Ikan & Perikanan

Ikan & Perikanan - design system perikanan

Ikan Dan perikanan, dua hal yang berkaitan erat. Jika berbicara masalah ikan, akan berkembang ke dua hal yang serupa tapi tak sama. Ikan dapat mengarah pada ikan hias, untuk para peng hobby ikan hias. Baik ikan hias akuarium atau ikan hias kolam.

Berbicara Mengenai ikan hias akuarium, akan tidak ada habisnya, mulai dari akuarium sederhana, akuarium air laut, hingga aquascape. Untuk Kolam ikan, ikan koi adalah adalah raja kolam ikan.

Sedangkan dari sisi lain, perikanan akan mengarah pada bisnis perikanan, yang secara garis besar akan dapt dikelompokkan, menjadi :

  • Perikanan Laut
  • Perikanan Air Payau
  • Perikanan Air Tawar atau dikenal dengan istilah Perikanan Darat

Perikanan Laut

Untuk perikanan laut, akan menyangkut banyak hal hingga ke masalah politik. Sedangkan dari peralatan & perlengkapan hanya terbatas pada kapal / perahu dan alat tangkap.

Perikanan Air Payau

Untuk perikanan Air Payau, sudah pasti akan mengarah pada yang namanya tambak. Yang paling umum dan populer adalah tambak udang, bandeng, dan lain – lain. Untuk peralatan dan perlengkapan memeiliki kesamaan dengan perikanan air tawar atau perikanan darat

Perikanan Darat – Perikanan Air Tawar

Berbicara mengenai perikanan air tawar atau perikanan darat, hanya akan mengarah pada dua hal terkait dengan akuarium / aquarium, kolam ikan, dengan beberapa wahana pengganti seperti bak fiber, kolam terpal, dan lain – lain.

Namun Jika berbicara mengenai Kolam atau akurium, tidak akan lepas dari peralatan, perlengkapan & aksessories.

Parameter Kualitas Air

Untuk parameter atau kualitas air perikanan atau sering juga di sebut baku mutu air, secara umum dapat dijabarkan sebagai berikut,

Baku Mutu Air

air

kualitas air atau mutu air adalah kondisi kualitas air yang diukur dan atau diuji berdasarkan parameter-parameter tertentu dan metoda tertentu. Hal ini umumnya disebut sebagai BAKU MUTU AIR. Metode pengukuran Sangat berpengaruh disini. Standarisasi mutu air tergantung pada pedoman standarisasi apa dan dimana.

Apa ? Setiap bidang mempunyai standarisasi yang berbeda. Dimana ? setiap negara mempunyai standarisasi yang berbeda di setiap bidangnya, walaupun beberapa negara menetapkan standarisasi yang sama.

Sebagai orang awam lebih bijak menentukan standar / BAKU MUTU AIR sendiri, sesuai
dengan keperluan dan Strategi penggunaan sendiri dengan batasan TIDAK MELANGGAR UNDANG – UNDANG YANG BERLAKU.

Mengapa ini lebih bijak ? Berdasarkan pengalaman penulis, terlalu banyak yang di tanyakan secara sangat detail dan sangat tehnis oleh pelanggan awam,mengenai baku mutu air, dan tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk memahami secara tehnis mendalam.

Sebagai contoh standarisasi kualitas baku air untuk perikanan. Baku atau standarisasi mana yang ditanyakan ?

Menurut undang – undang negara kita ?

misalkan katakanlah standartnya ” x ” apakah benar atau dijadikan pedoman kualitas air perikanan ? Ya, tapi perikanan secara umum, tapi tidak untuk perikanan sistem intensifikasi (misalkan, katalah untuk intensifikasi memerlukan “X2” )

Apakah untuk sistem intensifikasi memerlukan standart ” x2 ” ? Belum Tentu. Setiap jenis ikan memerlukan titik minimal tertentu untuk optimal dalam intensifikasi. Contoh untuk intensifikasi ikan lele akan beda dengan ikan hias. ( katakanlah untuk ikan hias memerlukan “x3” )

Apakah baku / standart “X3″ bisa dijadikan standart intensifikasi ikan hias ? belum tentu standarisasi minimal ikan koki berbeda dengan ikan koi ( katakanlah untuk ikan koi memerlukan minimal ” x 4 ” ).

Apakah standart ” X 4 ” bisa dijadikan minimal standart intensifikasi ikan koi ? belum tentu, untuk ikan koi kelas pasaran mungkin tapi untuk ikan koi kelas atas / kontes berbeda. Dan begitu seterusnya.

Hanya degan bertanya apalagi via telpon apalagi hanya via chatting, 1-2 jam anda berharap mengusai kualitas baku mutu air ? Jika yang melakukan itu orang sekelas albert einsteins penemu teori realatifitas ( yang konon manusia dengan IQ tertinggi ) belum tentu dapat menguasai. Bertindak bijakkah anda ?

Kelas Standarisasi Umum

Secara Umum standarisasi air dapat dikelaskan berdasarkan kasta / tingkatan penggunaan. Dimulai dari yang tertinggi, adalah sebagai berikut :

  1. Penggunaan farmatikal ( air murni-aquades )
  2. Air Minum
  3. Sarana Rekreasi, misalkan kolam renang dan sejenis
  4. Perikanan
  5. Pertanian
  6. Penggunaan Umum Lain
  7. Hasil Olahan IPAL

Parameter Kualitas Air

Sedangkan untuk parameter kualitas air secara umum, yang dijadikan pedoman adalah sebagai berikut : ( untuk parameter air untuk keperluan tertentu, perlu menambahkan paramter khusus, contoh kolam renang, memerlukan parameter kandungan klorin )

  1. Suhu – Temperatur
    Pengukuran menggunakan thermometer, umumnya menggunakan celcius (sebagai satuan internasional), atau satuan farenheict yang banyak di pergunakan pada peralatan yang dijual di pasaran.
  2. pH – derajat keasaman
    derajat keasaman air, menunjukkan kondisiasam atau basa. Netral memiliki nilai pH 7, pH <7 asam , pH > 7 basa
  3. DO (Dissolved Oxygen / DO) – Oksigen Terlarut
    kadar oksigen terlarut dalam air, pengukuran menggunakan do meter
  4. Salinity – Salinitas / kadar Garam
    kandungan kadar garam dalam air ( tingkat kandungan garam ), pengukuran menggunakan salinity meter, mengunakan salinity refraktometer
    atau ada juga dengan metode diode ( digital )
  5. TDS ( total disolved Solid )
    kadar zat padat terlarut dalam air, pengukuran mengunakan TDS meter
  6. Hardness – Kesadahan ( kekerasan )
    umunnya menggunakan satuan unit dGH (degrees of German total Hardness)
  7. Alkalinitas
    Konsentrasi total dari unsur basa-basa yang terkandung dalam air,
    Umumnya menggunakan satuan mg/L atau ppm. Pengukuran dapat dilakukan dengan metode titrasi
  8. Viscosity – Viskositas
  9. Clarity – Kecerahan( kejernihan )
    kemampuan cahaya menembus air, biasanya menggunakan satuan %.
    Pengukuran dapat menngunakan Seccchi dish. Untuk keperluan tertentu,
    dengan metode tertentu, dapat menggunakan lux meter.
  10. kandungan Organik / Biologis / mikroarganisme
    banyaknya kandungan unsur organik
  11. kandungan anorganik
    banyaknya kandungan unsur anorganik, seperti unsur logam , dll
  12. Dan lain – lain

Topik Artikel

Menjaga Kualitas Air

Untuk keberhasilan pemeliharaan ikan dalam bidang perikanan, menjaga kualitas air adalah tindakan yang penting untuk diperhatikan.

air

Untuk menjaga kualitas air dalam pemeliharaan ikan dapat dilakukan dengan cara – cara yang sesuai dan efektif. Adapun cara memelihara kualitas air dapat dilakukan sesuai dengan sistem yang digunakan dalam pemeliharaan ikan dalam usaha yang kita lakukan. Baik sekedar ikan peliharaan untuk sekedar hobbby atau untuk budidaya perikanan untuk keperluan usaha bidang perikanan. Kualitas air diperlukan untuk mencapai tujuan peningkatan nilai dan menghindari penyakit ikan.

Sistem Air Pemeliharaan Ikan

Dalam usaha memelihara ikan, ada dua sistem yang pada umumnya dibuat, yakni :

  • sistem aliran tertutup
  • sistem aliran terbuka

Pada prinsipnya kedua sistem tersebut memiliki tujuan yang sama yakni menjaga kualitas air untuk mencegah penyakit ikan atau menghindari penyakit ikan. Kedua sistim sama – sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Diantara kedua sistem sistim aliran tertutup sedikit lebih unggul, namun tidak mutlak tergantung strategi dan sumber daya yang dimiliki masing – masing pelaku.

Sistem Aliran Tertutup

Dalam sistem aliran tertutup, hal utama yang berpengaruh dalam usaha menjaga kualitas air adalah, kekuatan sistem filter atau kemampuan sistem filtrasi. Atau masyarakat awan sering dianggap / menyebut Filter kolam / filter kolam ikan.

Selain perhitungan kebutuhan kapasitas filter kolam maupun pilihan sistem filter yang perlu diperhatikan adalah distribusi air dalam sistem internal berdasarkan faktor – faktor yang mempengaruhi kualitas air dalam pemeliharaan ikan.

Sistem Aliran Terbuka

Dalam Sistem Aliran Terbuka, upaya yang harus dilakukan dalam usaha untuk mempertahan kualitas air adalah dengan cara mengatur management pergantian air. Besarnya prosentase pergantian air ditentukan oleh Faktor – faktor yang mempengaruhi kulitas air seperti dijelaskan berikut ini.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Air

Dari kedua sistem dalam pemeliharaan ikan, hal – hal yang mempengaruhi perhitungan dalam melakukan upaya menjaga kualitas air adalah sebagai berikut :

  • Volume Wahana pemeliharaan
  • Jumlah Hunian
  • Jenis Ikan

Volume Wahana Pemeliharaan

Volume wahana pemeliharaan baik kolam, akuarium, bak dan lain – lain berpengaruh pada kualitas air. Semakin besar volume semakin baik.

Jumlah Hunian

Jumlah Hunian atau jumlah ikan yang dipelihara dalam wadah hunian akan berpengaruh pada kualitas air. Semakin besar jumlah hunian berbanding lurus dengan kualitas air

Jenis Ikan

Jenis ikan juga berpengaruh pada kualitas air. Dalam hal ini ada dua hal utama yang mempengaruhi. Yakni :

  • Ukuran
  • karakter ikan

Ukuran Ikan

Ukuran badan ikan berpengaruh terhadap kualitas air, semakin besar ukuran ikan berbanding terbalik dengan kualitas air. Jadi Semakin besar ukuran badan ikan semakin mudah terjadi penurunan kualitas air

Karakter Ikan

Karakter ikan yang dimaksud disini adalah segala hal yang tersangkut dalam karakter ikan. baik dari sifat ikan ( carnivora, herbivora, pemakan semua ), maupun sifat kerakusan ikan. Pada umunya pemakan tumbuhan lebih ramah terhadap kualitas air.

