedia dipasaran hanya saja untuk mencapai tingkat efisiensi perlu langkah cerdas tidak hanya sekedar pasang produk. Jika hanya sekedar pasang produk berarti bukan designer kolam renang

Heater Kolam Renang Tenaga Listrik

heater kolam renang
Heater Kolam Tenaga Listrik

Jenis pemanas air kolam renang ini murni menggunakan tenaga listrik yang dikonversikan menjadi energi panas melalui elemen pemanas untuk menciptakan kondisi panas pada air kolam renang.

Heater Kolam Renang Tenaga Matahari

Heater kolam Jenis ini menggunakan energi matahari yang ditangkap oleh panel surya ( solar cell ) yang kemudian di konversikan menjadi tenaga listrik untuk memfungsikan elemen heater / elemen pemanas. Prinsip Kerja Sama dengan tenaga listrik biasa hanya saja sumber listrik dari domain yang berbeda.

Heater Kolam Renang Tenaga Gas Bakar ( Sistem Pembakaran )

Heater kolam ini menggunakan tenaga gas, umumnya LPG, untuk memanaskan air dalam tabung pemanasan, dengan cara pemasan menggunakan api, dengan bantuan sedikit tenaga listrik untuk pengaturan dan keamanan sistem.

Heat Pump Water Heater

Heater kolam ini menggukan gas freon sebagai agen yang diaktifkan dengan sistem tekanan udara ( sistem kompresi ) yang digerakkan tenaga listrik untuk menghasilkan energi panas. Sistem ini Sebernarnya Sama dengan Sistem Pendinginan yang dibalik. Sebagai contoh pendingin udara yang sering disebut AC ( Air Conditioning ) yang dibalik sistem kerjanya.

Efiensi Heater Kolam

heater spa poll

Pemilihan kapasitas pemanas air cukup menentukan dalam hal efisiensi. Misalkan untuk keperluan kecil menggunakan kapasitas yang sesuai dan tepat guna. Misalkan hanya untuk sekedar kolam spa bisa menggunkan kapasitas secukupnya dan sesuai kebutuhan.

Untuk mencapai efisiensi akan lebih mudah jika sebuah properti telah didesign dari awal secara global bagaimana sistem management air yang dibutuhkan dan dikehendaki. Misalkan dengan mengintegrasikan sistem pemanas air kolam maupun kebutuhan air panas lain dengan sistem secara keseluruhan atau secara total, maupun pengaturan management sumber energi, dan pemanfaatan energi buangan.

Sebagai gambaran energi matahari bisa digunakan pada siang hari, jika tidak memadai bisa dibantu energi yang lain, listrik, gas dan lain. Dan yang banyak dilupakan adalah pemanfaatan energi buangan dari perangkat lain. Misalkan energi buangan dari Air Conditioning ( AC ), yang umum hampir setiap proprti menggunakannya. Untuk menghasilkan suhu rendah ac, menimbulkan suhu panas.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk efisiensi dengan mengintegrasikan sistem. Begitu juga dengan energi buangan yang lain ( refrigerator, dll ) maupun sumber energi alternatif, dengan memanfaatkan thermo control, timer, elektrical control, Flow control, sistem otomatisasi, dan lain nya sehingga tercapai efisiensi yang optimal.

Heater AkuariumKolam Ikan. Pemanas untuk akuarium dan heater kolam ikan, memiliki persamaan. Tapi yang dimaksud kolam ikan disini adalah kolam ikan mini atau kolam ikan kecil. Untuk Kolam ikan dibawah 2.000 liter. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ini sehubungan dengan pengobatan penyakit ikan, ada hal – hal yang harus dihindari dalam pengobatan ikan.

Heater Akuarium

heater akuarium - kolam ikan

Heater akuarium pada umumnya miliki kisaran daya sekitar 50 watt sampai dengan 300 watt yang tersedia dipasaran. Jadi misalkan kita menggunkan heater jenis ini untuk keperluan kolam ikan, tidaklah sesuai. Penggunaan Heater jenis ini hanya untuk menjaga tidak terjadinya pembekuan air di daerah 4 musim.

Untuk keperluan heater kolam ikan dipasaran indonesia tidak tersedia, untuk keperluan hal itu bisa menggunakan heater kolam renang yang banyak tersedia dipasaran dengan berbagai sistem heater kolam renang. Untuk heater jenis lain bisa di lihat pada laman Heater – Pemanas

Heater Air Rumah Tangga, untuk aplikasi heater – pemanas air runah tangga, banyak sekali pemakaian yang sering kali digunakan. Kebanyakan untuk keperluan rumah tangga ( domestik ). Peralatan ini banyak macamnya, mulai dari yang sederhana hingga ke tingkat yang lebih rumit. Sesuai dengan pengertian heater secara umum, yang pada intinya pemanas komponen utamanya adalah elemen heater.

Berikut di bawah ini beberapa contoh yang cukup poluler.

Pemanas Air – Pemasak Air

Seperti terlihat pada gambar diatas sebenarnya, sebenarnya inti dari peralatan diatas adalah elemen heater . Misalkan seperti gambar di atas teko hanyalah untuk mempermudah penggunaan & penambah estetika.

Heater Air Mandi – Pemanas Air Mandi

heater air rumah tangga - air mandi

Ada banyak jenis heater untuk air mandi mulai dari jenis pemanas sumber listrik, gas, tenaga matahari, freon dan lain – lain.

Dispenser Air

dispenser, dispencer air, peralatan heater rumah tangga

Dispenser air , banyak macam dan ragam dispencer air. Bahkan ada juga jenis dispencer yang bisa untuk air panas dan juga air dingin. Heater air rumah tangga jenis ini banyak digunakan.

Oven

elemen Oven – Heater Oven

Sesuai dengan yang telah dijelaskan bahwa inti dari heater adalah elemen pemanas. Seperti Perlatan Rumah Tangga Oven, intinya adalah elemen heater.

Perlengkapan Pengolahan Air

Plumbing System

Plumbing system, sistem pemipaan atau sering juga disebut sistem perpipaan, merupakan hal penting dalam pengolahan air, sebagai sarana distribusi dan penyaluran air. Baik dalam internal sistem, maupun sebagai penghubung antar sistem atau antar unit yang berbeda lokasi.

Untuk peralatan Plumbing system yang umum dan sering digunakan diantaranya seperi berikut di bawah ini.

Fitting

Penyambung saluran dalam pengertiaan plumbing system

Fitting Adapator

Fitting yang berfungsi sebagai alat adaptasi saluran

faucet adaptor - jenis fitting adaptor

Faucet Adaptor, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain adaptor tandon, fitting tandon, dan lain lain ( sering digunakan pada tandon air )

Faucet Adaptor, termasuk jenis fitting adaptor, adalah jenis fitting untuk bahan untuk penyambungan pipa dengan bidang datar, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Adaptor lainnya bisa di lihat pada laman Adaptor. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

flange

Flange, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan cara merapatkan dua bidang dengan pengikat sistem Baut – Mur ( Thread ). dengan bentuk seperti terlihat pada gambar.

Flange sering kali digunakan juga sebagai fitting adaptor, karenanya aja juga yang menyebut barang ini dengan istilah nama / sebutan lain Flange Adaptor

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Lurus lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk lurus. Atau jenis fitting adaptor lainnya pada laman Adaptor. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

hose coupler

Hose Coupler, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain cop selang dan beberapa nama lain.

Hose Coupler, adalah jenis fitting untuk bahan untuk penyambungan pipa dan selang, termasuk jenis adaptor dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti terlihat pada gambar .

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia :

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model Adaptor Lainnya bisa di lihat pada laman Adaptor. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting

Bentuk L

Fitting berbentuk menyerupai huruf L alpabet

elbow

Elbow, ,disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain keni, Knee, El, Equal Elbow dan beberapa nama dan istilah lain.

Elbow, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti huruf L alpabet ( seperti terlihat pada gambar ).

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk L atau L shape, lainnya bisa di lihat pada laman bentuk L. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System .

Elbow 45 derajat, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain keni 45 derajat, knee 45 derajat dan beberapa nama dan istilah lain.

Elbow 45 derajat, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti huruf L alphabet dengan membentuk sudut 90 + 45 derajat seperti terlihat pada gambar .

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk L lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk L Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Elbow Increaser - Elbow Reducer - Elbow reduced,

Elbow Increaser, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Elbow Reducer, Elbow reduced dan beberapa nama dan istilah lain.

Elbow Increaser, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti huruf L, dengan salah satu sisi dengan ukuran lebih besar, seperti terlihat pada gambar

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk L lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk LL shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

Elbow Reducer 45 derajat - Elbow Increaser 45 derajat - Elbow reduced 45 derajat

Elbow Reducer 45 derajat, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Elbow Increaser 45 derajat, Elbow reduced 45 derajat dan beberapa nama dan istilah lain.

Elbow Reducer 45 derajat, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti huruf L, dengan membentuk sudut 90 + 45 derajat, dengan salah satu sisi dengan ukuran lebih besar, seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk L / L-shape lainnya bisa di lihat pada laman bentuk L / L-shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Elbow Socket Spigot, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti huruf L alpabet, dengan salah satu sisi atau kedua sisinya berukuran sama besar dengan ukuran pipa, seperti terlihat pada gambar.

