Bio Ball

Bio ball, adalah media filter untuk media dalam sistem filter air, terutama untuk sistem biologi dalam sistem operasional filter air. Media filter ini terbuat dari bahan jenis plastik dengan banyak type model yang umumnya berbentuk bulat ( bola ). Oleh karena hal itu sering juga disebut Bio Ball Bola, Bio Ball Model Bola.

Ada juga Jenis yang tidak seperti bola bentuk melainkan seperti bentuk buah rambutan. Jenis ini dinamakan Spike, sering juga disebut bio ball rambutan atau bioball spike.

Bioball ini fungsi utama nya untuk sistem biologi, tapi juga dapat dimaanfaatkan untuk sistem fisik pada kondisi dan trick tertentu pada sebuah sistem yang telah diatur sedemikian rupa.

Hal Utama Tentang Bioball

Sesuai dengan fungsi utama dari media filter ini untuk sistem biologi sebagaiman telah diuraikan di awal pada laman Media Filter. Yang Utama Tentang Bio ball dan yang paling penting selain faktor Kualitas Bahan Baku Pembuat, untuk memilih bio ball adalah :

Luas Permukaan

Luas Permukaan, merupakan hal yang paling penting dalam sistem biologi. Untuk model bola, faktor yang berpengaruh pada luas permukaan adalah Diameter, jumlah kisi, koefisien reduksi.

Koefisien Reduksi, adalah faktor atau hal hal yang dapat mengurangi luas permukaan. Misalkan ” Bio Ball Kawin” seperti terlihat pada gambar dan berapa faktor lain.

Penempatan Ruang

Salah satu faktor Bioball yang ideal adalah bentuk yang dapat efisien dalam penempatan ruang. Terutama dalam sistem filter modern yang lebih menuntut efisiensi pemakaian ruang. Secara umum lebih kecil diameter lebih ideal, ditentukan juga oleh ruang filter dan beberapa koefisien lain ( sampai diameter titik tertentu – Membentuk semacam kurva Parabola ).

Dengan luas permukaan individi bioball digambungkan dengan faktor penempatan ruang dikurangi dengan koefisien reduksi. BioBall yang baik membentuk Luas Permukaan yang lebih besar dengan volume ruang yang sama dibanding lainnya. Jadi akan menghasilkan hasil filtrasi sistem biologi yang lebih baik.

Salah satu bioball paling ideal yang ada dipasaran adalah BOLANO

Bioball Spike – Bioball Rambutan

Bioball Spike - Bioball Rambutan

Bioball spike adalah jenis bio ball dengan bentuk / model seperti buah rambutan, oleh karenanya sering disebut bioball rambutan, seperti terlihat pada gambar. ( klik gambar untuk zoom agara lebih jelas ).

Bioball jenis ini yang umum beredar di indonesia, sudah melenceng dari Design. Bioball jenis ini akan efektif dan memiliki permukaan yang luas jika “ rambutnya banyak atau lebat ” sehingga permukaan luas dan rapat.

Selain hal itu bioball jenis ini ini ” rambut ” nya inline dari bagian atas kebawah dan Berlubang Tembus kebawah. Dengan hal tersebut akan membentuk luas permukaan yang besar.

Namun produk jenis ini yang beredar dipasaran sudah botak, buntu juga. Dengan Spesifikasi produk yang sedimikian rupa media jenis ini kurang cocok lagi digunakan sebagai media filter jenis Biologi.

Jenis ini juga memiliki banyak kelemahan,

  • sulit untuk pemakaian pada skala besar. Karena pada umumnya pada skala besar, menempatkan media ini, perlu manusia untuk menata dengan menginjak media, sehingga media patah dan rusak.
  • Rambut mudah patah sehingga lifetime jadi pendek, dan ” patahan rambut ” juga sering kali mengganggu kinerja pompa air.
  • Dan lain – lain.

Namun bioball jenis ini juga memiliki kelebihan jika digunakan sebagai media filter tahap awal atau bagian depan ( front line ).

Sebagai contoh untuk IPAL rumah sakit untuk menangkap rambut dan patahan sisir, yang sering mengganggu kinerja pompa pada sistem ipal yang tidak menggunakan jenis slice impelller atau cutting impeller. Terutama terlolosnya buangan gigi manusia pada rumah sakit yang memiliki klinik gigi. Pompa dengan PK sedang saja tidak mampu melawan ini.

Atau pemakaian pada IPAL industri garmen untuk menangkap benang dan potongan kain kecil yang kerap menjadi kendala.

Jangan memilih bioball hanya berdasarkan gambar. Untuk biologi system Luas Permukaan HARGA MATI. Sarankan Penjual Jamu untuk tetap jualan jamu, Jangan jual Bioball.

tips n tricks