Dalam praktek dunia perikanan sering kali dilakukan kompromi untuk menjaga kualitas air dengan menggabungkan dua sistem air dalam perikanan. Yakni melakukan pergantian air pada sistem aliran tertutup karena kurang mampunya sistem filter kolam atau kesalahan design sistem kolam ikan .

Alat Ukur Kualitas Air

Berikut alat uji , alat ukur dan pengukuran paramater kualitas air

Peralatan Ikan & Perikanan

Kolam Ikan & Akuarium

Peralatan Dan Perlengkapan Kolam Ikan

Untuk peralatan kolam ikan dan perlengkapan kolam ikan yang sering dan umum digunakan diantaranya adalah sebagai berikut,

Pengertian Aerator Dan Aerasi

Aerator – Aerasi, memiliki pengertian yang berbeda. Aerasi adalah suatu usaha daya upaya untuk memberikan, menambah, atau melewatkan udara pada median tertentu ( dalam hal ini umunya air ) untuk tujuan tertentu. Sedangkan Aerator adalah alat, mesin atau lainnya untuk melakukan usaha aerasi.

Fungsi Aerasi

aerator - Alat Aerasi

Ada banyak fungsi aerasi atau tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan aerasi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menambahkan kandungan udara tertentu pada air ( misalkan oksigen ). Contoh penggunaan ini misalkan untuk Aerasi Kolam ikan atau aerasi limbah.
  2. Menurunkan atau Menaikan suhu pada air. Namun lebih sering untuk menurunkan suhu dan menjaga suhu ruang. Contoh penggunaan misalkan pada cooling drum, evaporator, dan lain – lain
  3. Untuk Fungsi khusus misalkan untuk proses Chemical Mechanical. Contoh pada sistem AAS. ( lebih jelas terkait masalah ini bisa di lihat pada Advantage Aerating System
  4. dan beberapa fungsi lain.

Jenis Sistem Kerja Aerator

Ada beberapa jenis sistem kerja aerator ( alat aerasi ) yang umunya digunakan dan tersedia di jual dipasaran. Diantaranya sebagai berikut :

Aerator sistem Diafragma

aerator diafragma , aerator sistem diafragma
Aerator sistem diafragma

Aerator diafragma, Aerator sistem diafragma ini dalam menjalakan fungsinya untuk mencipkan tekanan dengan menggunkan diafragma, Semacam ” klep ” untuk dapat menghasilkan tekanan. Pada umunya tidak terlalu besar baik tekanan maupun volumenya. Sistem ini memiliki kelebihan tingkat desibel ( kebisingan ) yang relatif rendah. Aearor ini sering juga disebut Pompa Udara

Aerator sistem centrifugal

Aerator sistem centrifugal

Aerator Centrifugal, Aerator sistem Centrifugal ini dalam menjalakan fungsinya untuk mencipkan tekanan dengan memanfaatkan gaya centrifugal atau gaya putar yang menghasilkan tekanan untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Untuk jenis ini sering juga disebut Blower ada juga yang menyebut dengan istilah axial fan. Ada juga yang menggunakan banyak impeller sehinga disebut multy stage blower

Aerator Sistem Rotary Dan Piston

root blower, aerator sistem rotary.
Aerator sistem Rotary ( root blower )

Aerator Sistem Rotary Dan Piston. Kedua sistem ini pada umumnya untuk kebutuhan aerasi besar terutama untuk root blower. Aerator Sistem Rotary ( lebih dikenal dengan nama root blower ) lebih berimbang antara besarnya udara yang dihasilkan berbanding dengan tekanan yang dihasilkan. Jadi volume besar dan tekanan juga bisa besar.

Sedangkan sistem ” piston “, walaupun juga bukan seperti piston mesin mobil. Penulis sendiri lupa nama ” bahasa tehniknya untuk ini. Untuk jenis ini umumnya lebih kearah ” tekanan besar ” dengan volume udara yang lebih kecil dibanding dengan root blower ( sistem rotary ). Sistem semacam ini banyak diaplikasikan di kompresor angin

Aerator Sistem Differencial

Aerator diffrencial, aerator sistem differencial ini menggunakan perbedaan tekanan dalam menjalankan fungsinya. biasanya untuk jenis ini memerlukan penepatan dan bantuan alat pencipta tekanan lain, misalkan pompa air. Kelebihan dari sistem ini lebih hemat energi dan efektif.

Selain hal tersebut diatas, sistem ini sangat efektif untuk fungsi khusus misalkan skimming pada tehnik Aerasi Permukaan . Lebih jelas mengenai sistem ini bisa di lihat pada Submersible Aerator

Aerator

Aksessoris & Peralatan Aerasi Pendukung

Aeator umumnya dalam menjalankan fungsinya memerlukan dukungan aksessories atau peralatan lain diantaranya, :

  • pipa
  • selang
  • diffuser
  • dan lain – lain seperti clam sadle dan lainnya

Difusser

Sesuai dengan makna kata diffuser, adalah alat untuk mendifusikan. Dalam hal ini adalah udara tertentu, pada umumnya oksigen.

Ada banyak Jenis dan macam diffuser, salah satu jenis yang paling populer di dunia perikanan adalah air stone. Namun berdasarkan jenis gelembung yang dihasilkan ada dua jenis, yakni :

  • Coarse Diffuser ( gelembung udara yang dihasilkan kasar / besar )
  • Fine Diffuser ( gelembung udara yang dihasilkan halus / kecil )

Secara umum dapat di kelompokkan menjadi dua seperti diatas. Jika pembaca memerlukan produk diffuser jangan terlalu dimakan ” bahasa marketing ” , seperti kata mikro bubble, nano bubble, dan lain – lain. Berapa Batasan mikron batasan Mikro ? Berapa mikron Batasan Nano ?. Kedua nya masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung tujuan aerasi yang kita inginkan ( fungsi aerasi atas ).

Hal yang perlu di perhatikan dalam memilih diffuse adalah :

  • bahan , Kualitas bahan dan apakah sesuai dengan karakter cairan yang akan digunakan ( jenis kimia, tingkat keasaman asam, dan lain lain )
  • Ukuran, baik ukuran Fisik ( panjang – diameter – inlet, dll ) serta ukuran Pori Permukaan ( lubang diffuser )
  • Working Pressure, ini sangat menentukan hasil akhir. Jika terlalu besar dari kapasitas nano bubble bisa jadi coarse.
  • dll

Cara / Tehnik Aerasi

Cara Umum

Banyak tehnik atau cara yang bisa dipakai, diantaranya :

  1. aerasi samping
  2. aerasi tengah
  3. Aerasi Merata
  4. Aerasi Luar – Aerasi Eksternal
  5. Aerasi Air Lift Pump
  6. Aerasi Mekanikal

agar lebih jelas bisa di lihat pada gambar di bawah ini

Cara Khusus

Ada banyak Cara tehnik khusus Aerasi. Cara – cara jenis ini sangat efektif untuk kebutuhan yang bersifat khusus pula. Jadi tergantung bagaimana kita menganalisa, mengenal karakter, dan tujuan khusus yang hendak dicapai.

Contoh sederhana misalkan tehnik tehnik aerasi permukaan, hal jarang sekali digunakan karena tidak efektif terutama untuk tujuan menambah kandungan udara ( fungsi aerasi diatas ). Tapi tehnik ini sangat efektif untuk proses chemical skimming

Semoga bermanfaat

eksternal filter

Filter Kolam ikan, filter air yang dirancang khusus untuk pemakaian pada kolam ikan. Untuk filter jenis ini sama hal nya dengan jenis filter air lain, memiliki dasar dan fungsi kerja yang menyerupai jenis lainnya. Hanya saja sesuai tujuan utama filter ini harus dapat menunjang kehidupan Ikan.

Pada umumnya Filter kolam sudah dibuat menjadi satu kesatuan dengan dengan kolam ikan dalam suatu design kolam ikan. Filter ini harus memenuhi kaidah – kaidah dasar filter kolam , terutama untuk jenis kolam ikan hias tertentu misalkan filter Kolam ikan koi.

Namun ada kalanya dalam sebuah kolam, filter yang telah dibuat kurang dapat memenuhi syarat atau kurang dapat bekerja secara optimal dikarenakan ada kesalahan design kolam atau bahkan tidak adanya sistem filter yang terintrgrasi kedalam kolam, terutama filter kolam koi.

Namun ada kalanya dalam sebuah kolam, filter yang telah dibuat kurang dapat memenuhi syarat atau kurang dapat bekerja secara optimal dikarenakan ada kesalahan design kolam atau bahkan tidak adanya sistem filter yang terintrgrasi kedalam kolam, terutama filter kolam koi. Oleh karena hal tersebut kemudian diperlukan suatu sistem filter tambahan, yang mana filter ini tidak menjadi satu kesatuan dengan kolam ikan. Filter tersebut kemudian dikenal dengan istilah Filter Eksternal.

Ada banyak macam ragam filter kolam yang tersedia dipasaran. Namun dalam menentukan pilihan filter harus memperhatikan hal yang penting, Yaitu Faktor ketepatan Fungsi & Keseuai fungsi yang menjadi tujuan utama yang kita inginkan agar sesuai dengan kebutuhan kolam. Sistem operasional filter cukup berperan disini untuk lebih jauh tentang hal ini bisa dilihat pada laman sistem operasional filter air.

Selain hal itu faktor apa yang akan kita prioritaskan dalam menentukan pilihan filter. Faktor estetika filter atau fungsi filter / manfaat filter

Jenis Filter Kolam Eksternal

Filter Kolam Pressure Filter

filter kolam pressure filter

Filter jenis ini lebih fleksibel dalam penempatan, karena dengaya pressure filter bisa diletakkan pada posisi atas atau bawah permukaan kolam. selain juga karena bentuknya ringkas.

Pada umumnya filter ini kurang sesuai untuk kolam ikan hias berukuran besar seperti ikan koi misalnya. Atau Kolam ikan dengan kepadatan tinggi. Dalam bahasa sederhana filter jenis ini lebih sesuai untuk Kolam Hias daripada untuk Kolam Ikan hias. Berdasarkan pengalaman penulis, banyak kalangan hobby yang masih belum paham bahwa air bersih belum tentu sehat.

Pada umumnya menggunakan sistem operasional multy system dengan mengandalkan lampu UV untuk menjernihkan air.

Filter Kolam Gravity Filter

filter kolam ikan

Filter jenis ini berbeda dengan jenis pressure filter karena posisi penempatannya yang harus berada diatas permukaan kolam . Namun secara umum memiliki kemampuan lebih baik dalam hal menunjang kehidupan ikan, karena volume filter yang lebih besar

Dengan Volume yang cukup memadai artinya filter ini masih memperhatikan dan mengakomodasi sistem biologi. Yang mana merupakan sistem terbaik untuk pemeliharaan ikan.