Elbow Socket Spigot, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain elbow spigot, Single Elbow Spigot atau Single Elbow socket Spigot ( jika salah satu sisi elbow saja yang berukuran sama besar dengan ukuran pipa. Disebut Double Elbow socket Spigot atau Double Elbow Spigot ( jika kedua sisi elbow sama besar dengan ukuran pipa ).

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk L – shape lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk L / Lshape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Faucet elbow, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Faucet Knee, Elbow Female Thread, Knee SDD, Keni SDD, Knee Sok Drat Dalam, Keni Sok Drat Dalam, dan beberapa nama dan istilah lain.

Faucet elbow, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk menyerupai huruf L alphabet, dengan salah satu sisi menggunakan sistem sambungan Thread / ulir / drat, seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk huruf L lainnya bisa di lihat pada laman bentuk huruf LL shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

long bow - large radius elbow - bend 90

Long bow, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Long Elbow, Large Radius Elbow, Bend 90, bend 90 derajat dan beberapa nama dan istilah lain.

Setiap bahan dan merek / produsen memiliki ukuran panjang / jarak panjang yang berbeda beda. Jadi ” long ” atau “large” nya berbeda – beda.

Long bow, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk huruf L alphabet, tampa membentuk sudut ( cenderung bulat melingkar panjang ) seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk L lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk LL shape . Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Straight Elbow, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Elbow 180 derajat, Elbow 180, U bow dan beberapa nama dan istilah lain.

Straight Elbow, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti menyerupai huruf U alphabet, dengan kedua sisi dengan sistem sabungan socket, seperti terlihat pada gambar.

Fitting jenis ini ada yang menggolangkan ke Fitting bentuk U, ada juga yang ke Fitting Bentuk Lurus, maupun Fitting Betuk L Shape , intinya hanya pada bentuk dan penamaan saja, namun barangnya sama.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Union Flat Elbow
Union Flat Elbow

Union Flat Elbow, jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, yang bisa diputus sambung pada bagian tengah fitting dengan sistem thread ( ulir ) dengan bentuk keseluruhan seperti bentuk huruf L ( L shape ) seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk L shape lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk L fitting L shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

valve elbow, Keni SDL, Knee SDL, Knee Sok Drat Dalam, Keni Sok Drat Dalam, Elbow Male Threat

Valve Elbow, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Keni SDL, Knee SDL, Knee Sok Drat Dalam, Keni Sok Drat Dalam, Elbow Male Threat, dan beberapa nama dan istilah lain.

Valve Elbow, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti bentuk huruf L, dengan salah satu sisi nya dengan sistem sambungan ulir luar ( male thread ) seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk L ( L-shape ) lainnya bisa di lihat pada laman bentuk huruf L. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Bentuk Lurus

Double Nipple, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Double Valve dan beberapa nama dan istilah lain.

Double Nipple, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, yang pada kedua sisinya menggunakan sistem sambungan thread ( ulir ) dengan bentuk seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model Bentuk lurus – Straight Shape, lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk lurusStraight Shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

Eccentric increaser - Eccentric Reducer, Eccentric Bushing

Eccentric increaser, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Eccentric Reducer, Eccentric Bushing. produk ini merupakan kebalikan dari Concentric increaser. Produk ini adalah increaser yang tidak concentric ( tidak ditengah )

Eccentric increaser, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, yang berfungsi menyambungkan pipa dengan sistim socket berbentuk lurus, dengan salah satu sisinya ukuran membesar atau mengecil dan posisi perubahan ukuran tidak di tengah ( center ) melainkan kesamping Dengan bentuk seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Lurus lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk Lurus – Straight Shape Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

Faucet Socket, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Sok Drat Dalam, SDD, Female Thread joint dan beberapa nama istilah lain.

Faucet Socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk lurus, dengan satu sisi sistem sambungan socket dan satu sisi female thread, seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertingbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain, ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Lurus lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Betuk LurusStraight shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

flange

Flange, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan cara merapatkan dua bidang dengan pengikat sistem Baut – Mur ( Thread ). dengan bentuk seperti terlihat pada gambar.

Flange sering kali digunakan juga sebagai fitting adaptor, karenanya aja juga yang menyebut barang ini dengan istilah nama / sebutan lain Flange Adaptor

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Lurus lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk lurus. Atau jenis fitting adaptor lainnya pada laman Adaptor. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Reducing Nipple
Reducing Nipple

Reducing Nipple, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan sistem sambungan male thread pada kedua sisi bentuk lurus, dengan salah satu sisi dengan ukuran lebih besar atau lebih kecil. Seperti terlihat pada gambar

Jika kedua sisi mimiliki ukuran yang sama disebut Double Nipple.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Lurus lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk LurusFitting Straight Shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

Reducing Socket, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Reducer socket, Increaser, Reducer, Reducer Socket, increaser socket, Overlupe, Overshock, over shocket, Concentric increaser, Concentric reducer, Concentric Bushing, straight reducing socket, dan beberapa nama dan istilah lain.

Reducing Socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, yang berfungsi menyambungkan pipa dengan sistim socket berbentuk lurus, dengan salah satu sisinya ukuran membesar atau mengecil. Dengan bentuk seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk lurus lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk LurusStraight Shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

socket - sock - sok

Socket, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Sock, Sok, sambungan, sambungan pipa, equal socket ( karena ukuran kedua sisi sama besar, jika mengecil / membesar disalah satu sisinya disebut reducer / increaser ), serta beberapa nama dan istilah lain.

Socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk lurus dan sama besar ukuran di dua sisinya dengan sistem sambungan socket, seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Lurus – Straight lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk Lurus Straight. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

Straight Elbow, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Elbow 180 derajat, Elbow 180, U bow dan beberapa nama dan istilah lain.

Straight Elbow, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti menyerupai huruf U alphabet, dengan kedua sisi dengan sistem sabungan socket, seperti terlihat pada gambar.

Fitting jenis ini ada yang menggolangkan ke Fitting bentuk U, ada juga yang ke Fitting Bentuk Lurus, maupun Fitting Betuk L Shape , intinya hanya pada bentuk dan penamaan saja, namun barangnya sama.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

valve ring

Valve ring, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa dalam bidang plumbing system, dengan sistem sambungan Thread yang diperkecil, dengan bentuk seperti terlihat pada gambar

Istilah ini, seringkali rancu dengan bushing ( bushings ). concentric bushing, valve ring memiliki sistem sambungan pada kedua bilah nya. bushing adakalanya tidak.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, resistentesi, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk. Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk lurus lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk LurusStraight Shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

valve socket

Valve Socket, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Sok drat luar, SDL, Male Thread Joint dan beberapa nama istilah lain.

Valve Socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk lurus, dengan satu sisi sistem sambungan socket dan sisi yang lain dengan male thread, seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk lurus lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk lurusFitting Straight Shape . Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

watermoor

Watermoor, jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, yang bisa diputus sambung pada bagian tengah fitting dengan sistem thread ( ulir ) dengan bentuk seperti terlihat pada gambar

Watermoor, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Water Union, Union Flat Seat dan beberapa nama dan sebutan lain. Jika sistem sambungan dengan sistim socket disebut water Union Socket / Union Socket. Jika menggunakan sistem penyambungan thread disebut Water Union Thread / Union Thread.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Lurus lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk Lurus. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Bentuk P

Fitting berbebtuk menyerupai huruf P alpabet

P trap

P trap, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, yang berfungsi untuk menjebak kotoran / menjebak endapan, dengan bentuk menyerupai huruf P alpabet, seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk P lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk PFitting P shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Bentuk S

Fitting berbebtuk menyerupai huruf S alpabet

S socket

S socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk menyerupai huruf S alpabet, dengan sistem sambungan socket pada dua sisi, seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk huruf S lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk SFitting S shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

S trap

S Trap, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk menyerupai huruf S alpabet, dengan fungsi sebagai penjebak, seperti terlihat pada gambar.

fitting S Trap, disini yang menjadi acuan adalah bentuk / model / type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk S lainnya bisa di lihat pada laman bentuk S S shap

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Bentuk T

Fitting berbebtuk menyerupai huruf T alpabet

faucet Tee
faucet Tee

Faucet Tee, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Tee Sock Drat Dalam, Tee SDD, Female Thread Tee dan beberapa nama istilah lain.

Faucet Tee, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk menyerupai huruf T alpabet, dengan tiga cabang sama besar, dua sisi searah dengan sistem sambungan cocket, dan sisi cabang dengan sistem female Thread, seperti terlihat pada gambar

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk huruf T lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk TFitting T Shape.

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

Large Radius Double Tee

Large Radius Double Tee, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain, long radius double tee.

Large Radius Double Tee, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk mirip huruf T di gabung/ di double / di tumpuk, dengan sambungan socket, seperti terlihat pada gambar.

Ada yang mengelompokkan fitting jenis ini ke kelomppok Fitting Bentuk XFitting X shapeFitting Cross Shap selain Kelompok T Shape.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk / model / type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk huruf T lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk T – Fitting T shape

Untuk bentuk fitting type model bentuk Hurup X lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Cross Shape

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Long Tee, Large Radius Tee, long Y

Long Tee, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Large Radius Tee, Long Yee, Long Radius Yee dan beberapa nama dan sebutan lain.

Long Tee / Long Yee, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk mirip Huruf T miring atau Huruf Y, dengan sudut lengkung, sistem sambungan socket. seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk T lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk TFitting T shape

Untuk bentuk fitting type model bentuk Y lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk YFitting Y shape

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

male thread tee

Male Thread Tee, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Tee Sock Drat Luar, Tee SDL, dan beberapa nama istilah lain.

