Valve Berdasarkan Jenis Katup

Valve Berdasarkan Jenis Katup, dapat dibedakan menjadi beberapa jenis valve :

Yang dimaksud jenis katup disini adalah Type & Model katup untuk menjalankan fungsinya

ball valve

Ball Valve, jenis valve yang sistem katupnya menggunakan katup berbentuk bulat yang mirip bola ( ball ) oleh karenanya disebut Ball Valve. Selain sistem ini ada juga sistem gate valve dan butterfly valve.

Valve jenis seperti ini paling sering digunakan, tersedia banyak pilihan ukuran maupun bahan dasar valve, seperti Kuningan, Valve PVC, dan lain – lain.

Selain hal tersebut tersedia juga variasi dari sisi jumlah saluran / jalur valve, seperti three way valve, multy way valve.

Ada beberpa model type valve yang lain seperti Gate valve, butterfly Valve.

Butterfly Valve, jenis valve yang sistem katupnya memiliki bentuk seperti sayap kupu kupu ( butterfly ) oleh karenanya disebut sebagai gate valve. Ada juga sistem lain seperti ball valve dan gate valve yang sering digunakan di bidang plumbing system dalam water maintenace ataupun water management.

butterfly valve
butterfly valve
gate valve

Gate Valve, adalah jenis valve berdasarkan model sistem kerja katup, yang menyerupai gate ( gerbang ) sehingga disebut gate valve. Katup bergerak ke atas – kebawah ( lurus ) untuk menjalankan fungsinya membuka dan menutup, dalam plumbing system

Jenis valve ini seringkali digunakan sebagai valve yang berfungsi sebagai pengatur ( regulator ) karena bersifat lebih stabil dibanding jenis model type valve yang lain, seperti ball valve dan butterfly valve

swing valve - check valve

Swing Valve, adalah jenis valve, berdasarkan model type cara kerja katup dalam menjalankan fungsinya, yang menggunakan sistim katup ayun ( swing ).

Swing valve, salah satu diantara beberapa model lainnya seperti gate valve, ball valve, butterfly valve.

Sistem ini sering digunakan pada check valve, tersedia dengan banyak macam varian ukuran maupun bahan dasar pembuatan untuk tujuan yang bersifat khusus.