Selain Filter untuk keperluan penggunaan reguler, untuk keperluan karantina ikan, filter karantina ikan memiliki beberapa persyaratan agar sesuai dan efeltif, DQFS 800 sebagai contoh

Hal – Hal Terkait

Contoh Produk Filter Kolam Ikan

Heater AkuariumKolam Ikan. Pemanas untuk akuarium dan heater kolam ikan, memiliki persamaan. Tapi yang dimaksud kolam ikan disini adalah kolam ikan mini atau kolam ikan kecil. Untuk Kolam ikan dibawah 2.000 liter. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ini sehubungan dengan pengobatan penyakit ikan, ada hal – hal yang harus dihindari dalam pengobatan ikan.

Heater Akuarium

heater akuarium - kolam ikan

Heater akuarium pada umumnya miliki kisaran daya sekitar 50 watt sampai dengan 300 watt yang tersedia dipasaran. Jadi misalkan kita menggunkan heater jenis ini untuk keperluan kolam ikan, tidaklah sesuai. Penggunaan Heater jenis ini hanya untuk menjaga tidak terjadinya pembekuan air di daerah 4 musim.

Untuk keperluan heater kolam ikan dipasaran indonesia tidak tersedia, untuk keperluan hal itu bisa menggunakan heater kolam renang yang banyak tersedia dipasaran dengan berbagai sistem heater kolam renang. Untuk heater jenis lain bisa di lihat pada laman Heater – Pemanas

lampu UV submersible
l

Lampu Ultra Violet, sering juga disebut dengan beberapa nama dan istilah lain Lampu UV, UV lamp, UV Sterilizer. Dan beberapa nama dan istilah lain. Dalam pengertian sebagai peralatan dan perlengkapan pengolahan air, perangkat ini berfungsi sebagai Sterilizer. Oleh karena hal tersebut sering juga disebut dengan istilah UV Sterilizer. Lampu ini Juga termasuk Jenis Sterilizer dalam pengertian Peralatan Air dalam Water Treatment

Pengertian Fungsi Jenis Dan Penggunaan

Posisi Penempatan Lampu UV

Posisi penempatan dalam bidang water treatment, secara garis besar dapat dibedakan berdasarkan penempatan posisi lampu saat pengaplikasian pada sebuah sistem water treatment dalam sebuah unit Water Management.

Hal yang dimaksud seperti berikut

Lampu UV Submersible

Posisi Submersible adalah posisi penempatan didalam air. Pada jenis penempatan ini yang digunakan adalah jenis Lampu UV Submersible seperti terlihat pada gambar.

Jenis lampu ini, memang di design untuk pemakaian dalam air. Hanya ada perbedaan antara merek satu dengan yang lain, pada penempatan trafo. Ada yang dijadikan satu dengan bola lampu ( submersible ), ada yang dipisah dan ditempatkan diposisi atas air.

Non Submersible

Inline Pressure

Pada penempatan non submersible, yang banyak menjadi pilihan adalah dengan penempatan inline. Hal ini mungkin dikarenakan ketersedian unit jadi yang cukup banyak dipasaran, Seperti terlihat pada gambar.

Lampu ini sebenarnya adalah Pressure UV Lamp Tube, namun dipasaran umumnya disebut lampu Ultra Violet Tabung. Untuk jenis ini penempatan nya secara Inline, oleh karenanya sering disebut menjadi Inline UV lamp

Upper Inline

Untuk jenis ini penempatan sebenarnya mirip dengan penggunaan tabung inline diatas. Hanya saja untuk jenis penempatan ini dalam posisi kering, dan berada di atas saluran. Jadi banyak yang menyebut penempatan ini dengan istilahah posisi kering ( dry Position ) dan Upper Line.

Untuk penempatan posisi ini tidak disarankan untuk pemula, kecuali telah berkonsultasi dulu dengan yang berpengalaman.

Semua Jenis penempatan masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung banyak hal yang terutama adalah penggunaan dan keselarasan dengan unit pengolahan utama.

Cara Test Lampu UV

Untuk menguji Lampu UV secara benar membutuhkan alat ukur yang disebut Spektrofotometer. Alat ini mampu mengukur intensitas cahaya dan panjang Gelobang. Dengan mengetahui panjang gelombang kita biasa tahu, termasuk jenis mana lampu yang dimaksud UV-A , UV-B atau Atau UV-C.

Dalam hal sterilizer untuk air seharusnya adalah UV-C yang harus digunakan, terutama untuk sistem pressure inline. Dan perhitungan flowrate & kapasitas sinar menjadi kunci utama.

Pengujian Lampu UV Secara Manual

Banyak konsumen yang kurang dapat memahami lampu ultra violet, bahkan penulis sendiri pernah didatangi konsumen datang membawa contoh lampu uv sterilezer untuk filter air minum isi ulang nya yang rusak. Dan yang cukup mengagetkan adalah lampu yang dibawa adalah lampu akuarium submersible berwarna ungu.

Tidak semua lampu warna ungu adalah Sterilizer

Cara Test

UV- C sebagai sterilizer, cukup berbahaya, jangan dilihat secara langsung dengan mata telanjang !

Untuk menguji lampu menyala atau tidak, bisa menggunakan kertas warna putih dengan melihat pantulan sinarnya saja lewat kertas tersebut.

Untuk menguji apakah UV-C atau tidak ( tampa Spektrofotometer ). Dalam bahasa sederhana pengujian dengan rumus KR kuadrat alias kira – kira. Dengan Cara menyinarkan pada bagian tangan atau lengan sebentar. sekitar 30-45 detik.

Jika tangan atau lengan terlihat seperti habis berjemur seharian ( agak menghitam ) 90 % bisa dipastikan jenis UV-C.

pompa kolam ikan

Pompa Kolam Ikan, Jenis pompa air untuk penggunaan khusus pada kolam ikan. Ada banyak macam, type dan jenis untuk pompa ini. Produk jenis seperti ini banyak digunakan pada sektor perikanan, jadi ada yang menyebut dengan pompa kolam perikanan

Pompa kolam umumnya berjenis pompa submersible karena harus terus beroperasi selama 24 jam tampa henti ( pompa continuous ), dan menggunakan penggerak magnetic drive .

Sistem Magnetic drive, adalah jenis pompa paling sesuai untuk penggunaan pada penggunaan dalam hal ini, bila ditinjau dari sisi keamanan dan keselamatan. Sistem ini mengisolasi total sistem kelistrikan sebagai penggerak impeller. lebih jelas tentang pengertian Magnetic drive bisa di lihat pada laman Pompa Air Magnetic drive

Pompa kolam sangat mirip dengan dengan pompa akuarium. Untuk kolam kecil atau kolam mini bisa juga menggunkan pompa akuarium kapasitas besar selain yang ber type power head.

Persyaratan pompa untuk kolam ideal, diantaranya sebagai berikut :

  1. Jenis Pompa Continuous, paling ideal yang menggunakan system magnetic drive
  2. Untuk Pompa kolam ikan koi, setidaknya harus mampu mengosongkan air dalam waktu satu jam, jadi diharapkan dapat meresirkulasi air minimal 20-24 kali dalam 24 jam.
  3. Terkait pada point ( 2 ), untuk kolam ikan koi, pedoman sederhana Q.max pompa minimal sama dengan volume air kolam, dengan mempempertimbangkan design kolam, dalam hal ini terkait dengan H.max , dan lain -lain ( performace chart )
  4. sehubungan dengan point ( 2 ) dan ( 3 ) yang perlu menjadi pertimbangan adalah Discharge Pompa
  5. Untuk kolam budidaya perikanan, tergantung grand design kolam, dengan mempertimbangkan kepadatan hunian, selain sistem aliran terbuka atau aliran tertutup.
  6. Design Sistim Filtrasi yang digunakan juga harus menjadi pertimbangan.

Protein Skimmer, sesuai dengan pengertian dan fungsi umum secara umum skimmer. Perangkat ini mempunyai fungsi yang berbeda dengan Surface Skimmer.

Fungsi Protein Skimmer

Perangkat ini memiliki fungsi sebagai ” pemecah ” air atau memisahkan kotoran dalam air, dengan memanfaatkan tekanan gelembung udara. Jenis ini paling populer digunakan pada akuarium air laut.

Namun untuk proses Pengolahan Air yang bersifat lebih komplek mempunyai beberapa fungsi yang lebih.

Bagian bagian pada perangkat secara dasar memiliki kesamaan dengan Surface Skimmer. Namun untuk tingkat advanted tentu akan lebih komplek dari sekedar surface skimmer.

Penggunaan Populer

Ptotein Skimmer Kolam Ikan

filter plus protein skimmer

Perangkat ini digunakan untuk kolam ikan. Salah satu contoh untuk perangkat ini seperti terlihat pada gambar. Sebagai Contoh Produk Skimmer Kolam Ikan ini memiliki tingkat yang berbeda dengan produk lainnya. Untuk contoh produk ini menggunakan sistem operasional filter Air DQFS. Jadi contoh produk ini FILTER + Protein Skimmer

Protein Skimmer Akuarium

protein skimmer akuarium

Untuk produk ini diplikasikan untuk akuarium, baik air tawar maupun akuarium air laut, namun lebih populer dikalangan akuarium air laut, terutama untuk akuarium pemeliharaan akuarium air laut dalam yang pada umumnya berkarakter khusus.

Surface Skimmer, sesuai dengan makna kata, peralatan pengolahan air ini, bermakna penyapu atau pembersih permukaan. Banyak sekali fungsi dan tujuan dari peralatan ini. demikian pula dengan tingkatan unit sesuai dengan penggunaannya. Skimmer sesuai juga dengan pengertian umum skimmer jenis lain nya.

Fungsi Surface Skimmer

Sesuai dengan makna kata, berfungsi untuk, menyapu permukaan dan atau mempersihkan permukaan. Kedua fungsi tersebut bisa bermakna sama bisa juga bermakna berbeda tergantung pengaplikasiannya. Misalkan untuk pengolahan air yang rumit kedua fungsi tersebut diatas bisa bermakna ganda.

Jadi sebuah perangkat ini harus berfungsi menyapu permukaan, memproses dan mengeluarkan kembali dengan kondisi bersih.