Male Thread Tee, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk mirip huruf T, dengan sisi searah sistem sambungan socket, sisi cabang male thread. seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk / model / type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk huruf T lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Betuk Huruf TFitting Tee Shap.

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

tee reducer , tee reducer socket

Tee Reducer, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Tee reducer socket, Tee Reducing Socket, overlupe Tee, verlupe Tee dan beberapa nama dan istilah lain.

Tee Reducer, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk mirip huruf T alpabet, dengan dua sisi sama besar, dan sisi cabang ukuran lebih kecil ( reducer ) sistem sambungan cocket, seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk / model / type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk huruf T lainnya bisa di lihat pada laman fitting Bentuk TFitting T Shape

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

tee socket

Tee Socket, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain equal tee, equal tee socket dan beberapa nama dan istilah lain.

Tee Socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk menyerupai huruf T, dengan tiga sisi sama besar, dengan sistem sambungan socket seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk / model / type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk huruf T lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk TFitting T shape.

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System .

tee spigot
tee spigot

Tee Spigot, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti hurup T alpabet, dengan tiga sisi sama besar, dengan ukuran diameter dalam pipa, terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan bahan pembuat, dan lain – lain.

Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia
Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam
Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk T lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk T Fitting T shape

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Y Brach, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Tee Y, T Yee, TY dan beberapa nama dan istilah lain.

Y Brach, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk menyerupai bentuk huruf Y, dengan satu cabang berukuran lebih kecil, dengan bentuk seperti terlihat pada gambar.

Ada yang menggolongkan Fitiing ini ke Kelompok Fitting Y shapa dan Fitting T shape. pada intinya sama saja. Hanya cabang nya tidak berukuran sama. Jika sama memiliki nama yang berbeda yakni Y socket ( Y equal ).

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Y lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk Y, dan untuk model bentuk T lainnya pada laman Fitiing T shape.

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

Bentuk X

Fitting berbebtuk menyerupai huruf X atau Tanda ( + ) alpabet

5 way cross socket

5 Way Cross Socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti huruf X atau Tanda ( + ) dengan tambahan 1 jalur vertikal, dengan sistem sambungan socket sama besar, terlihat pada gambar.

5 Way Cross Socket, disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk X lainnya bisa di lihat pada laman bentuk XX shape

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Large Radius Double Tee

Large Radius Double Tee, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain, long radius double tee.

Large Radius Double Tee, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk mirip huruf T di gabung/ di double / di tumpuk, dengan sambungan socket, seperti terlihat pada gambar.

Ada yang mengelompokkan fitting jenis ini ke kelomppok Fitting Bentuk XFitting X shapeFitting Cross Shap selain Kelompok T Shape.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk / model / type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk huruf T lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk T – Fitting T shape

Untuk bentuk fitting type model bentuk Hurup X lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Cross Shape

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Plus Socket

Plus Socket, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain 4 way socket, 4 way flat socket, dan beberapa nama dan istilah lain.

Plus Socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk menyerupai tanda plus ( + ) atau huruf X alpabet, dengan empat sisi sambungan socket sama besar, seperti terlihat pada gambar

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk / model / type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk X lainnya bisa di lihat pada laman Bentuk X – X shape .

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Bentuk Y

Fitting berbebtuk menyerupai huruf Y alpabet

Long Tee, Large Radius Tee, long Y

Long Tee, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Large Radius Tee, Long Yee, Long Radius Yee dan beberapa nama dan sebutan lain.

Long Tee / Long Yee, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk mirip Huruf T miring atau Huruf Y, dengan sudut lengkung, sistem sambungan socket. seperti terlihat pada gambar.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk T lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk TFitting T shape

Untuk bentuk fitting type model bentuk Y lainnya bisa di lihat pada laman Fitting Bentuk YFitting Y shape

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

Y Brach, disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Tee Y, T Yee, TY dan beberapa nama dan istilah lain.

Y Brach, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk menyerupai bentuk huruf Y, dengan satu cabang berukuran lebih kecil, dengan bentuk seperti terlihat pada gambar.

Ada yang menggolongkan Fitiing ini ke Kelompok Fitting Y shapa dan Fitting T shape. pada intinya sama saja. Hanya cabang nya tidak berukuran sama. Jika sama memiliki nama yang berbeda yakni Y socket ( Y equal ).

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Y lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk Y, dan untuk model bentuk T lainnya pada laman Fitiing T shape.

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System.

y socket

Disebut juga dengan istilah nama / sebutan lain Yee Socket, Ye Socket, Y equal, Y socket equal dan nama istilah lain.

Y Socket, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti huruf “Y” alphabet, dengan ketiga sisinya sama besar. seperti terlihat pada gambar.

Jika salah satu cabangnya mengecil ukurannya, ada yang menyebut dengan nama Y brach, Tee Y dan lain – lain.

Disini yang menjadi acuan adalah bentuk / model / type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Y lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk YFitting Y shape. Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Y trap

Y trap, adalah jenis fitting untuk bahan penyambungan pipa, dalam bidang plumbing system, dengan bentuk seperti huruf Y, dengan fungsi sebagai jebakan. seperti terlihat pada gambar

Y trap, disini yang menjadi acuan adalah bentuk/model/type dan sistem penyambungan atau sistem sambungan, tampa mempertimbangkan berdasarkan Resistentesi, bahan, maksimal pressure dan lain – lain ditentukan oleh masing – masing detail spesifikasi produk.

Umumnya tersedia

Bahan : jenis Plastik & Jenis Logam

Ukuran :

Untuk bentuk fitting type model bentuk Y lainnya bisa di lihat pada laman Fitting bentuk Y – Fitting Y shap

Untuk type model Fitting lainnya pada laman Fitting, jika memerlukan informasi perlengkapan Plumbing system lainnya dapat dilihat pada laman Plumbing System

Pipa Air

Pipa Air, pipa air sebagai komponen utama dalam penyaluran air, secara garis besar dapat dibedakan berdasarkan beberapa klasifikasi seperi berikut

Pipa Jenis Plastik

Pipa Jenis plastik, pipa yang terbuat dari bahan sejenis plastik atau kelompok jenis plastik. Yang sering dan umumnya digunakan diantaranya adalah sebagai berikut,

pipa air - pipa CPVC

Pipa CPVC, adalah pipa yang terbuat dari bahan jenis plastik CPVC ( Chlorinate Poly Vinyl Chloride ) digunakan sebagai pipa air dalam plumbing system atau sistim perpipaan.

Pipa Jenis ini memiliki karakteristik lebih khusus jika dibandingkan dengan pipa PVC, diantarannya adalah sebagai berikut, :

  • tahan suhu cukup tinggi , beberapa merek mengklaim tahan hingga 180 derajat fahrenheit
  • Tahan terhadap beberapa beberapa jenis asam, basa , garam, parafin, halogen dan alkohol
  • tidak tahan terhadap solven ( pencair ), chlorinated hidrocarbon ( bahan jenis hidrokarbon yang telah diklorinasi )
pipa hdpe, salah satu jenis pipa berbahan jenis plastik

Pipa PE dan HDPE, pipa yang terbuat dari bahan sejenis plastik PE ( polyethylene ) untuk pipa PE dan HDPE ( high-density polyethylene ) untuk pipa HDPE sebagai pipa air atau saluran gas dalam plumbing system.

Kedua jenis pipa, memiliki karakteristik yang relatif sama, namun pipa HDPE memiliki Kualitas lebih baik. Dalam bahasa sederhana HDPE adalah versi super / Versi intimewa dari PE.

Karakteristis Dari Pipa jenis ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • pipa lentur , instlasi cepat dan lebih flexsibel.
  • Perekat sistem penyambungan menggunakan Panas, kurang ekonomis untuk pemakaian kecil yang tidak berkesinambungan, karena harga pemanas cukup tinggi.
  • Manpu mengakomodasi tekanan tinggi
  • Cocok untuk saluran Air ( cairan ) atau gas

pipa pex = pipa air jenis PEX

Pipa PEX, pipa yang terbuat dari bahan utama Polyethylene. PEX sebutan dari istilah cross linked polyethylene, kadang juga disebut dengan istilah XLPE, dalam kaitan dengan bidang plumbing system sebagai pipa air ( cairan ) terkadang juga bisa digunakan untuk saluran udara.

Pipa PEX, ini sebenarnya mempunyai dasar yang sama dengan pipa PE & Pipa HDPE. Jenis pipa ini sebenarnya dapat dibedakan menjadi 3 macam,

  • PEX – A
  • PEX – B
  • PEX – C

Pembedaan jenis itu bukan berdasarkan kualitas, pembedaan hanya dari proses pembuatan yang berbeda sehingga memiliki karakteristik yang berbeda.

Untuk skala pemakian ” domestik normal ” tidak perlu terlalu mendetail mengenai pembedaan type a,b,c diatas. Semua jenis aman digunakan. Adakalanya sebagai konsumen kita ingin tahu, agar dapat memilih produk ideal. Tapi berdasarkan pengalaman penulis sendiri, jangan terlalu berharap, Karena Yang Jualan Aja Banyak Gak Tau !