Bagian – Bagian

Bagian perangkat ini akan banyak, jika fungsi dan tujuan penggunaan ini akan digunakan untuk fungsi dan tujuan yang komplek, semakin komplek tujuan akan semakin banyak bagiannya. Namun Secara Umum dan paling minimal sebuah surface skimmer akan memiliki bagian – bagian sebagai berikut, : ( bagian – bagian ini untuk Perangkat independen ( alat tunggal, tampa digabungkan dengan prosessing lain )

  • Inlet, inlet bagian yang berfungsi untuk menyalurkan hasil skimming ke bagian prosessing
  • Prossesing, bagian untuk memproses, bagian ini sering kali digabungkan ke alat lain, misalkan Filter Air
  • Output, bagian untuk menyalurkan hasil proses

Penggunaan Populer

Surface Skimmer Akuarium

surface skimmer akuarium

Perangkat ini biasa digunakan di akuarium, untuk membersihkan permukaan akuarium. Ada jenis skimmer lain yang populer juga dan sering digunakan di akuarium, yaitu Protein skimmer

Surface Skimmer Kolam Ikan

Surface skimmer kolam ikan

Perangkat ini biasanya digunakan untuk kolam ikan, namun pada umum nya kolam ikan, lebih menggunakan perangkat ini, dengan mengintregasikan ke dalam rancangan design kolam ikan. Sedangkan untuk produk – produk jadi ( seperti pada gambar diatas ), lebih sering digunakan di kolam – kolam hias.

Surface Skimmer Kolam Renang

surface skimmer kolam renang

Penggunaan perangkat ini pada Kolam Renang berfungsi hampir sama dengan pada penggunaan lainya. Namun biasanya yang tersedia dipasaran hanya berupa inlet saja.

Penggunaan pada kolam renang dengan sistem overflow jarang digunakan, karena fungsinya cenderung tergantian dengan overlow.

Peralatan Dan Perlengkapan Akuarium

Sedangkan untuk peralatan akuarium, perlekapan akuarium, serta aksessories akuarium yang sering digunakan diantanya seperti berikut di bawah ini :

Filter akuarium - filter eksternal - filter canister

Filter akuarium adalah filter air untuk pemakaian khusus untuk akuarium ( filter air untuk aplikasi akuarium ). Seperti filter air pada umumnya, seperti telah disampaikan pada bagian filter air, pada artikel Filter Air Dan Seluk Beluk .

Ada banyak jenis, macam dan ragam filter air akuarium, hal tersebut dapat dibedakan berdasarkan banyak hal. Diantaranya berdasarkan posisi peletankan filter, sistem operasional filter air, dan lain – lain.

Berdasarkan Posisi Penempatan

filter berdasarakan penempatan secara umum sebenarnya hanya ada dua yakni, internal filter dan eksternal filter.

Internal Filter

internal filter akuarium

Internal filter adalah filter yang peletakankan diposisikan dalam akuarium. Pada internal filter umumnya yang tersedia dipasaran ( seperti terlihat pada gambar ) filter jenis ini pada umunya menjadi satu kesatuan dengan Pompa Air.

Eksternal Filter

Eksternal filter atau sering juga dikenal dengan nama filter canister ( sebenarnya ini adalah nama type filter sebuah merek ), adalah filter yang penempatannya diluar akuarium. Untuk jenis ini penempatan bisa dimana saja, bagian atas, bawah atau samping bisa berfungsi dengan baik, sesuai batasan kemampuan type berdasarkan kekuatan daya listrik yang digunakan. Hal ini dikarenakan filter jenis ini menggunakan / berjenis presure filter.

Namun Ada juga jenis filter lain yang sebenarnya masuk dalam kategori eksternal filter, namun dikalangan hobi akaurium dan perdagangan dan perjualan peralatan dan perlengkapan aksessories akuarium disebut dengan istilah berbeda. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Top Filter

Filter ini hampir sama cara kerja dengan filter lain, hanya saja, peletakan filter ini harus diposisiskan diatas akurium. Hal ini karena Top Filter bukan berjenis pressure filter, melainkan gravity filter.

Hang on Filter

hang on filter akuarium

hang on filter adalah filter yang penggunaan atau pemakaiannnya pada akuarium diletakkan di bagian samping luar dengan cara digantunggkan ( hang on ). Untuk jenis ini tidak dapat di pakai pada akuarium yang memiliki ” bibir “

Heater AkuariumKolam Ikan. Pemanas untuk akuarium dan heater kolam ikan, memiliki persamaan. Tapi yang dimaksud kolam ikan disini adalah kolam ikan mini atau kolam ikan kecil. Untuk Kolam ikan dibawah 2.000 liter. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ini sehubungan dengan pengobatan penyakit ikan, ada hal – hal yang harus dihindari dalam pengobatan ikan.

Heater Akuarium

heater akuarium - kolam ikan

Heater akuarium pada umumnya miliki kisaran daya sekitar 50 watt sampai dengan 300 watt yang tersedia dipasaran. Jadi misalkan kita menggunkan heater jenis ini untuk keperluan kolam ikan, tidaklah sesuai. Penggunaan Heater jenis ini hanya untuk menjaga tidak terjadinya pembekuan air di daerah 4 musim.

Untuk keperluan heater kolam ikan dipasaran indonesia tidak tersedia, untuk keperluan hal itu bisa menggunakan heater kolam renang yang banyak tersedia dipasaran dengan berbagai sistem heater kolam renang. Untuk heater jenis lain bisa di lihat pada laman Heater – Pemanas

lampu UV submersible
l

Lampu Ultra Violet, sering juga disebut dengan beberapa nama dan istilah lain Lampu UV, UV lamp, UV Sterilizer. Dan beberapa nama dan istilah lain. Dalam pengertian sebagai peralatan dan perlengkapan pengolahan air, perangkat ini berfungsi sebagai Sterilizer. Oleh karena hal tersebut sering juga disebut dengan istilah UV Sterilizer. Lampu ini Juga termasuk Jenis Sterilizer dalam pengertian Peralatan Air dalam Water Treatment

Pengertian Fungsi Jenis Dan Penggunaan

Posisi Penempatan Lampu UV

Posisi penempatan dalam bidang water treatment, secara garis besar dapat dibedakan berdasarkan penempatan posisi lampu saat pengaplikasian pada sebuah sistem water treatment dalam sebuah unit Water Management.

Hal yang dimaksud seperti berikut

Lampu UV Submersible

Posisi Submersible adalah posisi penempatan didalam air. Pada jenis penempatan ini yang digunakan adalah jenis Lampu UV Submersible seperti terlihat pada gambar.

Jenis lampu ini, memang di design untuk pemakaian dalam air. Hanya ada perbedaan antara merek satu dengan yang lain, pada penempatan trafo. Ada yang dijadikan satu dengan bola lampu ( submersible ), ada yang dipisah dan ditempatkan diposisi atas air.

Non Submersible

Inline Pressure

Pada penempatan non submersible, yang banyak menjadi pilihan adalah dengan penempatan inline. Hal ini mungkin dikarenakan ketersedian unit jadi yang cukup banyak dipasaran, Seperti terlihat pada gambar.

Lampu ini sebenarnya adalah Pressure UV Lamp Tube, namun dipasaran umumnya disebut lampu Ultra Violet Tabung. Untuk jenis ini penempatan nya secara Inline, oleh karenanya sering disebut menjadi Inline UV lamp

Upper Inline

Untuk jenis ini penempatan sebenarnya mirip dengan penggunaan tabung inline diatas. Hanya saja untuk jenis penempatan ini dalam posisi kering, dan berada di atas saluran. Jadi banyak yang menyebut penempatan ini dengan istilahah posisi kering ( dry Position ) dan Upper Line.

Untuk penempatan posisi ini tidak disarankan untuk pemula, kecuali telah berkonsultasi dulu dengan yang berpengalaman.

Semua Jenis penempatan masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung banyak hal yang terutama adalah penggunaan dan keselarasan dengan unit pengolahan utama.

Cara Test Lampu UV

Untuk menguji Lampu UV secara benar membutuhkan alat ukur yang disebut Spektrofotometer. Alat ini mampu mengukur intensitas cahaya dan panjang Gelobang. Dengan mengetahui panjang gelombang kita biasa tahu, termasuk jenis mana lampu yang dimaksud UV-A , UV-B atau Atau UV-C.

Dalam hal sterilizer untuk air seharusnya adalah UV-C yang harus digunakan, terutama untuk sistem pressure inline. Dan perhitungan flowrate & kapasitas sinar menjadi kunci utama.

Pengujian Lampu UV Secara Manual

Banyak konsumen yang kurang dapat memahami lampu ultra violet, bahkan penulis sendiri pernah didatangi konsumen datang membawa contoh lampu uv sterilezer untuk filter air minum isi ulang nya yang rusak. Dan yang cukup mengagetkan adalah lampu yang dibawa adalah lampu akuarium submersible berwarna ungu.

Tidak semua lampu warna ungu adalah Sterilizer

Cara Test

UV- C sebagai sterilizer, cukup berbahaya, jangan dilihat secara langsung dengan mata telanjang !

Untuk menguji lampu menyala atau tidak, bisa menggunakan kertas warna putih dengan melihat pantulan sinarnya saja lewat kertas tersebut.

Untuk menguji apakah UV-C atau tidak ( tampa Spektrofotometer ). Dalam bahasa sederhana pengujian dengan rumus KR kuadrat alias kira – kira. Dengan Cara menyinarkan pada bagian tangan atau lengan sebentar. sekitar 30-45 detik.

Jika tangan atau lengan terlihat seperti habis berjemur seharian ( agak menghitam ) 90 % bisa dipastikan jenis UV-C.

Pompa Air Akuarium dengan Tenaga Listrik

Pompa Akuarium, Pompa air akuarium yang dimaksud jenis ini adalah pompa air untuk pemakaian pada akuarium. Pompa ini juga sering disebut pompa perikanan ( pompa bidang perikanan ) Ada banyak macam model pompa jenis ini yang di jual toko dipasaran. Pompa ini sistem maupun fungsi sangat mirip dengan pompa kolam ikan. Untuk pompa jenis ini bisa juga digunakan pada kolam ikan kecil atau kolam ikan mini.

Pompa ini umumnya jenis pompa air submersible, dengan sistem magnetic drive.

Power Head

power head - pompa akuarium

Power head adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia akuarium. Istilah power head ini adalah salah satu jenis atau type pompa seperti terlihat pada gambar. Untuk Jenis yang seperti ini kurang cocok dan tidak sesuai digunakan untuk kolam ikan.

Protein Skimmer, sesuai dengan pengertian dan fungsi umum secara umum skimmer. Perangkat ini mempunyai fungsi yang berbeda dengan Surface Skimmer.

Fungsi Protein Skimmer

Perangkat ini memiliki fungsi sebagai ” pemecah ” air atau memisahkan kotoran dalam air, dengan memanfaatkan tekanan gelembung udara. Jenis ini paling populer digunakan pada akuarium air laut.

Namun untuk proses Pengolahan Air yang bersifat lebih komplek mempunyai beberapa fungsi yang lebih.

Bagian bagian pada perangkat secara dasar memiliki kesamaan dengan Surface Skimmer. Namun untuk tingkat advanted tentu akan lebih komplek dari sekedar surface skimmer.