Untuk pemakaian lebih dari sekedar pemakaian skala rumah tangga, ada beberapa karakteristik dari pipa ini yang perlu diketahui, diantaranya :

  • dapat mentolerasi suhu tinggi
  • Tahan Asam, cocok untuk pemakaian dalam tanah ( dengan sistem penyambungan panas ), jika menggunakan sistem jepit, umumnya fittingnya yang tidak tahan ( jika mengacu ketersediaan fitting dipasaran )
  • Pemasangan lebih cepat, terutama untuk bidang yang tidak terlalu rata, karena sifatnya yang lentur dibanding Pipa PVC
  • Pipa PEX-A, paling lentur, mudah pakai ” sistem fitting jepit “, type PEX-B tidak bisa pakai ” sistem fitting jepit “
  • Untuk Daya Tahan terhadap ” tendangan tekanan ” pipa PEX-A yang terbesar, PEX-B terendah
  • Untuk Tekanan Maksimal yang dapat ditoleransi, tiap merek berbeda – beda, lebih baik periksa tekanan maksimal terlebih dahulu
  • Daya Tahan tekanan akan menurun jika suhu naik ( meningkat- berdanding terbalik )
  • tidak korosif dan tahan klorin

Ada juga produk pipa jenis ini, yang sebenarnya merupakan Pipa campuran, bukan pipa bahan plastik murni.

pipa pp - pipa air pp

Pipa PP, pipa terbuat dari bahan jenis plastik PP ( polypropylene ) yang digunakan sebagai pipa air dalam plumbing system atau sistem pemipaan.

Pipa jenis ini memiliki beberapa karakter yang berbeda dengan pipa PVC, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tahan suhu Tinggi dan Rendah
  • Tahan terhadap bahan kimia
  • sesuai untuk saluran makanan & minuman ( food grade ), saluran air murni
  • cocok untuk proses hal terkait industri farmasi dan kimia

Pipa jenis ini dikembangkan menjadi banyak jenis, dengan tidak terlalu banyak perbedaan yang mendasar. Banyak merek / brand mengembangkan produk jenis berbeda ada kalanya hanya sekedar ” beda nama “. Diantaranya pipa PPR, pipa PPO, dan lain – lain.

Dari nama dan istilah pembeda diatas secara penggunaan tidak terlalu berbeda, dalam bahasa milineal dikatakan sebelas dua belas.

Pipa PVC, pipa yang terbuat dari bahan jenis plastik PVC ( Poly Vinyl Chloride ) yang umumnya digunakan sebagai pipa air dalam plumbing system untuk berbagai keperluan pengelolaan air.

Tersedia di Jual di Pasaran Umum

Untuk Pipa pvc yang dijual dan dipasarkan secara luas di indonesia, menggunakan standar ukuran NPS ( Nominal Pipe Size ), tersedia dalam dua jenis standarisasi, yakni

  • Pipa SNI ( Standart Nasional Indonesia )
  • Pipa JIS ( Japan Industrial Standart )

Pipa SNI ( Standart Nasional Indonesia )

Pipa SNI dapat dibedakan berdasarkan kelas penggunaan pipa atau jenis penggunaan pipa, menjadi

  • Pipa type AW ( Association Water )
  • Pipa type D ( Drainase )
  • Pipa type C ( conduit )

Sebenarnya ada Pipa Type DV ( drainase Ventilasi ) namun tidak ada satupun produsen lokal yang memproduksi type ini.

Pembagian Kelas penggunaan pipa ini berdasarkan maksimal tekanan yang dapat diterima. Bukan Berdasarkan ketebalan.

Jika memerlukan pipa berdasarkan ketebalan selain type, Merek dan atau harga menentukan. Pipa type D tebalnya bisa sama dengan type AW merk lainnya

Kelas Penggunaan – Jenis penggunaan

Pipa type AW ( Association Water )

Pipa type AW ( Association Water ), di tujukan untuk penggunaan atau jenis penggunaan sebagai saluran pipa air bertekanan hingga maksimal 10 bar.

Pipa type D ( drainase )

Pipa type D ( drainase ), pipa untuk saluran pembuangan bertekanan rendah, maksimal tekanan yang dapat ditolerasnsi 5 bar.

Pipa type C ( conduit )

Pipa untuk saluran kabel dan kelas penggunaan sekejenis lainnya. Yang bertekanan rendah.

Perlu mendapat perhatian disini untuk jenis Pipa type C, memiliki standar ukuran berbeda dengan type AW & Type D

Berdasarkan pengalaman penulis. Jangan terlalu berpedoman terhadap jenis kelas penggunaan untuk pipa jenis ini. Terutama jika kebutuhan kekuatan tekananan diatas 70 % dari spesifikasi. Hanya ada beberapa merek / brand yang dapat diandalkan untuk hal ini di indonesia.

Pipa JIS ( Japan Industrial Standart )

Kelas Penggunaan – Jenis penggunaan

Untuk Pipa jenis standarisasi jenis ini, terdapat dua jenis type,

  • Pipa Type VP
  • Pipa Type VU

Hanya brand atau merk tertentu yang memproduksi jenis pipa ini untuk brand lokal indonesia. Untuk type ini kekuatan pada umumnya dapat diandalkan.

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman penulis menggunakan 3 – 5 pipa brand / merk lokal indonesia yang ” punya nama “, didapat kesimpulan sbb :

  • Pipa type VP memiliki kekeuatan diatas type AW.
  • Pipa VU, jauh lebih kuat dari type D, untuk beberapa brand / merk hampir mendekati atau sama dengan type AW merk / brand Lainnya

Pipa UPVC

Pipa uPVC, pipa terbuat dari bahan jenis plastik UPVC ( unplasticized PolyVinyl Chloride ). umumnya digunakan sebagai pipa air untuk saluran pembuangan atau pengolahan limbah. Perbedaan UPVC dan PVC pada kandungan beberapa bahan ( BPA and phthalates ).

Jenis pipa ini memiliki beberapa karakteristik khusus, diantaranya :

  • Jenis pipa ini relatif lebih tahan tahan terhadap bahan kimia, jika dibandingkan dengan Pipa PVC
  • lebih kuat dibandingkan pipa PVC
  • Relatif lebih tahan bahan kimia dibandingkan dengan pipa PVC
  • Cukup tahan terhadap panas ( sekitar 60 derajat celcius )
  • Sesuai untuk saluran drainase limbah cair
  • Tidak disarankan untuk plumbing system domestik, terutama untuk Saluran Air Minum.

Pipa Jenis Logam

Pipa jenis logam, sedangkan pipa jenis logam yang sering digunakan seperti dibawah ini, dengan masing – masing karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lain.

pipa almunium

Pipa Almunium, pipa yang terbuat dari bahan jenis logam almunium. Dalam penggunaan sebagai saluran atau Pipa air dalam plumbing system pipa jenis ini mempunyai karakteristk yang hampir sama dengan Pipa Tembaga.

Jika dibandingkan dengan pipa tembaga, pipa jenis ini lebih unggul dalam penyaluran fluida suhu rendah. Demekian juga untuk suhu tinggi.

Karakteristik dalam penggunaan di plumbing system, diantaranya sebagai berikut :

  • Ringan sehingga mudah dalam penginstalasian
  • penyambungan bisa tampa menggunakan sistem ulir ( snai )
  • Relatif lebih tahan terhadap bahan kimia
  • Tidak korosif
  • dan lain lain.
Pipa galvanis - pipa air jenis bahan logam

Pipa Galvanis, pipa yang terbuat dari bahan utama campuran logam besi dan baja yang dilapisi seng yang bertujuan sebagai anti karat, sebagai pipa air dalam plumbing system.

Pipa ini juga sering digunakan pada instalsi air rumah tangga, terutama untuk saluran air yang tertananam dalam tempok.

Pipa Galvanis, sebagai Pipa Air dalam Plumbing system pipa ini, memiliki karakteristik serta kelemahan dan kelebihan, diantaranya,

  • Cocok untuk instalasi saluran air yang tertanam dalam tembok, untuk menghindari kebocoran air yang tidak disengaja. Misalkan terkena paku dan lain – lain
  • Pengerjaan yang cukup lama dalam hal memotong pipa & membuat sistim ulir ( Snai )
  • Untuk instalasi dalam sebuah system yang sempit dan terbatas, dapat dimanfaatkan sebagai penyangga, karena relatif kuat di banding jenis pipa air yang lain.
  • Mudah didapat dipasaran
  • Dan lain – lain , seperti awan banyak ketahui karena pipa air jenis ini banyak dan umum digunakan

pipa stainless stell

Pipa Stainless Stell, pipa yang terbuat dari bahan jenis logam stainless stell. Dalam penggunaan sebagai saluran – pipa air dalam plumbing system sebenarnya dalam segi bahan baku pipa jenis ini paling ideal.

Sedangkan kelemahan – kelebihan jenis pipa air ini, serta karakteristik sebagai saluran plumbing system, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Untuk daerah tertentu cukup sulit untuk mendapatkan produk jenis ini, yang tersedia umumnya sekedar berlapis stainless stell pada bagian luar, sedangkan yang lebih dipentingkan dalam hal ini adalah bagian dalam
  • Tahan terhadap bahan kimia
  • tidak berkarat
  • Cukup sulit untuk mendapatkan sistem sambungan dipasaran yang berbahan sama, sehingga penyambungan sering harus dengan sistem las, untuk penggunaan pada instalasi cairan – cairan tertentu, misalkan bahan kimia khusus

pipa tembaga

Pipa Tembaga, pipa yang terbuat dari Tembaga, digunakan sebagai pipa air maupun untuk saluran gas dalam plumbing system. Dalam penggunaannya pipa ini dilindungi dengan bahan bahan berjenis isolator, untuk melindungi pipa itu sendiri maupun dampak dari pemakaian saluran.

Pipa jenis ini umumnya digunakan untuk saluran air panas dalam skala pemakaian perpipaan rumah tangga atau domestik.

Pipa tembaga sebagai saluran utama dalam plumbing system mempunyai beberapa karekteristik khusus jika dibandingkan dengan yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • sesuai untuk pemakaian suhu tinggi maupun suhu rendah
  • tidak tahan terhadap keasamanan ( tidak tahan bahan – bahan bersifat Acid )
  • tidak cocok untuk instalasi dalam tanah
  • Dalam pemakian hendaknya ditambah lapisan isolator, terutama jika berdekatan dengan barang / bahan yang tidak tahan panas.

Pipa Jenis Campuran / Kombinasi
Pipa Bahan Campuran, pipa pex - dengan tambahan jenis logam pada bagian dalam penampang pipa

Pipa Air Jenis Campuran, Pipa yang terbuat dari bahan campuran, sebagai pipa air dalam plumbing system. Bahan tersebut umumnya campuran atau gabungan antara bahan jenis logam, bahan jenis plastik, atau bahan jenis komposit lain.

Pipa Air Jenis Campuran, ini umumnya merupakan pengembangan dari pipa bahan logam yang dilapisi oleh bahan yang bersifat isolator, dengan tujuan menciptakan produk yang lebih siap pakai untuk tujuan tertentu.

Beberapa pipa Jenis logam memerlukan tambahan pelindung yang berfungsi melindungi pipa itu sendiri atau dampak dari hasil fungsi pipa, sehingga mendasari munculnya jenis pipa ini.

Atau Pipa dari jenis bahan Plastik yang ditambah Bahan jenis logam untuk memperkuat resistensi terhadap tekanan.

Contoh ada beberapa merek / brand, yang menjual pipa, yang sebenarnya adalah pipa dari bahan logam, yang dilapisi bahan PEX pada bagian luar dan dalam, dijual dan di Pasarkan dengan judul Pipa PEX untuk keperluan pengolahan air.

Selang
Tentang Selang Secara Umum
selang - hose, selang air ( water hose )

Selang – Hose, adalah pipa dengan bentuk lentur yang umumnya digunakan sebagai saluran air ( cairan lain ) atau saluran udara dalam plumbing system.

Selang umumnya difungsikan sebagai saluran distribusi pada sistem pemipaan selain Pipa Air.

Khusus dalam kaitan dengan bidang Plumbing System, Pengolahan Air ( water management ) & Pemeliharaan air ( water treatment ), selang dapat dibedakan berdasarkan tujuan penggunaan. Tujuan penggunaan, seperti berikut :

  1. Untuk Penggunan Fluida Cair, disebut Selang Air
  2. Untuk Penggunaan Fluida Gas, disebut dengan banyak istilah , diantaranya :

Pada Prinsipnya kedua jenis tujuan penggunaan diatas dapat menggunkan barang yang sama, hanya faktor Tekanan ( pressure ) Serta Jenis dan karakteristik Fluida perlu mendapat perhatian khusus, selain ukuran diameter yang tersedia.

Jadi perlu mendapat perlu mendapat perhatian jika fluida yang digunakan bukan air atau bukan udara atau oksigen biasa. Misalkan jika digunakan untuk cairan bahan kimia ( cair ) atau gas tertentu seperti Gas Klorin dan lain – lain ( bukan udara biasa atau oksigen )

Sedangkan berdasarkan bahan dasar banyak macamnya diantaranya :

Setiap selang mempunyai kelemahan dan kelebihan masing – masing serta memiliki karakteristik yang membedakan antara satu jenis dibandingkan dengan Jenis lainnya. Adakalanya antara satu jenis dengan jenis lainnya bisa saling lebih unggul dalam penggunaan yang berbeda.

Berikut beberapa contoh Produk baik yang difungsikan sebagai selang udara ( air hose ) maupun selang air ( water Hose )

Hal Terkait Selang

Jenis – Jenis Selang
selang aerasi - jenis silikon

Selang Aerasi, selang untuk keperluan penggunaan sebagai selang udara, pada bidang water treatment terutama pada bidang perikanan, sebagai perlengkapan pendukung aerator ( alat aearasi ).

Produk jenis ini terutama di kalangan hobbies aquarium dan kolam ikan, juga sering disebut dengan selang gelembung, selang air stone ( untuk disambungkan dengan air stone ), selang air pump, selang aerator akuarium,selang oksigen, serta nama istilah sebutan lain.

Sedangkan dalam pengertian dalam plumbing system , Selang aerasi adalah selang yang digunakan sebagai selang udara ( selang saluran udara / fluida gas ), dengan jenis / bahan silikon yang disebut selang silikon. Yang dibicarakan disini adalah selang udara yang berkualitas baik, namun dipasaran berdasarkan pengalaman penulis banyak juga yang menggunakan selang air dengan ukuran kecil atau sering disebut dengan istilah selang pvc.

Secara prinsip tehnis untuk Jenis penggunaan ini dapat menggunakan beberapa jenis selang, yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan jenis gas / udara untuk proses aerasi dimaksud. Diantaranya seperti :

Sedangkan untuk karakteristik Produk Ini dengan kualitas baik, seperti pengertian bidang perikanan, terutama hobies perikanan, sama persis dengan karakteristik selang silikon. ( bisa di lihat pada laman Selang Silikon )

selang air

Selang Air, adalah pipa panjang yang lentur, dibuat untuk menyalurkan air ( bahan berbentuk cairan ) dalam pengertian bidang plumbing system.

Selang air, sesuai dengan apa yang dipahami masyarakat umum, adalah selang untuk digunakan untuk menyalurkan air. Berbentuk seperti terlihat pada gambar pada umumnya terbuat dari bahan utama jenis PVC ( (PolyVinyl Chloride) sejenis dengan bahan utama pipa PVC.

Sedangkan Selang sendiri banyak jenis dan penggunaan lainnya. seperti : Selang oksigen, selang benang, selang ulir, selang kawat, selang silikon, dan lainya. Untuk lebih terperinci terkai hal ini bisa kunjungi laman Selang – Hose.

Dengan banyaknya produk ini yang beredar dipasaran dengan beragam merek dan kualitas, secara umum produk ini memiliki karakteristik tersendiri, diantaranya sebagai berikut : ( dengan batasan selang PVC ) :

  • Cukup untuk pemakaian skala ” Domestik Normal ” , kebutuhan sehari – hari umum.
  • Mudah Sobek ( pecah ) karena kaku
  • tidak terlalu tahan terkena sinar matahari secara terus menerus
  • Rendah resistensi terhadap tekanan
  • Tersedia banyak dipasaran dengan range harga dan kualitas yang lebar.

selang benang - selang air

Selang Benang, selang yang terdapat rajutan benar dalam bidangnya tubingnya, yang berfungsi untuk memperkuat resistensi terhadap tekanan. Salah satu jenis selang atau selang air dalam pengertian bidang plumbing system .

Untuk kebutuhan penyaluran air, dengan tujuaan penggunaan yang mengharuskan memiliki resistensi tekanan yang lebih tinggi bisa menggunakan selang karet ( ukuran diameter kecil ) , selang kawat atau selang ulir untuk kebutuhan diameter yang lebih besar.

Sedangkan kebutuhan yang tidak diperlukan resistensi tekanan bisa menggunakan selang air biasa atau selang pvc.

Untuk kebutuhan khusus untuk penyaluran fluida selain air biasa ( misalkan mengandung kimia tertentu ) bisa menggunakan selang silikon.

Sedangkan Karakteristik selang benang diantaranya sebagai berikut :

  • Cukup tahan terhadap resistensi tekanan yang rendah
  • Kurang tahan terhadap klorin dan sejenis
  • Pada umumnya terbuat dari bahan “clear” mudah untuk memantau cairan.
  • tersedia cukup banyak dipasarakan dengan range ukuran yang variatif. pada umunya tersedia mulai 0.5 ” hingga 3 ” NPS.

Untuk jenis selang lain dan penggunaan lainnya bisa di lihat pada laman Selang – Hose

selang karet - sering digunakan untuk selang gas, selang angin, selang kompressor dan lain lain

Selang karet, selang ( hose ) yang terbuat dari bahan sejenis karet atau komposit sejenis karet baik alami maupun sintetis dalam pengertian bidang plumbing system.

Dalam bidang plumbing system selang jenis ini pada umumnya digunakan sebagai selang udara / selang gas, bukan sebagai selang air atau penyaluran fluida cair.

Selang jenis ini pada umunya tersedia ukuran kecil saja, mulai dari 1/16 ” hingga 5/8″ NPS, untuk jenis Selang Karet Benang ( terdapat jaringan benang penguat didalamnya ), untuk produk jenis ini biasa tersedia ukuran yang lebih dari 1 Inchi.