Penggunaan Populer

Ptotein Skimmer Kolam Ikan

filter plus protein skimmer

Perangkat ini digunakan untuk kolam ikan. Salah satu contoh untuk perangkat ini seperti terlihat pada gambar. Sebagai Contoh Produk Skimmer Kolam Ikan ini memiliki tingkat yang berbeda dengan produk lainnya. Untuk contoh produk ini menggunakan sistem operasional filter Air DQFS. Jadi contoh produk ini FILTER + Protein Skimmer

Protein Skimmer Akuarium

protein skimmer akuarium

Untuk produk ini diplikasikan untuk akuarium, baik air tawar maupun akuarium air laut, namun lebih populer dikalangan akuarium air laut, terutama untuk akuarium pemeliharaan akuarium air laut dalam yang pada umumnya berkarakter khusus.

Surface Skimmer, sesuai dengan makna kata, peralatan pengolahan air ini, bermakna penyapu atau pembersih permukaan. Banyak sekali fungsi dan tujuan dari peralatan ini. demikian pula dengan tingkatan unit sesuai dengan penggunaannya. Skimmer sesuai juga dengan pengertian umum skimmer jenis lain nya.

Fungsi Surface Skimmer

Sesuai dengan makna kata, berfungsi untuk, menyapu permukaan dan atau mempersihkan permukaan. Kedua fungsi tersebut bisa bermakna sama bisa juga bermakna berbeda tergantung pengaplikasiannya. Misalkan untuk pengolahan air yang rumit kedua fungsi tersebut diatas bisa bermakna ganda.

Jadi sebuah perangkat ini harus berfungsi menyapu permukaan, memproses dan mengeluarkan kembali dengan kondisi bersih.

Bagian – Bagian

Bagian perangkat ini akan banyak, jika fungsi dan tujuan penggunaan ini akan digunakan untuk fungsi dan tujuan yang komplek, semakin komplek tujuan akan semakin banyak bagiannya. Namun Secara Umum dan paling minimal sebuah surface skimmer akan memiliki bagian – bagian sebagai berikut, : ( bagian – bagian ini untuk Perangkat independen ( alat tunggal, tampa digabungkan dengan prosessing lain )

  • Inlet, inlet bagian yang berfungsi untuk menyalurkan hasil skimming ke bagian prosessing
  • Prossesing, bagian untuk memproses, bagian ini sering kali digabungkan ke alat lain, misalkan Filter Air
  • Output, bagian untuk menyalurkan hasil proses

Penggunaan Populer

Surface Skimmer Akuarium

surface skimmer akuarium

Perangkat ini biasa digunakan di akuarium, untuk membersihkan permukaan akuarium. Ada jenis skimmer lain yang populer juga dan sering digunakan di akuarium, yaitu Protein skimmer

Surface Skimmer Kolam Ikan

Surface skimmer kolam ikan

Perangkat ini biasanya digunakan untuk kolam ikan, namun pada umum nya kolam ikan, lebih menggunakan perangkat ini, dengan mengintregasikan ke dalam rancangan design kolam ikan. Sedangkan untuk produk – produk jadi ( seperti pada gambar diatas ), lebih sering digunakan di kolam – kolam hias.

Surface Skimmer Kolam Renang

surface skimmer kolam renang

Penggunaan perangkat ini pada Kolam Renang berfungsi hampir sama dengan pada penggunaan lainya. Namun biasanya yang tersedia dipasaran hanya berupa inlet saja.

Penggunaan pada kolam renang dengan sistem overflow jarang digunakan, karena fungsinya cenderung tergantian dengan overlow.

chiller akuarium
Aquarium Water Chiller

Water Chiller Akuarium, adalah water chiller ( pendingin air ) yang khusus dirancang untuk penggunaan pada akuarium. Untuk kelompok penggunaan untuk hobby. Untuk jenis chiller penggunaan lainnya dapat dilihat pada dalam water Chiller.

Sering kali untuk pemakaian dalam bidang perikanan ini, sering kali digunakan untuk akuarium air laut.

Ada beberapa sistem juga dalam penggunaan ini,

chiller akuarium
chiller akuarium sistem Head Exchage

Penyakit Ikan

Penyebab kegagalan dalam pemeliharaan ikan dan bisnis perikanan adalah kehilangan ( pencurian ), bencana alam, dan Penyakit ikan. Jika bisa mengatasi ketiga masalah tersebut niscaya, semua orang tidak akan pernah meninggalakan hobby ikan mauapu bisni sektor perikanan.

Untuk hal terkait dengan Penyakit ikan, dapat dipelajari secara mendetail agar bisa memahami apa penyakit ikan dan solisi yang harus dilakakan.

Penyebab Penyakit

Sedangkan penyebab penyakit ikan, disebabkan oleh hal – hal sebagai mana berikut,

Cara menentukan obat ikan yang akan digunakan dalam proses pengobatan ikan sakit, adalah hal yang paling menentukan keberhasilan pengobatan ikan sakit . Langkah pertama adalah mengenali penyakit ikan atau lebih tepat menentukan penyakit ikan, agar kita dapat mengetahui penyebab ikan sakit, dengan kata lain mendiaknosa penyakit.

obat ikan

Secara umum ikan sakit atau penyakit ikan di disebabkan oleh :

  • Parasit ( termasuk jenis protozoa )
  • bakteri
  • Virus
  • Stress
  • Racun

Racun

Yang menjadi permasalahan adalah jika ikan sakit disebabkan oleh Racun ( zat beracun ), cara menentukan obat ikan nya, akan ratusan macam atau bahkan ribuan macam tergantung keracunan zat beracun apa.

Namun pada realitanya hal ini sulit diatasi, karena pada umumnya keracunan baru terdeteksi jika sudah terlihat “ dampaknya “, berdasarkan pengalaman yang ada, keracunan dapat di deteksi dini jika zat beracun nya berwarna & berbau.

Kasus keracunan yang Yang paling sering terjadi antara lain adalah :

  • Keracunan amonia, akibat filtrasi gagal atau kurangnya pergantian air, solusi mudah adalah pergantian air untuk jangka pendek
  • Dan yang juga sering terjadi adalah keracunan obat itu sendiri karena salah menentukan obat atau dosis obat, solusi dengan pergantian air.

Ada beberapa zat kimia yang dapat dijadikan obat ikan, hanya saja pada umumnya zat tersebut cukup berimbang antara berfungsi sebagai obat atau sebagai racun, ( contoh misalkan kalium permangat ) Untuk pelaku perikanan hendaknya berlaku bijak dalam menentukan kemampuan diri dengan keputusan pilihan pengobatan.

Stress

stress juga menjadi pemicu mortalitas, Hanya saja ini merupakkan penyebab tidak langsung. Artinya stress tidak dapat menyebabkan kematian secara langsung. Namun akibat stress bisa menimbulkan kematian langsung. contoh ikan melompat ke luar air hingga menyebabkan kematian

Stress dapat menyebabkan tingkat kekebalan tubuh menurun sehingga ikan mudah terjangkit penyakit. merupakan pemicu awal mortalitas.

Untuk mengatasi masalah stress bisa di reduksi dengan bantuan obat anti stress, GESUND SAFE

Virus Bakteri Parasite & Protozoa

Jadi penyebab ikan sakit dapat kita sederhanakan menjadi 3 penyebab utama yakni,parasit ( termasuk protozoa ) , bakteri dan virus. Dalam menentukan langkah – langkah pengobatan kita harus tahu apa penyebabnya.

Jadi pada intinya diaknosa awal sangat menentukan dalam proses penyembuhan. Jadi misalkan “ sakit perut “ jangan di beri obat “ sakit kepala “, jadi diaknosa awal sangat menentukan.

Parasit

Untuk penyakit ikan yang disebakan parasit paling mudah untuk di diaknosa, karena pada umumnya dapat dilihat dengan kasat mata dan atau dapat juga diliat dari perilaku ikan, sehingga mudah menentukan obat ikan yang harus digunakan

Contoh dari penyakit yang di sebabkan pleh parasit, misalkan kutu, kutu jarum ( anchor worm ), white spot ( bintik pitih ), penyakit kapas ( catton wool disease ) , dan lain – lain.

Hanya ada beberapa parasit yang kadang agak sulit terdeksi karena “ tersembunyi”, misal penyakit yang menyerang insang, jamur insang karena tertutup jadi agak sulit terlihat. ( penyakit insang ada juga yang disebabkan oleh bakteri, sering disebut busuk insang ).
Contoh untuk obat anti parasit ikan adalah gesund magig parasite dan gesund blue magig

Bakteri & Virus

Untuk Penyakit yang disebakan oleh bakteri atau virus pada umumnya lebih sulit terdeteksi dini, pada umumnya pelaku perikanan baru bisa mendeteksi saat “ sudah terjakit parah “, sehingga lebih sulit prosses pengobatan nya dari pada jika masih “ mengalami gejala “.

Jadi jika penyakit ikan di sebabkan bakteri pengobatan ikan menggunakan obat ikan anti bakteri. Untuk penyakit ikan yang disebabkan virus, memakai obat ikan yang besifat pembasmi virus.

Contoh obat ikan yang bersifat anti bakteri adalah gesund blue magig, untuk obat ikan anti virus bisa menggunakan gesund BL 250.

Secara Umum obat anti virus dapat juga berfungsi sebagai obat anti bakteri , namun obat anti bakteri tidak dapat berfungsi sebagai obat ikan anti virus. Namun tidak semua bersifat demikian, rumusan di atas tidak dapat di generalisasi, ada perlakuan tertentu untuk jenis bakteri dan virus tertentu.

Sumber Penyakit & Pencegahan

Sumber utama penyebab timbul nya penyakit pada ikan dalam komunal air tertutup adalah kondisi air yang kurang baik, jadi sebaiknya pemeliharaan kondisi air bisa di jaga kesinambugan nya dengan system filtrasi yang baik. Atau dapat juga di bantu dengan tambahan beberapa “ obat “ yang bersifat water treatment atau water maintenance

Dikarenakan Ikan adalah mahluk hidup yang hidup di air, hindari memakai obat – obatan yang bersifat kimiawi, karena untuk pengukuran nya harus benar – benar akurat, sehingga memerlukan peralatan yang presisi dan umumnya tidak di miliki pelaku perikan.

Untuk pemeliharaan Ikan, bantuan water treatment yang terbaik dan teraman dari segala sudut pandang adalah menggunakan mikroorganisme menguntungkan, sehingga komunitas hidup dapat kita jaga keseimbangan biota ke arah titik keseimbangan yang lebih menguntukan. Contoh untuk perawatan air kolam dapat menggunakan gesund biotika.

SOLUSI

Untuk penyakit yang disebabkan Virus, bakteri dan parasite termasuk protozoa, setiap jenis akan menimbulan penyakit tersendiri. untuk yang belum dapat memahami artikel ini secara mendalam, bisa melihat artikel dengan judul PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG IKAN & CARA PENGOBATAN. Pada artikel tersebut di atas, terperinci cara pengobatan ikan secara spesifik untuk tiap – tiap penyakit tertentu.