Sedangkan Karakteristik produk jenis ini antara lain :

  • mempunyai resistensi terhadap tekanan uang cukup baik
  • tahan terhadap gas tertentu, seperti elpiji ( gas – gas jenis LNG ), freon dan lain – lain
  • Tersedia ” fitting press ” sehingga mudah untuk pemakaian pada tekanan yang cukup tinggi.
  • Cukup tahan terhadap panas, untuk pemasangan pada daerah bersuhu tinggi, tersedia banyak jenis isolator yang tersedia dipasarn.

selang kawat - jenis selang

Selang kawat, adalah jenis selang yang dalam bidang tubingnya terdapat rajutan bahan sejenis kawat, yang berfungsi meningkatkan resistensi terhadap tekanan ( presure ) untuk menjalankan fungsinya sebagai penyalur fluida gas ( selang udara ) maupun cair ( selang air ), dalam pengertian plumbing system.

Dalam Plumbing system secara umum ( tampa melihat brand dan harga yang menyangkut kualitas produk ), dalam penggunaannya selang ini dapat digunakan sebagai selang udara maupun selang air, yang mempunyai resistensi cukup tinggi terhadap tekanan ( pressure ). Jenis selang ini merupakan pengembangan dari selang benang, yang resistensi terhadap tekanan lebih ditingkatkan.

Sedangkan karakteristik selang jenis ini antara lain,

  • tahan terhadap tekanan yang lebih tinggi
  • lebih fleksibel dibandingkan jenis selang lain yang sejenis ( selang Ulir )
  • umumnya berwarna bening ( mudah dalam pemantauan fluida )
  • Keberadaan Produk cukup sulit dipasaran, terutama di daerah kota – kota kecil
  • Harga yang cukup tinggi dibanding produk sejenis ( selang benang & Selang Ulir )
  • beberapa brand tahan terhadap klorin, dan beberapa jenis kelompok bahan kimia ( tergantung merek )

Selang Olie, tube yang dibuat atau dirancang untuk digunakan menyalurkan olie / oli. Banyak jenis dari selang jenis ini, dalam hal berbagai bidang seperti outomotif hingga Plumbing System.

Pada dasarnya jenis selang ini hanya mengacu pada fungsi penggunaan yang spesifik pada olie ( oli ). Sedangkan ragam dan macam nya sangat banyak dan variatif tergantung bidang penggunaan, yang disesuaikan dengan bahan pembuat selang dimaksud. Pada umumnya bisa berupa :

Sedangkan dalam plambing system, selang olie sering kali dipergunakan untuk pada bidang water treatment khususnya pada pengolahan limbah , untuk air limbah yang mengandung bahan hidrocarbon dan sejenis yang umumnya, tidak dapat emnggunakan jenis selang air biasa.

Ada beberapa bahan / jenis selang yang sesuai untuk penggunaan ini, misalkan selang silikon. Sedangkan untuk karakteristik Produk jenis ini haruslah tahan terhadap olie dan batasan suhu sesuai bidang penggunaan. Karakteristik lain sesuai masing – masing jenis bahan selang yang digunakan, hal ini bisa di lihat pada laman Selang – Hose.

selang silikon - jenis selang

Selang Silikon, selang yang terbuat dari bahan Silikon atau sejenis. Dalam penggunaan bidang plumbing system, selang ini digunakan untuk selang air maupun selang udara, untuk bidang perikanan selang ini juga dikenal dengan selang aerasi.

Selang jenis ini digunakan dalam skala yang cukup luas, mulai dari kebutuhan medis dan pharmatical hingga water treatment maupun perikanan.

Untuk penggunaan skala phamatikal dan medis, yang membedakan hanya pengemasan dan pelaksaan produksi yang menitik beratkan pada faktor sisi higienis.

Untuk sektor water treatment dan perikanan selang jenis ini sering juga disebut sebagai selang aerasi, karena umumnya digunakan untuk perlengkapan aerator.

Selain penggunaan tersebut diatas selang ini sering juga digunakan sebagai saluran distribusi cairan bahan kimia.

Karakteristik selang ini cukup kuat, diantaranya sebagai berikut :

  • cocok untuk penggunaan outdoor yang terkena sinar matahari langsung ( berdasarkan pengalaman cukup tahan diatas 5 tahun, hanya berubah menjadi sedikit kaku dan kelenturan berkurang )
  • cukup ulet dan lentur, tidak pecah jika terjepit atau tertindih barang berat sekalipun.
  • Tahan terhadap banyak jenis bahan kimia
  • terbatas dari sisi ukuran yang tersedia dipasaran, sehinnga terkadang perlu melakukan penyesuaian ukuran
  • kurang tahan tekanan tinggi.

Untuk karakteristik selang jenis lain, atau alternatif pilihan jenis selang yang dapat digunakan sebagai alternatif jenis ini, bisa di lihat pada laman Selang – Hose.

selang udara - selang ducting - saluran ducting
Selang Ducting

Selang udara, adalah jenis selang untuk pendistribusian udara. Dalam pengertian masyarakat umum, seringkali yang dimaksud adalah selang ducting seperti terlihat pada gambar.

Selang ducting sendiri, banyak sekali jenis dan variaan yang tersedia dipasaran, mulai dari bahan sejenis kertas, bahan sejenis plastik, bahkan bahan sejenis logam.

Sering kali juga, yang dimaksud produk ini dalam pengertian masyarakat awam adalah produk yang umumnya, disebut sebagai selang angin, selang kompressor. seperti terlihat pada gambar – gambar berikut dibawah ini.

Sedangkan dalam bidang plumbing system adalah selang yang berfungsi sebagai penyalur – Distributor udara-gas pada water treatment atau pengolahan air lainnya.

Pada umumnya adalah selang aerasi atau selang karet untuk aerasi bertekanan tinggi, seperti untuk komponen chiller dan heater. Yang bentuknya seperti gambar di bawah ini.

Untuk karakteristik jenis selang ini bisa dilihat pada laman masing – masing selang, selang silikon, selang karet, atau pada laman selang – hose untuk alternatif pilihan jenis selang lainnya.

selang air - selang ulir

Selang Ulir, jenis selang yang digunakan sebagai selang air yang pada bidang tubingnya terdapat ulir yang berfungsi sebagai penguat selang terhadap resistemsi tekanan ( pressure ) dalam bidang plumbing system.

Selang ini umumnya digunakan dilingkungan outdoor sebagai saluran air yang cukup tinggi dari sisi volume dengan tekanan cukup tinggi. Ada beberapa jenis selang lain yang mempunyai kedekatan karakter dengan selang jenis ini, yaitu selang benang dan selang kawat.

Sedangkat karakteristik produk ini antara lain, :

  • tersedia cukup banyak dipasaran
  • sangat kaku sehingga mudah pecah jika terlindas atu tertindih barang berat
  • Sulit untuk disambung jika tidak memiliki fitting dengan ukuran pas ( kaku )
  • cukup resisten terhadap suhu agak tinggi
  • Mampu mengakomodasi tekanan yang lumayan tinggi ( maksimal tergantung merek dan kualitas )
  • Kurang tahan terhadap bahan kimia tertentu

Untuk perbandingan karakteristik dengan jenis selang lainnya dapat di lihat pada laman Selang – Hose .

Valve

Valve, sebagai perangkat pengaturan water managemant, tersedia dengan banyak macam sistem dan varian agar dapat dipergunakan secara efektif & efisien. Diantaranya adalah :

tussen nama lain foot valve
Tussen

Foot Valve, dikenal juga dengan nama tussen klep, tussen valve, atau tussen saja. Adalah valve yang umumnya dipakai pada pompa air pada bagian saluran suction , agar air tidak keluar kembali dan pompa air bisa langsung jalan.

Valve ini sebenarnya merupakan check valve ( one way valve ) yang mengunakan penggerak pegas, sehingga bisa diposisikan secara vertikal.

swing valve - check valve

Swing Valve, adalah jenis valve, berdasarkan model type cara kerja katup dalam menjalankan fungsinya, yang menggunakan sistim katup ayun ( swing ).

Swing valve, salah satu diantara beberapa model lainnya seperti gate valve, ball valve, butterfly valve.

Sistem ini sering digunakan pada check valve, tersedia dengan banyak macam varian ukuran maupun bahan dasar pembuatan untuk tujuan yang bersifat khusus.

Valve berpenggerak Air / Cairan, jenis valve yang pemicu atau tenaga penggeraknya mengunakan tenaga air atau Cairan ( tenaga mekanis air / cairan ) untuk menggerakkan katup.

Sebagai contoh diantaranya :

check valve - valve berpenggerak cairan
Valve digerakkan cairan, yang berfungsi sebagai WLC ( water level control )

Valve jenis ini pada umumnya merupakan valve fungsional, selain valve yang pada umumnya digerakkan manual, tenaga listrik, maupun tenaga tekanan udara.

ball valve

Ball Valve, jenis valve yang sistem katupnya menggunakan katup berbentuk bulat yang mirip bola ( ball ) oleh karenanya disebut Ball Valve. Selain sistem ini ada juga sistem gate valve dan butterfly valve.

Valve jenis seperti ini paling sering digunakan, tersedia banyak pilihan ukuran maupun bahan dasar valve, seperti Kuningan, Valve PVC, dan lain – lain.

Selain hal tersebut tersedia juga variasi dari sisi jumlah saluran / jalur valve, seperti three way valve, multy way valve.