Selain langkah – langkah pengobatan, untuk keberhasilan pengobatan, pelaku perikanan harus dapat memahi hal – hal yang harus di hindari dalam pengobatan ikan. Untuk hal tersebut bagi yang belum memahami dapat di lihat pada artikel dengan judul Pantangan Dalam Pengobatan Ikan

Jenis Penyakit

Berikut jenis jenis Hama penyakit ikan yang umum dan sering menjangkiti ikan

Penyakit Ikan Aeromonas

Penyakit ikan Aeromonas, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Aeromonas hyrophilia, biasanya penyakit akan di ikuti timbulnya penyakit susulan, serperti blood streaks, fin rot, tail rot, body rot, dan lain – lain, sebagai penyakit sekunder. Pada umumnya timbul karena lingkungan hidup yang kurang baik.

Pengobatan untuk penyakit ikan aeromonas ini gampang – gampang susah, karena memerlukan tingkat kesabaran tinggi. Sulit diberantas tuntas ( sering terjadi efek ping pong ). Pengobatan secara instant dapat dilakukan namun biasanya akan timbul kembali, pada ikan yang lain, kemudian ikan yang sudah sembuh akan terjangkit kembali baik penyakit utama atau sekunder ( efek ping pong ).

Jika tidak cepat mengobati dalam waktu singkat semua ikan terjangkiti dan mengakibatkan kematian masal. Sangat dianjurkan untuk melakukan pengobatan secara tuntas, karna jenis penyakit ini cepat berkembang, dan sering menimbulkan ” penyakit susulan ” atau sekunder seperti telah dijelaskan.

Sangat dianjurkan untuk mengganti semua media filter atau mencuci media filter dengan cara perendaman dengan menggunakan GESUND BLUE MAGIG dengan menambah dosis 1½ sd 2 kali dosis maksimal.

Hal ini tidak berlaku untuk media filter kimia contoh karbon dan lain lain. Ini perlu dilakukan untuk menghindari efek ping pong terjadi seperti telah dijelaskan sebelumnya.

aeromonas - penyakit ikan

Tanda – Tanda

  • Tanda – tanda awal ikan sering flashing ( bergerak dengan cepat secara tiba – tiba ), menggesekkan badan ke tepi kolam / akuarium atau sering lompat ke atas permukaan untuk ikan ikan tertentu ( contoh ikan koi ) dan lain lain, seperti ciri – ciri ikan terkena penyakit yang disebabkan parasite ( misal kutu ) namun jika diperhatikan secara visual pada badan tidak terdapat tanda – tanda penyakit parasit.
  • Pada tahap selanjutnya sirip atau ekor terlihat lebih suram dari biasanya kemudian membusuk dan terlihat seperti bekas luka berdarah, kemudian menyebar ke seluruh tubuh.
  • Jika sudah menyebar keseluruh tubuh ikan mengalami iritasi / memerah ( seperti lebam bekas terpukul ) , terlihat guratan guratan merah memanjang ( pembuluh darah terlihat memerah sehingga mudah terlihat ) itu pertanda ikan sudah terjangkiti cukup parah.
  • Pada tingkat akut ikan akan tidak bergerak sedikitpun hingga ke ekor maupun sirip. Jika dipegang kulit ikan terasa sangat kasar ( seperti kertas gosok ). Jika sudah mencapai tingkat ini disarankan selain pengobatan yang dilakukan, juga di bantu dengan DOA, terutama ikan yang mudah stress seperti ikan koi. Karena berdasarkan pengalaman penulis penyakit ini menduduki peringkat kedua dalam tingkat kesulitan penyembuhan penyakit ikan secara umum ( peringkat pertama diraih dan diduduki oleh penyakit KHV yang biasa meyerang ikan koi dan sejenis )

Pengobatan

Menggunakan GESUND BL 250 atau menggunakan GESUND BLUE MAGIG dicampur GESUND SAFE untuk kasus tanda – tanda awal terjangkiti ( gejala awal ), jika anda kurang memahami penyakit ikan dan gejala sangat dianjurkan untuk langsung menggunakan GESUND BL 250.

Untuk fase lanjutan setelah fase awal ( terjangkit ) dapat di treatment dengan GESUND BL 250, kemudian di dalam tempat pemelihraan ( kolam / akuarium atau tempat karantina ) diberikan GESUND BLUE MAGIG.

Untuk Fase parah ( akut ) bisa di lihat pada artikel lain dengan judul Cara Penyembuhan Penyakit Akut Pada Ikan

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit Ikan Bintik Putih – Bercak Putih – White Spot

Penyakit Bintik Putih atau sering juga di sebut dengan bercak putih ( white spot ), penyakit ikan ini mudah dikenali karena kasat mata. Ikan yang terjangkiti pada bagian badannya terlihat adanya titik – titik atau bercak berwarna putih. Penyakit ini disebabkan oleh parasite ichtyophtirius. Oleh karenanya sering juga disebut penyakit ich

Tanda – Tanda

Penyakit Bintik putih
  • Muncul bercak – bercak putih pada tubuh ikan
  • Ikan menggosok – gosokkan badan pada sekitar
  • Penapasan terganggu ( megap – megap )

Pengobatan

GESUND BLUE MAGIG sesuai dosis anjuran, atau menggunakan alternatif GESUND MAGIG PARASITE atau

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

penyakit bibtik merah

Penyakit bintik merah ini biasa menyerang pada bagian tubuh ikan, dan pada umumnya tinggal dibawah sisik ikan, untuk ikan bersisik, atau pada kulit untuk ikan sisik kecil atau tampa sisik ( misalkan ikan koi jenis doitsu, lele, dll ). Hama jenis ini sering menyerang ikan bersisik besar, paling sering di jumpai menyerang ikan koi. Penyakit ikan ini disebabkan oleh parasit berupa cacing ( Gyrodactylus ). Jika Sisik ikan yang terjangkiti kita cabut sering kali terlihat cacing kecil berwarna putih sedikit kekuningan.

Hama jenis ini sering menyerang ikan bersisik besar, paling sering di jumpai menyerang ikan koi. Penyakit ini disebabkan oleh parasit berupa cacing. Jika Sisik ikan yang terjangkiti kita cabut sering kali terlihat cacing kecil berwarna putih sedikit kekuningan.

Bintik Merah – Jerawat – Cacar

Pada bagian tubuh ikan yang ada cacing ini ( Gyrodactylus ) , akan terlihat bintik merah menyerupai jerawat atau cacar. Jadi sering kali penyakit ini disebut sebagai bintik merah, jerawat, atau cacar

Tanda – Tanda

  • Ikan yang terjangkiti biasa terlihat bintil kecil merah di badan menyerupai menyerupai jerawat atau cacar.
  • Tanda – tanda penyakit ini sangat mirip dengan tanda penyakit kutu jarum ( anchor worm ). Bedanya kalau kutu jarum terlihat ada semacam jarum menancap.

Pengobatan

Pengobatan menggunakan GESUND MAGIG parasite atau dengan alternatif GESUND BLUE MAGIG sesuai dosis anjuran.

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit Blood Streaks & Penyakit Gatal ini disebabkan oleh bakteri. Untuk ikan tertentu yang mudah stress, misalkan ikan koi, untuk orang awan ada kalanya kesulitan membedakan tanda – tanda penyakit ikan ini dengan ikan koi dalam kondisi shock ( kaget – stress ) dengan tanda – tanda penyakit ini.

Blood Streaks

penyakit Blood Streaks

Adakalanya ikan koi terlihat pembuluh darah jika shock, namun hanya sebentar kemudian menghilang, dan warna pembuluh darah merah suram ( doff ), bisa terlihat jelas jika terjadi pada jenis ikan koi berwarna dasar putih seperti kohaku.

Untuk tanda-tanda blood streaks, pembuluh darah terlihat berwarna ” merah terang “ ( cenderung merah tua / merah metalik ), akibat terserang bakteri.

Penyakit Gatal

Pada umumnya timbulnya penyakit ini pada ikan koi diikuti oleh penyakit aeromonas. Atau penyakit jika aeromonas tidak muncul biasanya muncul penyakit lumpur kulit. Ketiga jenis penyakit ini ( blood streaks – aeromonas – penyakit lumpur kulit ) mempunyai gejala – gejala awal yang sangat relatif sama dan sering juga muncul bersamaan, terutama ikan koi yg baru adaptasi dari mudpond. Ketiga jenis penyakit ini pada umumnya menimbulkan ” gelisah ” pada ikan dan sering melakukan gerakan flashing ( bergerak cepat tiba-tiba ) atau sering melompat kepermukaan seperti ciri – ciri terkena penyakit parasit tapi tidak terlihat adanya parasit ( umunya penyakit parasit kasat mata )

Tanda – tanda

  • Pada gejala awal ikan ” gelisah ” sering flashing, lompat ke permukaan seperti gejala terjangkit kutu namun tidak terlihat adanya parasit, terlihat seperti agresif ( sering menggosokan badan pada ikan lainnya )
  • Pada tubuh ikan dan atau sirip terlihat pembuluh darah, dan warna pembuluh darah cenderung berwarna merah terang ( terjangkit )
  • sering timbul bersamaan dengan penyakit aeromonas dan penyakit lumpur kulit, terutama untuk ikan yang baru adaptasi dari mudpond ( kolam lumpur ) atau pada kasus terlambat pengobatan

Pengobatan

  • Untuk fase awal ( masih terlihat gejala awal ), menggunakan GESUND BL 250 atau menggunakan GESUND BLUE MAGIG dicampur GESUND SAFE . jika anda kurang merasa yakin dapat memahami penyakit ikan dan gejala, sangat dianjurkan untuk langsung menggunakan cara pada kasus terjangkit
  • Untuk Fase Terjangkit, di treatment dengan GESUND BL 250, kemudian di dalam tempat pemelihraan ( kolam / akuarium atau tempat karantina ) diberikan GESUND BLUE MAGIG.
  • Untuk Fase parah ( akut, terjangkit bersamaan dengan penyakit lainnya seperti dijelaskan diatas, cara pengobtan degan judul Cara Penyembuhan Penyakit Akut Pada Ikan

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit borok luka pada tubuh ikan, ini biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor, infeksi bakteri atau virus, perilaku ikan sendiri atau infeksi sistemik. Agar dapat memahami lebih jauh kita bahas satu persatu ketiga faktor penyebab

borok - luka pada tubuh ikan

Faktor Penyebab luka borok pada ikan karena perilaku perilaku hias itu sendiri, pada umumnya akibat stress , misalkan berusaha untuk melompat, menabrak ornament kolam / akuarium sehingga menyebabkan luka.

Bisa juga dikarenakan dipicu oleh penyakit ikan awal, misalkan gatal akibat akibat kutu ikan sehingga ikan menggesek – gesekkan badan yang bias menyebabkan luka. Dan luka tersebut terinfeksi oleh bakteri atau virus tertentu

Namun Ada kemungkinan ikan terserang virus / bakteri tertentu sehingga menyebakan luka kemudian membusuk hingga menjadi luka borok, seperti serangan flexibakter columnaris, sehingga menyebabkan infeksi sistemik .

Adakalanya luka sampai mengeluarkan nanah ( lendir berwarna putih susu kekuningan ) atau lendir lainnya, yang biasanya juga akan dibarengi dengan berbagai dampak penyakit lainnya.

Ciri – ciri

  • luka pada tubuh ikan ada kalanya hingga membusuk dan berlendir berwarna putih susu hingga kekuningan ( borok )

Pengobatan

  • Perendaman ikan hias dengan menggunakan GESUND BL 250, selama 45 -30 menit dalam wadah tersendiri ( sesuai petunjuk dalam kemasan ), dilakukan setiap hari selam 1-5 hari. Atau menurut kebutuhan, terutama pada ikan yang lukanya sampai mengeluarkan nanah, jangka waktu pengobatan minimal sampai nanah tidak terlihat.
  • Untuk pengobatan yang dilakukan pada wadah karantina, dianjurkan menambahkan gesund safe pada kolam / akuarium
  • Setelah proses pengobatan selesai dianjurkan menggunakan gesund biotika untuk memulihakan system pencernaan dan menunjang percepatan pemulihan.

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit ikan ini biasa dapat menyerang pada semua bagian tubuh ikan, pada insang disebut busuk insang ( gill rot ), busuk sirip ( fin rot ), busuk ekor ( fin rot ), busuk badan ( body rot ).

Pengobatan disini kami tujukan untuk penyakit busuk sirip (fin rot ), Busuk ekor (TAIL ROT), busuk badan ( body rot ). Sedangkan khusus untuk busuk insang pengobatan dan penanganan kami bahas dalam artikel lain dengan Judul Penyakit Insang Ikan, karena berdasarkan pengalaman banyak hobies yang sulit membedakan beberapa jenis penyebab penyakit pada insang untuk menentukan obat dan pengobatannya.

tail rot - penyakit ikan tail rot
tail rot
body rot - penyakit ikan body rot

Tanda – Tanda

  • Pada umumnya ikan berkurang nafsu makan dan tampak menyendiri pada ikan umumnya
  • malas untuk menggerakkan bagian badan yang terjangkit
  • luka atau membusuk pada bagian yang terjangkiti ekor, sirip atau badan
  • ada kalanya pada bagian yang terjangkiti tersebut pada bagian tepinya terlihat berdarah

Pengobatan

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit ikan berputar ini disebabkan bakteri, paling sering dijumpai menyerang ikan nila, jenis ikan mas ada kalanya menyerang ikan koi. Ikan yang terserang umumnya berenang berputar membentuk semacam lingkaran.

Penyakit Ikan Berputar

tanda – tanda

  • awal, nafsu makan kurang, warna cenderung lebih gelap, pertumbuhan melambat pada benih / burayak, sering kali juga mengeluarkan kotoran bercampur darah.
  • pada tahap terjangkit akut : ikan berenang cenderung berputar – putar dan sering terlihat seperti kejang
  • seringkali badan ikan luka karena menabrak, kemudian membusuk

pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan GESUND BL250

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit Ikan Miring

Penyakit ikan miring pada umumnya timbul sebagai penyakit sekunder ( penyakit yang ditimbulkan oleh akibat sakit lain ). Penyakit ikan miring terjadi karena ada gangguan pada gelembung renang ikan, yang berfungsi mengatur ikan berenang bergerak. dan kesimbangan untuk turun naik.

Penyakit ini sering kali juga di sebit dengan istilah ikan mabuk / ikan mabok, dikarenakan ikan terlihat seperti orang mabok tidak dapat mengontrol gerakkanya dan terlihat seperti bergerak random

Penyakit ini umumnya tidak mematikan, dapat disembuhkan jika cepat diobati, dan gelembung renang normal kembali. jika terlambat dalam pengobatan, gelembung renang akan mengalami kerusakan permanen.

Ikan Miring – Ikan Mabuk ( Penyakit Gelembung Renang )

Ciri – Ciri

  • ikan berenang miring seperti mabok , bergerak random
  • seperti tidak dapat mengatur mau timbul – tenggelam

Pengobatan

Pengobatan menggunakan GESUND BL250, setiap hari selama 3-7 hari, bisa lebih untuk kasus parah atau terlambat, atau sesuai dengan kondisi hingga ada perubahan pergerakan cara berenang ikan.

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

penyakit ikan internal infeksi

Dari berbagai penyakit ikan, internal infeksi, merupakan penyakit yang paling menakutkan, bukan karena sulitnya penyembuhan melainkan sulitnya pendeteksian secara dini sehingga dapat segera di obati, sering kali kita tidak tahu kalau ikan sakit. Hal ini sering terjadi pada ikan jenis ukuran kecil.

Yang mudah di deteksi adalah untuk jenis ikan koi dan ikan komunal lainnya, biasa ikan yang sakit diam menyendiri dan berpisah dari kelompoknya namun tidak terlihat tanda – tanda secara fisik ditubuh ikan koi.

Yang Sulit terdeteksi untuk ikan yang bersifat teroterial, jika ditempatkan di tempat bersamaan dengan jenis ikan lain.

Tanda – Tanda

  • tidak ada terlihat tanda fisik di tubuh ( tidak terlihat bengkak atau luku, tidak terlihat merah, dll )
  • Yang bisa di lihat pada umumnya ikan yang terkena internal infeksi, Bertingkah laku TIDAK SEPERTI BIASANYA
  • Tidak Nafsu Makan
  • Berenang malas – malasan ( tidak seperti biasa atau teman yang lain ) ada kalanya jika sudah parah berenangnya tidak normal ( seperti mabok )

Pengobatan

  • Untuk kasus internal infeksi ringan ( internal infeksi tahap dini ) pengobatan cukup dengan GESUND BLUE MAGIG, jika anda merasa kurang memahami karakteristik penyakit ikan, sangat disarankan langsung menggunakan GESUND BL 250.
  • Perendaman dengan GESUND BL 250, selama 45-60 menit dalam wadah tersendiri, kemudian kembalikan kembali ke kolam / akuarium atau tempat karantina. Lakukan setiap hari selama 5 – 7 hari atau sesuai kondisi ikan hingga ikan terlihat lincah kembali ( normal )
  • Untuk IKAN KOI atau jenis ikan yang mudah jinak. Pengobatan dapat juga dengan cara mencampurkan GESUND BL 250 pada makanan ikan.

Dosis

  • untuk pengobatan dengan metode perendaman sesuai petunjuk pada kemasan gesund BL 250
  • untuk dosis pencampuran dengan makanan, dosis 50 sampai 75 miligram/kilogram berat badan/hari, selama 3-5 hari berturut – turut atau sesuai kondisi ikan. Sangat di anjurkan untuk menambah madu atau gula pada pengobatan untuk ikan koi dengan metode ini, agar tidak trauma terhadap makanan.

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Iritasi Kulit

Iritasi Kulit – Insang Dan Penyakit Lumpur, penyakit ikan ini disebabkan Trichodina dan atau trichodinella. Penyakit ini biasanya muncul akibat dari system filtrasi yang tidak mumpuni atau pergantian air yang terlambat. Pada umumnya juga timbul akibat pemberian pakan ( makanan ikan ) yang berlebihan terutama makanan yang mengandung protein tinggi, akibat kulit ikan iritasi serta timbulnya bakteri yang menginfeksi pembuluh darah. Umunya menyerang juga pada bagian insang

Sering kali timbulnya penyakit iritasi kulit penyakit lumpur pada ikan koi diikuti oleh penyakit aeromonas. Atau jika penyakit aeromonas tidak muncul biasanya muncul penyakit blood streaks. Ketiga jenis penyakit ini ( blood streaks – aeromonas – penyakit lumpur kulit ) mempunyai gejala – gejala awal yang sangat relatif sama dan sering juga muncul bersamaan, terutama ikan koi yg baru adaptasi dari mudpond

Iritasi Insang

Penyakit ini umunya juga menyerang bagian insang, untuk lebih mudah memahami dan menentukan jenis gangguan penyakit khususnya pada insang ikan, pembahasan masalah iritasi insang kami bahas menjadi satu pada artikel dengan judul Penyakit Insang ikan

Tanda – Tanda

  • Pada tahap awal tidak ada tanda – tanda fisik yang menonjol, hanya sering kali warna ikan menjadi lebih pucat dan tidak nafsu makan.
  • Pada tahap selanjutnya lendir berlebihan di badan ikan seperti tertempel lumpur berwarna putih kekuningan hingga kecoklatan / keunguan / kebiruan
  • Pada skala parah biasa sirip rusak atau rontok.

Pengobatan

Penggunaan GESUND BLUE MAGIG untuk kasus ringan atau dengan tambahan GESUND BL 250 diperlukan bila kasus sudah terlanjur parah

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

isopoda-kutu drakula

Penyakit ikan kutu darakula, penyakit ikan ini disebabkan oleh sejenis kutu yang menghisap darah ( isopoda ), oleh karenanya sering disebut blood feeder atau kutu drakula. biasa menyerang badan ikan dibagian sisik atau pangkal sirip.

Tanda – Tanda

  • ada bekas luka gigitan dan pendarahan
  • ikan sering terlihat lemah dan hilang keseimbangan
  • nafsu makan menurun.

Pengobatan

Cara 1 ( menghilangkan – menyembuhkan )

Menggunakan GESUND MAGIG PARASITE, atau dapat juga menggunakan
GESUND BLUE MAGIG, setelah kutu hilang ikan di treatment dengan GESUND BL250, dengan tujuan menghilangkan kemungkinara penyakit sekunder yang di timbulkan.

Cara 2 ( membasmi habis & menyembuhkan sekaligus )

untuk membasmi kutu drakula ini, ikan di treatment menggunakan GESUND BL250, akuarium / kolam menggunakan GESUND BLUE MAGIG

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit kutu ikan adalah penyakit ikan yang paling umum sering dijumpai. Hama ini sebernarnya bernama argulus namun sering kali disebut kutu ikan ( fish lice ) secara awam karena jenis inilah yang paling umum menjangkiti ikan terutama ikan hias. Penyakit ini termasuk senis parasit. Parasit ini berupa hewan kecil terlihat semacam bulatan bening pada tengah bulatan ada semacam titik berwarna hijau kehitaman. bila diperbesar akan tampak seperti di gambar.

hama ikan - argulus
Penyakit kutu ikan argulus
argulus - kutu ikan, hama & penyakit perikanan

Tanda – Tanda

Ikan biasanya sering flashing ( bergerak dengan sangat cepat secara tiba – tiba ), melompat atau menggesekkan badan pada dinding kolam / akuarium. bila diamati terlihat dengan kasat mata menempel pada tubuh ikan dan atau sirip.