Ada beberpa model type valve yang lain seperti Gate valve, butterfly Valve.

gate valve

Gate Valve, adalah jenis valve berdasarkan model sistem kerja katup, yang menyerupai gate ( gerbang ) sehingga disebut gate valve. Katup bergerak ke atas – kebawah ( lurus ) untuk menjalankan fungsinya membuka dan menutup, dalam plumbing system

Jenis valve ini seringkali digunakan sebagai valve yang berfungsi sebagai pengatur ( regulator ) karena bersifat lebih stabil dibanding jenis model type valve yang lain, seperti ball valve dan butterfly valve

Butterfly Valve, jenis valve yang sistem katupnya memiliki bentuk seperti sayap kupu kupu ( butterfly ) oleh karenanya disebut sebagai gate valve. Ada juga sistem lain seperti ball valve dan gate valve yang sering digunakan di bidang plumbing system dalam water maintenace ataupun water management.

butterfly valve
butterfly valve

Nama Jenis Valve Berdasarkan Saluran, ada beberapa nama jenis atau penamaan valve berdasarkan jumlah saluran ( way ) yaitu :

Topik Artikel

Multy Way Valve, adalah jenis valve yang memiliki total lebih dari tiga saluran. Tergantung dari jenis masing – masing valve, jumlah saluran ( way ), design dan lain – lain, valve jenis ini memiliki banyak pengaturan output yang bisa diatur. Jadi valve ini memiliki jalur lebih dari tiga, jika hanya memiliki jalur disebut three way valve

Selain juga dapat dibedakan bersarkan posisi pengontrol, maupun berdasarkan type jenis katup ( valve ) dan lain – lain.

multy way valve
multi way valve
multi way valve
multy way valve

Selain berdasarkan type jenis katup, valve juga dapat dibedakan berdasarkan tenaga penggerak. dan pengklasifikasian valve lainnya.

three way valve

Three Way Valve, adalah valve yang memiliki tiga saluran, satu saluran masuk ( input ) dan dua saluran keluar ( out ) yang dapat dipilih untuk satu jalur output ( output bergatian ). Jadi jika satu jalur outpun terbuka, jalur yang satunya tertutup dan sebaliknya.

Berdasarkan jumlah saluran valve, terdapat jenis valve lainnya seperti inline valve, multy way valve.

Inlinetwo way valve , adalah valve yang hanya memiliki dua jalur, yakni jalur keluar ( output ) dan jalur masuk ( input ), oleh karenanya disebut Two way Valve. Karena pada umunya valve jenis ini digunakan pada jalur saluran ( line ), atau memotong garis ( line ) sering juga disebut inline Valve atau inline Two way valve, sering juga disebuat straight way valve.

Valve jenis ini paling umum dan paling banyak digunakan. Tersedia dengan banyak pilihan macam bahan dasar valve, maupun berdasarkan jenis katup ( gate valve, ball valve, butterfly valve ), dan berdasarkan klasifikasi valve lainnya.

two way valve
long nec valve - two way valve

Berdasarkan jumlah saluran / berdasarkan jumlah way, ada valve jenis lainnya seperti multy way valve, three way valve.

Banyak type valve sesuai pengklasifikasiannya, seperti berdasarkan Posisi Normal, selain pengklasifikasian valve lainnya, terkait bidang plumbing system dalam design pengelolaan air.

Water Valve & Cairan Lain. Water Valve atau dikenal umum sebagi Kran Air, merupakan jenis valve yang paling banyak digunakan mulai dari skala domestik, hobby, tehnik, hingga skala industri ( industrial ). Water Valve yang memiliki spesifikasi khusus sehingga dapat kompatibel untuk digunakan untuk fluida cair selain Air, dapat sering disebut Liquid Valve.

Untuk pemakaian skala domestik dan beberapa bidang lain sering dikategorikan sebagai peralatan plumbing system atau perlengkapan plumbing system.

Skala Domestik

Untuk Skala domestik ( lebih dikenal dengan istilah Kran Air ) memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda tergantung fungsi spesifik yang dimaksudkan, misalkan

  • Sanitary

Skala Industrial & Tehnik

Untuk Skala pemakaian industrial dan tehnik, banyak jenis, model, type, serta tujuan penggunaan khusus, serta tersedia dalam banyak variasi ukuran. Tengtang bidang penggunnan ini bisa di lihat secara khusus tentang valve pada laman Valve

selenoid valve - Selenoid Valve DC

Selenoid Valve, adalah valve yang berdasarkan pemicu penggerak valve yang digerakkan oleh tenaga listrik. Tenaga listrik yang dimaksud bisa berupa tenaga listrik satu arah ( DC ), maupun tenaga listrik bolak balik / dua arah( AC ).

Oleh karena sumber listrik tersebut diatas adakalanya orang menyebut Selenoid Valve DC untuk valve yang digerakkan oleh arus listrik satu arah ( DC ) dan Selenoid Valve AC untuk valve yang digerakkan oleh tenaga listrik AC ( arus bolak – balik ).

Valve jenis ini berdasarkan jenis fluida bida digunakan untuk fluida cair ( air ) maupun Gas ( udara ).

PVC ball valve - ball valve ber bahan pvc dengan operasional manual ( manual valve )

Valve Manual, adalah kutup ( valve ) yang membuka dan menutupnya harus digerakkan secara manual biasanya dengan bantuan tenaga manusia.

Disebut valve manual karena berdasarkan pemicu penggerak valve yang harus di operasikan dengan bantuan tenaga manusia ( manual ).

Untuk sistem kerja katup, valve manual ini tersedia dalam hampir semua jenis sistem valve, seperti ball valve, gate valve, butterfly valve, dan lain.

check valve kuningan untuk fluida cair

Check Valve, adalah jenis katup / valve yang berfungsi sebagai regulator, agar fluida baik gas maupun udara hanya dapat bergerak ke satu arah ( tidak bisa berbalik arah ). oleh karena tersebut valve ini sering juga disebut one way valve.

Dari jenis pemicu penggerak valve, valve ini digerakkan oleh udara ( jika digunakan untuk regulator fluida udara / gas ) atau air ( cairan ) jika digunakan pada fluida Cair.

Berdasarkan sistem katup valve ini umumnya tersedia type model swing valve maupun Ball Valve.

Selenoid valve - normally closed ( kondisi normal valve )

Kondisi Normal Valve, yang dimaksud kondisi normal valve adalah keadaan valve ( katup ) dalam keadaan kondisi normal tampa dihubungkan dengan tenaga pemicu valve. Hal ini berlaku untuk jenis apa saja kecuali Manual Valve

Dalam Kondisi Normal Valve dapat dibedakan menjadi dua jenis,

  • Normally Closed ( NC )
  • Normally Open ( NO )

Normally Closed, adalah jenis Valve yang dalam keadaan normal, tampa dihubungkan dengan pemicu atau penggerak katup dalam keadaan tertutup ( closed )

Sedangkan Normally Open Sebaliknya, Valve yang dalam keadaan normal, tampa dihubungkan dengan pemicu atau penggerak katup dalam keadaan terbuka ( Open )

Pneumatic Valve

Pneumatic Valve adalah Valve / katup atau dalam bahasa umum sering disebut kran atau valve untuk pengaturan saluran udara atau gas ( fluida bentuk gas )

Untuk Pneumatic Valve terdapat banyak jenis dan macamnya. Berdasarkan pemicu penggerak valve, ada yang valve manual, selenoid valve ( digerakkan digerakkan listrik ), atau digerakkan oleh udara / gas ( tekanan udara / tekanan gas ).

Sedangkan berdasarkan jenis sistem katup ada banyak macam, diantaranya ball valve, gate valve, butterfly valve.

Untuk Pemicu penggerak valve udara atau gas, dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni Single Acting Actuator dan Double acting actuator.

Water Level Control ( WLC )

Water level Control atau sering disingkat dengan istilah WLC, adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat pengontrol ketinggian level air. Ada banyak macam jenis WLC diantaranya adalah seperti berikut dibawah ini.

Floating WLC Swith, Floating Water Level Control Switch , adalah WLC ( water level control ) yang menggunakan pelampung ( floating ) yang berfungsi untuk memutus atau menyampungkan arus listrik ( berfungsi sebagai saklar / swith ).

Oleh karena fungsi diatas WLC ini sering juga disebut dengan bebera istilah lain, seperti Water Level Switch ( WLS ), Floating Switch, Radar Air / radar tandon air, dan beberapa nama dan istilah lain untuk floating water level control switch.

Sistem Cara Kerja

floating switch , salah satu jenis WLC

Metode kerja sistem ini cukup sederhana, perangkat pelampung berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi ketinggian air, dengan menggunakan prinsip masa jenis cairan dan atau udara.

Sesuai dengan pengaturan ketinggian yang diinginkan, setelah tercapai ketinggian dimaksud, sistem pelampung akan memberikan aksi secara mekanis untuk menggerakkan switch ( saklar ) untuk menyambungkan – memutus arus listrik. ( penggerak mekanis )

Sedangkan sistem pelambung seperti dimaksud diatas, ada banyak macam type pelampung yang digunakan,

  • pelampung biasa, yang menjadi pemicu pelampung itu sendiri
  • Sistim Bola Bergerak ( Bola Mekanis ), Pelampung berupa sistem Swith yang kerja nya dipicu oleh bola yang bergerak dalam sistem pelampung.
  • Sistem Magnet, Pelampung diisi magnet untuk menggerakkan batang diode didalam pelampung. jadi pada level tertentu pelampung bergerak untuk menarik atau melepas diode ( umumnya lidi diode lentur ) dengan gaya magnet.
  • dan lain lain
Pelambung Biasa
( pemicu pelampung sendiri )
water level Switch
Pelambung Bola Mekanis
Pelampung Magnet

Jadi sistem floating WLC swith ini salah satu jenis WLC selain Floating WLC Valve, maupun Floatless WLC.