Pengobatan

Untuk hasil cepat dan praktis GESUND MAGIG parasite. Untuk kondisi tertentu menggunakan GESUND BLUE MAGIG ( proses agak lebih lama )

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit kutu jarum ( anchor worm ) termasuk jenis parasit berupa hewan kecil. Kutu ini terlihat seperti jarum menancap pada tubuh atau sirip ikan, berbentuk seperti jarum oleh karenanya disebut kutu jarum. Sebenarnya kutu ini termasuk jenis cacing disebut anchor worm.

Hama penyakit ikan ini menancap tidak hanya pada sisik tapi tembus sampai daging. Jika berhasil kita cabut secara utuh bagian yang menancap pada daging bercabang ( berbentuk seperti cakar ayam ). Sangat tidak dianjurkan untuk mencabut tertama untuk jenis ikan kecil karena dapat menyebabkan sakit yang luar biasa, menibulkan stress hingga kematian.

Jika tidak di hama penyakit ini ( anchor worm ) tidak hanya menyerang pada kulit luar tubuh ikan, tapi dapat juga menyerang hingga saluran pencernaan dalam.

kutu jarum - penyakit ikan
kutu jangkar - hama & penyakit ikan
cacing jangkar - hama & penyakit ikan
anchor worm - hama & penyakit ikan

Tanda – Tanda

  • Ikan biasanya sering flashing ( bergerak dengan sangat cepat secara tiba – tiba ), melompat atau menggesekkan badan pada dinding kolam / akuarium.
  • terlihat ada semacam jarum menempel pada bagian tubuh ikan atau sirip

Pengobatan

Untuk hasil cepat dan praktis GESUND MAGIG parasite. atau alternatif dapat menggunakan GESUND BLUE MAGIG ( hasil sedikit lebih lama )

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

hexamita - penyakit ikan

Hama Penyakit hexamita ini disebabkan protozoa falgellata dari genus hexamita. penyakit ikan jenis ini sering menyerang ikan yang masuk kelompok cichlid. Seringkali meyerang pori – pori sensor yang terletak dikepala, hingga meyebabkan lubang, oleh karenanya
sering di sebut penyakit lubang kepala ( hole in the head )

Tanda – Tanda

  • ikan yang terserang hexamita mengeluarkan kotoran berwarna putih
  • Terlihat seperti berlubang di kepala biasa berlendir warna putih
  • warna menjadi lebih gelap
  • kurang nafsu makan

Pengobatan

  • Pengobatan dapat menggunakan GESUND BL250. Dengan Cara perendaman dalam air yang telah dicampur dengan GESUND BL250, selama 45-60 menit, diulangi setiap hari selama 3-5 hari atau sesuai kondisi.
  • Pemberian GESUND BIOTIKA setelah proses pengobatan selesai, untuk memulihkan konsidisi ikan, terutama pada sistem pencernaan.

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Mata Bengkak – Mata Menonjol

Penyakit mata bengkak atau penyakit mata menonjol ( dikenal juga dengan istilah penyakit popping eye), sebenarnya penyakit ikan ini tidak berbahaya namun akan merusak keindahan pada ikan hias dan mengganggu kesehatan ikan.

popping eye - penyakit ikan
mata bengkak - popping eye penyakit perikanan
mata menonjol - popping eye

Tanda – tanda

Mata ikan membengkak ( lebih besar dari biasanya ) seperti hendak keluar / copot

Pengobatan

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit mulut berjamur atau penyakit ikan mulut busuk, ditimbulkan oleh bakteri Fexibakter columnaris, bila menyerang bagian mulut akan terlihat seperti putih berjamur, sehingga sering disebut mulut mulut berjamur, sebenarnya penyebab nya adalah bakteri. sering juga di sebut dengan mouth rot

mulut busuk - penyakit ikan
mulut berjamur - penyakit ikan

Tanda – Tanda

Mulut Ikan tampak Putih seperti ditumbuhi jamur

Pengobatan

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit pada insang ikan, dapat disebabkan banyak hal dan sumber hama penyebab. oleh karenanya penyakit ikan yang biasa menyerang insang ini ditulis pada bagian tersendiri, karena pada umumnya, awan kurang dapat mengenali ciri secara seksama.

Secara visual pada umumnya jika warna putih, penyebabnya parasite atau bakteri stadium awal, Jika berwarna umumnya penyebab bakteri atau virus, namun hal ini tidak dapat di generalilasi

Bintil / Gembil

penyakit insang ikan
  • Penyakit ini bisa juga menyerang bagian lain tubuh ikan ( umumnya sirip ), terlihat benjolan putih kecil ( semacam beras kecil ) menempel pada kasus awal terjangkit.
  • Pada stadium lanjut, ada benda yang terlihat menempel berbentuk seperti kuaci hitam kecil. ikan yang terjangkiti penyakit ini umumnya insang tidak dapat menutup insangnya dengan sempurna.
  • Penyebab Parasit ( flora )

Cacing Insang

  • Menyerang semua jenis ikan air tawar, pada umumnya pada masa ikan kecil ( benih ikan / burayak )
  • Ikan yang terjangkiti umumnya insang terlihat terbuka ( lebih menonjol )
  • Pertumbuhan lambat / melambat, tidak nafsu makan / nafsu makan berkurang.
  • Penyebab Parasit ( Fauna )

Jamur

busuk insang - penyakit ikan
  • Terlihat tanda tanda secara fisik ada jamur menempel ( pada umumnya putih abu – abu hingga hitam )
  • Penyebab Parasit ( Flora )

Luka

penyakit insang ikan
  • Umumnya disebabkan serangan bakteri flexibakter, dengan tanda – tanda luka kecil pada tepi insang, kemudian kerusakan insang di mulai dari ujung merambah hingga ke pangkal, pada akhirnya akhirnya membusuk dan rontok dan lain – lain
  • Penyebab Bakteri

Iritasi Insang

iritasi insang - penyakit insang ikan

Penyebab Bakteri

Pengobatan

Hama penyebab penyakit pada insang ini penyebabnya banyak sekali, dan bila anda merasa kurang paham atau ragu – ragu penyebabnya ( bisa kunjungi artikel dengan judul CARA MENENTUKAN OBAT IKAN ).

Hendaknya menggunakan pilihan dengan range terluas terlebih dahulu untuk penghambat perkembangan penyakit ( BLUE MAGIG ) kemudian ditambah ( bisa juga mixing / kombinasi ) dengan magig parasite atau BL 250, semakin cepat penanggulangan akan lebih baik, tindakan safety lebih bijak daripada tindakan spekulatif.

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit Kapas, cotton wool diseases , penyakit ikan ini disebabkan oleh jamur saprolegnia. Jika terjangkit penyakit ini akan terlihat ada semacam kapas menempel pada tubuh ikan.

penyakit kapas - catton wool diseases
catton wool disease

Tanda – Tanda

  • muncul serabut putih ( seperti benang ), yang menempel pada tubuh ikan
  • lama kelamaan bergerombol pada tubuh ikan sehingga menyerupai kapas ( catton wool )

pengobatan

menggunakan GESUND BLUE MAGIG

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit cloudy eye mata berkabut, sesuai namanya meyerang pada bagian mata ikan, mata ikan terlihat seperti dilapisi kabut atau selaput berwarna putih ada kalanya hingga terlihat berwarna agak kuning kecoklatan. Ada sebagian orang menyebut penyakit ikan ini dengan istilah katarak ikan.

cloudy eye - penyakit ikan
cloudy eye - penyakit ikan

Tanda – Tanda

Mata ikan tertutup semacam kabut / selaput berwarna putih ( lapisan semacam lendir berwarna putih hingga agak kuning kecoklatan menutupi mata )

Pengobatan

GESUND BLUE MAGIG sesuai dosis anjuran

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Penyakit dropsi, sisik mengembung, Penyakit ikan ini disebabkan bakteri, yang timbul akibat lingkungan hidup yang kurang baik, pada umumnya akibat lingkungan tercemar sisa makanan atau sisa metabolisme.

dropsi - penyakit ikan
sisik mengembung - dropsi
dropsi penyakit ikan

Tanda – tanda

Sisik terangkat keatas, kadang hingga terkelupas
Sisik yang terinfeksi biasanya tampak seperti duri yang berbentuk seperti pyramid atau seperti kulit buah nanas

Pengobatan

  • Menggunakan gesund blue magig dengan dosis I gram untuk 400 liter air ( Untuk ikan yang sudah terjangkit parah dengan dosis 1 gram untuk 200 liter air ), selama 1-3 hari atau sampai tanda – tanda fisik sudah sembuah ( membaik )
  • alternatif lain dengan menggunakan GESUND BL 250
  • Penambahan GESUND SAFE sangat dianjurkan terutama pada ikan yang sudah terjangkit parah.
  • Setelah proses pengobatan dropsi sisik mengembung ini selesai, gunakan GESUND BIOTIKA untuk mempercepat proses pemulihan

Catatan

  • Untuk keberhasilan pengobatan hendaknya memperhatikan karakteristik khusus masing – masing obat yang digunakan, hal merupakan hal penting dalam pengobatan
  • Selain karakteristik khusus obat yang digunakan, hendaknya dapat memahami Pantangan dalam pengobatan ikan, sebagai faktor keberhasilan pengobatan
  • Untuk tutorial pengobatan penyakit ikan lainnya dapat di lihat pada Penyakit Yang Biasa Menyerang Ikan & Cara Pengobatan

Pencehanan Penyakit

Berikut dibawah ini tindakan dan hal – hal yang perlu dilakukan mencegah penyakit ikan.

Karantina Ikan adalah usaha atau kegiatan untuk memisahkan atau mengisolasi ...
Baca Selanjutnya
Mencegah Penyakit ikan merupakan tindakan yang paling tepat dan bijak ...
Baca Selanjutnya
Cara Pengobatan Penyakit Ikan Parah, untuk dapat melakukan penyembuhan penyakit ...
Baca Selanjutnya

Obat Ikan

Berikut dibawah ini contoh – contoh obat ikan dalam bidang perikanan, dan produk sejenis obat ikan atau obat perikanan

Artikel – Tutorial – Bagaimana Cara- dan lain hal terkait Ikan Dan Perikanan

Berikut artikel, tutorial, petunjuk, bagaimana cara, Tips And Tricks dan hal lainnya terkait dengan topik ikan dan perikanan

,

Tujuan Penggunaan Berdasarkan tujuan penggunan sangat beda filter ...
Baca Selanjutnya
Sebenarnya ada perbedaan yang mendasar antara Kolam Hias ...
Baca Selanjutnya
Bio ball bolaBioball Bukan Saringan Bio ball, adalah ...
Baca Selanjutnya
Cara menentukan obat ikan yang akan digunakan dalam ...
Baca Selanjutnya
Cara Pengobatan Penyakit Ikan Parah, untuk dapat melakukan ...
Baca Selanjutnya
Loading...

Design Bidang Perikanan & Terkait Ikan

untuk design bidang perikanan dan hal terkait dengan ikan

Topik Artikel