Untuk jenis WLC ini juga dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasaran point water level , :

  • Single Point Water Level Control
  • Double Point Water Level Control

Single Point Water Level Control

Single Point Water level, jenis WLC dengan satu titik ( point ) level air sebagai parameter. Jadi Saklar ( swith ) akan menyambungkan / memutuskan arus pada batas level tersebut.

Contoh Produk WLC Singgle Point Level Control

magnetic WLS, singgle point water level
Floating WLS, singgle point water level
WlS, Water Level Switch single point water level

Double Point Water Level Control

Double Point Water Level, jenis WLC dengan dua titik ( point ) level air sebagai parameter. Jadi satu titik sebagai maksimal water level, satu lagi sebagai minimum water level ( level minimal air ). pengaturan swith tergantung penggunaan nya sebagai souce atau drainage .

Contoh Produk WLC Double Point Level

magnetic double point water level
WLC , Double Point Water Level
radar air tandon air
dikenal dengan nama Radar Tandon Air

Perlu diketahui disini bahwa Double Point Water Level atau Single Point Water level, berbeda tidak sama dengan apa yang disebut Single WLC ( single Water Level Contol ) dan Double WLC ( double Water Level Control )

Floating WLC Valve, Floating Water Level Control Valve, adalah jenis WLC ( water level Control ) yang menggunakan pelampung ( floating ) yang berfungsi untuk membuka atau menutup Valve dengan tenaga mekanis air ( berfungsi sebagai Valve ).

Ada juga jenis WLC yang prinsip kerjanya sama hanya berfungsi sebagai switch, Floating WLC Switch ( floating water level control Switch )

Sistem Cara

Metode kerja sistem ini sederhana, perangkat pelampung berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi ketinggian air, dengan menggunakan prinsip masa jenis air / cairan dan atau udara untuk menimbulkan tenaga penggerak untuk membuka atau menutup Valve.

Produk ini sering juga disebut atau dikenal dengan beberapa nama istilah lain seperti, pelampung tandon, pelampung tandon air, Valve WLC, dan beberapa nama dan istilah lain.

Jenis Sitem Lain

Sistem ini merupakan alternatif yang lebih sederhana dari jenis WLC ( Water Level Contol ) yang lain seperti Floating WLC Switch ( floating water level control switch ) atau Floatlees WLC ( floatless Water Level Control )

Contok Produk

Floating WLC Valve,
Floating water level control switch
Pelampung tandon air, jenis Floating WLC Valve

Floatless WLC, adalah jenis WLC ( water level Control ) yang tidak menggunakan pelampung ( floatless ) sebagai pemicu atau tenaga penggerak. Sistim pelampung digantikan oleh diode.

Banyak jenis diode yang bisa digunakan, yang palaing digunakan adalah batang / stick stainless stell, hal ini mungkin karena bahan ini cocok digunakan untuk cairan karena tahan karat. Selain faktor ketersedian produk dipasaran.

Floatless water level control ini sebenarnya merupakan pengembangan dari Floating WLC switch ( Floating water level Control Switch ) untuk pemakaian yang bersifat lebih komplek.

Sistem Cara Kerja

Untuk WLC jenis ini menggunakan diode sebagai detector level air. Yang kemudian mengirim sinyal secara elektronik ke mikro controller yang befungsi untuk memproses sinyal listrik untuk menentukkan perangkat harus dalam posisi on atau off ( fungsi semacam auto switch )

WLC ini menggunakan two point water level ( dua titlk level ketinggian air, untuk penjelasan tentang hal ini bisa dilihat pada laman Water Level Control Switch ) . Perangkat ini menngunakan tiga diode, untuk mengukur level ketinggian air.

  • Diode pertama untuk maksimal level
  • Diode ke dua pengaturan level penyesuai ( titik medium )
  • Diode ke tiga untuk Grouding, bisa juga digunakan untuk fungsi lain, seperti fungsi deteksi obnormal system dan lain – lain.

diode WLC ( water level control )
Diode Stick
Mikro Control WLC ( water level Control )
Mikro Controller WLC

Dari beberapa jenis WLC yang lain seperti Floating Valve WLC, atau Floating Switch WLC, sistem ini lebih akurat dan lebih responsif.

Untuk produk merk tertentu yang cukup dikenal biasa nya menyertakan brosur berupa sistem logika koontroler, sehingga bisa di integrasikan dengan sistem lain selain fungsi control level air. Misalkan jika digabungkan dengan sistem elektrolisa dan lain – lain.

Dipasaran banyak tersedia berbagai macam type sebagai alternatif pilihan. Mulai dari sistim WLC tunggal ( single Water level ControlSWLC ) maupun Double Water Level Control ( DWLC ), hingga tingkat sensitifitas, dan lain lain.

Singgle Water Level Control

Single Water Level Control, adalah sistim kontrol pada satu sisi bagaian. bisa pada sisi Penampungan untuk sistem water suplly atau sisi sumber air untuk sistim water drainase.

Double Water Level Control

Double Water Level Control, adalah sistem deteksi pada dua sisi bagaian ( sisi sumber air dan sisi penampungan ).

Contoh : Pemakain untuk pengaturan pemindahan air dari tandon air bawah tanah ke Tandon air di atas atap rumah menggunakan pompa air. untuk kasus ini dengan menggunakan double water level control, akan tercipta kondisi sebagai berikut :

  • pompa air akan berhenti menyala jika tanggi air di atas rumah penuh
  • Akan menyala kembali jika ketinggian air pada tangki air di tas rumah, dibawah level medium ( dibawah diode kedua )
  • Setinggi apapun level ketinggian air di tangki air atas rumah, pompa tidak akan menyala, jika level ketinggian air pada tandon bawah tanah dibawah level medium ( di bawah diode kedua )
  • fungsi ini bertujuan untuk melindungi Pompa air dari kerusakan.

Penggunaan WLC ini sangat fleksibel tergantung kreatifitas kita , untuk dikreasikan ke berbagai tujuan dan fungsi lain.

Jasa Water Design

Water Filtration System Design

jasa design pengolahan air limbah

design Pengolahan Limbah

Pengolahan limbah, jasa design pengolahan air limbah, untuk berberbagai limbah domestik, limbah intermediate, seperti hotel, restaurant(rumah makan), atau limbah industri berbagai jenis bidang industri. Untuk design pengolahan limbah anda dapat mempercayakan kepada kami, yang perlu dilakukan hanya, menyiapkan lokasi lahan dan alternatif jika ada.

Berdasarkan pengalaman yang ada, disamping penyiapan lahan, yang perlu disiapkan adalah rencana anggaran pembangunan instalasi pengolahan air limbah ( IPAL ) yang dikekendaki. Yang dimaksud disini adalah hasil dari IPAL. Hasil yang dimaksud disini adalah hasil standarisasi, benar – benar sesuai, cukup sesuai, atau hanya “sekedar“, hal ini menyangkut anggaran pembangunan ipal dimaksud.

Apapun Jenis, maksud, dan tujuan pembuatan IPAL yang dikehendaki, KAMI SIAP.

Bentuk / Format

  • Design Dalam bentuk / Format digital tiga dimensi dengan menggunakan soffware google sketup ( disertakan dalam bentuk freeware )
  • Ditambah dengan bentuk cetak untuk instruksi dasar untuk Pekerja Kolam ( tukang ) dan Lain – lain

Range Design

  • Design Layout ( design bentuk sesuai alokasi lahan )
  • Design system Secara keseluran & Sistem Elektrical ( Kelistrikan ) yang terintegrasi
  • Media Filter yang disarankan, disertai jumlah yang diperlukan
  • Peralatan & perlengkapan yang diperlukan disertai saran/contoh produk ( merk – type – dll )
  • Petunjuk Operasional Running System – Maintenance System ( Optional design )
  • Petunjuk Pembuatan Kontrol Panel Listrik
  • Tahapan Design & Waktu Yang diperlukan
  • Pengerjaan Awal Yang dikerjakan adalah sketsa layout ( dalam bentuk sketsa – olokasi lahan )

Selanjutnya design sistem dan lain lain, yang disesuaikan dengan layot yang telah disepakati.

Design Pengolahan Air Limbah , Total diperlukan waktu 2-4 minggu, terhitung sejak : layout disetujui dan semua data telah diterima. Tergantung tingkat kesulitan dan dan lain

Layout mulai dikerjakan sejak, Pembayaran efektif telah kami terima.

Water System Design

Tidak ada pos yang ditemukan.

Water Art Design

Design Perikanan

Tutorial & Referensi Tentang Air

Berikut beberapa referensi – tutorial – tips and trick terkait dengan pengolahan air dan pengolahan air limbah

Tujuan Penggunaan Berdasarkan tujuan penggunan sangat beda filter ...
Baca Selanjutnya
Sebenarnya ada perbedaan yang mendasar antara Kolam Hias ...
Baca Selanjutnya
Beda Single Acting Actuator dan Double Acting Actuator, ...
Baca Selanjutnya
Bio ball bolaBioball Bukan Saringan Bio ball, adalah ...
Baca Selanjutnya
Chemical Feeding, adalah usaha untuk menambahakan bahan kimia ...
Baca Selanjutnya